1. Digarap oleh sutradara ternama, yakni Teddy Soeriaatmadja.

alasan film berbalas kejam menarik ditonton © berbagai sumber

foto: Prime Video

Teddy Soeriaatmadja diketahui telah berkecimpung di dunia perfilman sejak tahun 2005 melalui debut film panjangnya yang berjudul Banyu Biru. Selama berkarya di dunia film, Teddy Soeriaatmadja berhasil meraih berbagai penghargaan, baik dalam level nasional maupun internasional.

Film bergenre thriller yang digarap oleh Teddy kali ini seolah menjadi angin segar di industri perfilman Indonesia yang didominasi oleh film drama keluarga dan romance. Nggak cuma itu, film ini juga dibintangi oleh sederet aktor dan aktris papan atas mulai dari Reza Rahadian sebagai Adam, Laura Basuki sebagai Amanda, Baim Wong sebagai Karni, dan Yoga Pratama sebagai Diaz.

2. Menyajikan adegan pertarungan yang penuh ketegangan.

alasan film berbalas kejam menarik ditonton © berbagai sumber

foto: Prime Video

Film ini menyajikan cerita yang membuat para penonton memahami sudut pandang Adam yang mengalami kesedihan usai ditinggal oleh istri dan anaknya karena peristiwa perampokan. Adegan demi adegan pertarungan dan kekerasan yang dilakukan oleh Adam berhasil menguras emosi penonton. Selain itu, para penonton juga dibuat seolah ikut merasakan ketegangannya.

"Kekerasannya ada, tetapi ketika kita melihat dari sudut pandang Adam, terlihatnya seperti dianggap pantas karena sesuai dengan emosinya yang berkecamuk. Semuanya berdasarkan sebuah rasa yang dapat dipahami oleh seorang ayah atau ibu. Para penonton akan dibuat merasakan ketakutan, kemarahan, dan balas dendam," ungkap Teddy Soeriaatmadja.

3. Mengangkat isu tentang perjalanan seseorang mengatasi rasa trauma.

alasan film berbalas kejam menarik ditonton © berbagai sumber

foto: Prime Video

Isu mengenai perjalanan trauma seseorang menjadi poin yang utama dalam film Berbalas Kejam. Selain itu, Teddy juga ingin menggambarkan tentang beragam risiko yang dihadapi ketika seseorang memutuskan untuk melakukan balas dendam.

"Saya ingin membuatnya semanusiawi mungkin, sehingga saya harus menempatkan diri saya di posisi tersebut sebagai seorang suami dan ayah dari tiga anak," tuturnya. Teddy menambahkan, isu mengatasi trauma adalah isu yang akan terus relevan, mengingat ini adalah hal-hal yang cukup sering dijumpai dalam kehidupan nyata.

4. Menjadi kolaborasi apik antara Reza Rahadian dan Laura Basuki.

alasan film berbalas kejam menarik ditonton © berbagai sumber

foto: Prime Video

Konflik dan cerita yang terjadi antara Reza Rahadian dan Laura Basuki di dalam film berhasil membuat para penonton ikut terbawa emosi. Reza Rahadian mengungkapkan jika dirinya sangat senang dapat berkolaborasi dengan Laura Basuki dalam film terbarunya.

"Saya sangat senang bisa terlibat dalam salah satu projek besar. Melalui film Berbalas Kejam, saya bisa kembali berbagi screen bersama Laura Basuki, di mana kami sudah lama tidak dipertemukan dalam satu film," ungkap Reza.

Keduanya diketahui pernah beradu peran dalam film berjudul 3 Hati Dua Dunia, Satu Cinta. Film tersebut pula yang mengantarkan keduanya meraih penghargaan untuk kategori Pemeran Utama Pria Terbaik dan Pemeran Utama Wanita Terbaik di ajang Festival Film Indonesia 2010.

5. Film ini juga sekaligus menjadi film debut Baim Wong sebagai produser.

alasan film berbalas kejam menarik ditonton © berbagai sumber

foto: Prime Video

Dalam film ini, Baim Wong tak hanya muncul sebagai pemeran, melainkan juga berperan sebagai produser. Film Berbalas Kejam menjadi film perdana Prime Video yang berkolaborasi dengan Tiger Wong Entertainment. Baim pun mengungkapkan bahwa dirinya sudah lama ingin terjun sebagai produser.

"Sebenarnya saya sudah lama ingin memproduseri film, tetapi masih banyak pertimbangan karena film faktor luck-nya besar, jadi belum berani. Sekarang berani coba karena mikir, sekarang bikin film bagus aja lah, nanti semuanya bakal ngikutin," ungkap Baim Wong.