Brilio.net - Film-film Indonesia tidak hanya melulu menghadirkan kisah-kisah yang baru, tetapi juga mengadaptasi kembali cerita yang sudah sangat popular, salah satunya dari sinetron. Biasanya yang diangkat ke layar lebar adalan sinema elektronika yang begitu hits dan populer di zamannya. Seperti halnya beberapa sinetron era 90-an.

Seperti diketahui tahun 90-an, industri sinetron Tanah Air berkembang pesat. Banyak sinetron hits yang begitu populer dan penayangannya begitu dirindukan penggemarnya. Tak dimungkiri dengan kemunculan film ini bisa menjadi obat rindu bagi penggemar sinetron era 90-an. Para penggemar bisa kembali bernostalgia menonton film dengan kisah yang lebih fresh dari para sineas Indonesia.

Para penonton Indonesia pun sangat antusias menyambut film-film adaptasi tersebut sebagai ajang nostalgia. Penasaran apa saja sinetron era 90-an yang diangkat ke layar lebar. Brilio.net sudah merangkum sinetron era 90-an yang diangkat ke film, Sabtu (3/4).

1. Tersanjung

5 Sinetron hits era 90-an ini diangkat ke layar lebar, ada favoritmu? © 2021 brilio.net

Loading...

foto: liputan6.com

Film besutan Hanung Bramantyo dan Pandhu Adjisurya ini mengadaptasi sinetron Tersanjung yang tayang sejak 10 April 1998 hingga 3 Juni 2005. Sama seperti sinetronnya yang menampilkan lika-liku kehidupan pemeran utama, film ini juga fokus pada pergolakan yang dialami oleh Yura (diperankan Clara Bernadeth).

Yura tumbuh besar dalam keluarga yang berantakan. Kemudian ia terjebak dalam cinta segitiga dengan sahabatnya, yaitu Oka (Kevin Ardilova) dan Christian (Giorgino Abraham). Bahkan Yura juga dihadapkan dengan krisis kepribadian dan masalah keuangan

Untuk memunculkan nuansa nostalgia 90-an, para pemain menggunakan style pakaian 90- an, serta ditampilkan pula telepon umum dan pager. Film yang tayang di layanan streaming film Netflix mulai 1 April 2021 ini juga dibintangi oleh pemain sinetron “Tersanjung”, yakni Ari Wibowo dan Feby Febiola.

2. Wiro Sableng

5 Sinetron hits era 90-an ini diangkat ke layar lebar, ada favoritmu? © 2021 brilio.net

foto: imdb.com

Kesuksesan sinetron Wiro Sableng kisaran tahun 1989 dan 1994 ini kemudian diangkat dalam film dengan judul sama yang dirilis pada 30 Agustus 2018. Sama seperti sinetronnya, film Wiro Sableng menceritakan tentang tokoh pendekar yang memiliki senjata Kapak Maut Naga Geni 212.

Film ini dibintangi oleh Vino G Bastian sebagai pemeran utama, Sherina Munaf (Anggini), dan Fariz Alfarizi (Bujang Gila Tapak Sakti). Wiro Sableng pun berhasil menyabet penghargaan kategori penata busana terbaik, penata rias terbaik, dan penata efek visual terbaik dalam Festival Film Indonesia 2018.

3. Si Doel Anak Sekolahan

5 Sinetron hits era 90-an ini diangkat ke layar lebar, ada favoritmu? © 2021 brilio.net

foto: imdb.com

Sinetron yang hitz pada zamannya ini diadaptasi menjadi film dengan 3 seri, yaitu Si Doel The Movie, Si Doel The Movie 2, dan Akhir Kisah Cinta Si Doel. Sama seperti sinetronnya yang tayang pada 12 Maret 1994 hingga 29 Juli 2003, film ini dibintangi kembali oleh Rano Karno, Maudy Koesnaedi, dan Cornelia Agatha.

Dalam sinetronnya, Doel dan keluarganya dikisahkan sebagai keluarga Betawi yang mempertahankan nilai-nilai tradisional di tengah modernisasi Jakarta. Namun, dalam ketiga seri film Si Doel Anak Sekolahan, Doel dihadapkan pada pilihan yang sulit. Zaenab telah positif mengandung, sedangkan Sarah masih sulit memutuskan bercerai atau rujuk dengan Doel.

4. Keluarga Cemara

5 Sinetron hits era 90-an ini diangkat ke layar lebar, ada favoritmu? © 2021 brilio.net

foto: imdb.com

Film yang rilis pada 3 Januari 2019 ini diadaptasi dari sinetron Keluarga Cemara yang tayang pada 6 Oktober 1996 hingga 28 Februari 2005. Sama seperti sinetronnya, film Keluarga Cemara menampilkan kisah keluarga kaya raya yang kemudian terlilit hutang hingga mengalami kebangkrutan.

Keluarga tersebut harus melalui berbagai kesulitan, namun harus tetap melanjutkan hidup. Dari kesulitan yang dialami inilah, mereka justru menemukan arti keluarga yang sebenarnya. Film yang dibintangi Ringgo Agus Rahman, Nirina Zubir, Zara, dan Widuri Putri Sasono ini ditonton oleh 1,7 juta penonton dan menjadi film terlaris di 2019.

5. Si Manis Jembatan Ancol

5 Sinetron hits era 90-an ini diangkat ke layar lebar, ada favoritmu? © 2021 brilio.net

foto: Youtube/ MVP Pictures

Sinetron Si Manis Jembatan Ancol yang popular di tahun 90-an ini diadaptasi ke dalam film pada 2019 dan 1998 silam. Sinetron jadul menceritakan usaha Mariam Si Manis Jembatan Ancol (Diah Permatasari) dan temannya yang sesama makhluk halus (Ozy

Syahputra) dalam mengembalikan nyawa Gilang (diperankan Ari Wibowo). Meskipun mengkisahkan tentang makhluk halus, sinetron tersebut dibumbui pula oleh unsur-unsur komedi.

Cukup berbeda dengan sinetronnya, film yang dibintangi oleh Indah Permatasari ini menceritakan tentang Mariam yang arwahnya bergentayangan dengan baju merah karena dibunuh oleh suaminya sendiri. Film ini cukup unik karena dibintangi oleh Ozy

Syahputra yang sebelumnya membintangi sinetron Si Manis Jembatan Ancol.

Reporter: Tita Meydhalifah