Brilio.net - Film sarat dengan pesan yang bisa menjadi pelajaran bagi semua orang, termasuk juga kisah dalam film yang memuat perjuangan penyandang autisme. Tak dimungkiri, para penyandang autisme sering kali mendapatkan perilaku negatif dan bahkan ada yang sampai dikucilkan oleh orang terdekat mereka.

Padahal, mereka punya hak yang sama untuk bersosialisasi dan berkomunikasi walau dengan cara yang berbeda. Mereka punya cara yang berbeda untuk berkomunikasi dan menyampaikan maksudnya kepada orang lain.

Perlu sosialisasi dan edukasi lebih lanjut agar semua orang bisa memahami apa yang dimaksud dengan autisme. Salah satu bahan sosialisasi tersebut dapat melalui film yang cocok sekali ditonton sembari santai.

Tontonan ini bisa membuat semakin banyak orang paham dan tidak mudah menyalahartikan perilaku penyandang autisme. Dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (26/7), berikut 5 rekomendasi film Hollywood tentang perjuangan para penyandang autisme yang penuh haru.

1. Please Stand By (2017)

5 Film Hollywood tentang perjuangan penyandang autisme berbagai sumber

foto: imdb.com

Please Stand By merupakan film drama yang diadaptasi dari drama pendek pada 2008 dengan judul yang sama karya Michael Golamco. Film yang disutradarai oleh Ben Lewin ini menceritakan seorang perempuan muda penyandang autisme Sindrom Asperger.

Penyandang autisme akan memiliki gangguan perkembangan yang memengaruhi kemampuan untuk bersosialisasi dan berkomunikasi secara efektif. Nah, dalam film ini perempuan muda tersebut melarikan diri dari pengasuhnya dan berjuang untuk menyerahkan manuskrip naskah yang telah dituliskan ke Star Trek, sebuah lembaga media fiksi.

2. Keep the Change (2017)

5 Film Hollywood tentang perjuangan penyandang autisme berbagai sumber

foto: imdb.com

Keep the Change mengisahkan David (Brandon Polansky), seorang penyandang autisme dan pacarnya Sarah (Samantha Elisofon) yang menjalani cinta yang kerap dipandang tak biasa. Namun, hal itu kemudian berubah saat mereka bertemu kelompok penyandang autisme. Kelompok tersebut mengubah banyak dalam hidup mereka dan memberikan pelajaran yang sangat berharga.

3. The Accountant (2016)

5 Film Hollywood tentang perjuangan penyandang autisme berbagai sumber

foto: imdb.com

Film The Accountant berkisah tentang Christian Wolff (Ben Affleck) yang sejak kecil ditinggal ibunya karena menderita salah satu gejala autisme. Christian Wolff didiagnosis menderita high-functioning autism atau autisme tanpa ketidakmampuan intelektual.

Christian beruntung karena mempunyai ayah yang merawatnya. Oleh karena itu, ia pun diberi pendidikan khusus bersama adiknya di rumah. Mulai bela diri hingga akuntansi. Saat dewasa, Christian pun bekerja sebagai akuntan forensik yang akhirnya membawanya pada kasus berbahaya.

4. The Story of Luke (2013)

5 Film Hollywood tentang perjuangan penyandang autisme berbagai sumber

foto: imdb.com

The Story of Luke menceritakan perjuangan Luke (Lou Taylor Pucci), seorang penyandang autisme yang berjuang untuk hidup normal seperti orang lain. Selain itu, Luke mesti merelakan kematian neneknya yang selama ini sudah mengasuhnya. Namun, hal itu tidak membuatnya patah semangat. Ia pun kemudian mendapatkan pekerjaan dan kemudian jatuh cinta kepada seorang perempuan.

5. Fly Away (2011)

5 Film Hollywood tentang perjuangan penyandang autisme berbagai sumber

foto: imdb.com

Fly Away mengisahkan perjuangan Jeanne, seorang ibu tunggal yang merawat Mandy, anaknya sebagai penyandang autisme. Mandy kerap ditolak untuk sekolah dan bahkan sekolah yang pernah ia tempati pernah mengeluarkannya. Jeanne dan suaminya terus berusaha menghibur Mandy agar ia tidak putus asa. Film ini menggambarkan kisah haru bagaimana kedua orangtua yang merawat anaknya yang berkebutuhan khusus.