×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
17 Karakter ikonik dalam film kartun Upin Ipin

View Image

0

BRILIO » Film

17 Karakter ikonik dalam film kartun Upin Ipin

Serial Upin Ipin masih tetap eksis sampai sekarang dan jadi tayangan favorit anak-anak bahkan remaja.

(brl/fen)

27 / 11 / 2018 17:25

Brilio.net - Dari sekian banyaknya hiburan, serial kartun memang menjadi salah satu yang menjadi favorit. Animasi lucu dan cerita yang menarik membuat kartun seperti tak pernah kehilangan penikmatnya. Di Indonesia, sudah banyak animasi film kartun yang muncul. Mulai dari animasi asal Amerika Serikat yakni Disney sampai anime khas Jepang. Berbagai macam karakter masih lekat di ingatan para penggemar animasi dari kecil hingga dewasa.

Salah satu animasi kartun yang 'booming' di Indonesia adalah Upin Ipin. Upin Ipin merupakan serial kartun anak-anak yang diproduksi oleh Les’ Copaque Malaysia. Serial kartun ini pertama kali tayang pada 14 September 2007 di Malaysia dan disiarkan di TV9. Sejak penayangannya, Upin Upin dengan cepat mendapatkan popularitasnya. Cukup sukses di Malaysia, kartun Upin Ipin merambah ke negara-negara lain termasuk Indonesia. Di Indonesia, serial ini ditayangkan pertama kali oleh MNC TV pada tahun 2008 lalu. Serial Upin Ipin masih tetap eksis sampai sekarang dan jadi tayangan favorit anak-anak bahkan remaja.

Bukan hal aneh memang, pasalnya selain lucu dan menggemaskan, Upin Ipin banyak disukai lantaran dianggap mampu memberikan pesan moral dan nilai-nilai edukatif. Cerita Upin Ipin yang ringan dan menggambarkan kejadian sehari-hari membuat serial ini digemari. Selain itu aksi-aksi polos dan kocak dari dua tokoh utama dan teman-teman kampungnya juga sering sukses mengundang tawa penonton.

Dalam serial kartun Upin Ipin ini pun memiliki banyak karakter yang mendukung berjalannya cerita. Dalam bayangan kamu, pasti yang diingat adalah Upin dan Ipin, dua kakak beradik pelontos, memakai kaus singlet berwarna kuning dan biru serta memiliki mata besar. Selain itu, ada banyak teman-teman Upin Ipin lain, seperti Fizi, Jarjit, Ehsan dan lain-lainnya.

Nah, untuk kamu penggemar Upin Ipin, kali ini brilio.net akan membahas satu persatu karakter di serial Upin Ipin, Selasa (27/11). Simak satu per satu ulasannya ya.

Loading...

1. Upin dan Ipin

karakter upin ipin istimewa

foto: lescopaque.com

Upin dan Ipin adalah saudara kembar asal Melayu yang tinggal bersama kakak perempuan dan neneknya di Kampung Durian Runtuh. Dalam serial ini, diceritakan kalau Upin lahir 3 menit lebih awal dari Ipin. Sayangnya, mereka tidak merasakan kasih sayang dari orangtuanya yang sudah meninggal saat keduanya masih bayi. Cerita ini ditampilkan di episode Hari Raya dan Istimewa Hari Ibu.

Untuk membedakan karakter kakak beradik yang sama-sama plontos ini adalah Upin seorang kakak atau abang digambarkan memiliki satu helai rambut di kepalanya dan selalu memakai kaus kuning bertuliskan huruf U. Sedangkan Ipin diperlihatkan memakai kaus biru dengan tulisan huruf I. Ciri khas lainnya, Ipin sering melontarkan satu kalimat khas, 'betul betul betul' dan sangat menyukai ayam goreng.

2. Kak Ros

karakter upin ipin istimewa

foto: lescopaque.com

Kak Ros adalah kakak sulung Upin dan Ipin, dan cucu dari Opah. Kak Ros memiliki nama lengkap Jeanne Roselia Fadhullah. Memiliki perawakan yang cantik, tinggi dan berambut hitam, sesekali Kak Ros tampil mengenakan jilbab. Meskipun dikenal galak kepada adik-adiknya, sebenarnya dia adalah seorang kakak yang penyayang. Kak Ros selalu mengajari adiknya agar menjadi seorang adik yang baik, berbudi mulia dan hemat. Dalam salah satu episodenya, Kak Ros diceritakan jika ia pintar menggambar dan membuat animasi komik.

3. Opah

karakter upin ipin istimewa

foto: ms.upinipin.wikia.com

Opah memiliki nama asli Mak Uda. Dia adalah nenek dari Upin dan Ipin. Dari sekian banyak karakter Upin dan Ipin, mungkin Opah adalah karakter yang paling bijaksana. Ini terlihat saat Opah menasehati Upin dan Ipin tentang keseharian atau keagamaan. Opah selalu sabar mengajarkan kebaikan kepada Upin dan Ipin serta sering menegur Kak Ros ketika memarah-marahi adiknya. Dalam salah satu episodenya, Opah senang sekali berkunjung ke pasar malam.

4. Jarjit

karakter upin ipin istimewa

foto: lescopaque.com

Ia adalah salah satu teman Upin dan Ipin di sekolah. Memiliki nama lengkap Jajit Singh, ia adalah seorang anak-anak laki-laki berketurunan India Punjabi. Meskipun sebaya usianya dengan teman-teman sekelasnya yang lain tetapi suaranya besar seolah-olah sudah dewasa. Jarjit juga dikenali karena kepandaian berpantun. "Dua tiga.." adalah kata-kata yang kerap dipakai Jarjit saat mulai berpantun. Ciri khas lain dari Jarjit sering berkata 'Marvelous' saat melihat atau melakukan sesuatu yang spektakuler.

5. Ehsan

karakter upin ipin istimewa

foto: ms.upinipin.wikia.com

Ehsan bin Azzarudin adalah ketua kelas dari Tadika Mesra. Terlihat ia sering memakai pita di kerah baju seragamnya. Namun jiwa kepemimpinanya sebagai ketua kelas berbanding terbalik dengan sifat aslinya. Ehsan sering disebut-sebut sebagai anak mama karena sangat manja dan mudah menangis. Teman-temannya pun sering memanggilnya 'Intan Payung' yang artinya anak manja ketika sedang menangis. Ia memiliki perawakan gemuk dan memakai kacamata. Ehsan juga selalu berdandan paling mewah di antara kawan kawannya. Setiap ada mainan baru, Ehsan pasti sudah memilikinya. Bisa disebut, ia adalah anak yang kaya dibanding teman-teman lainnya. Ia memiliki cita-cita sebagai juru masak yang populer.

6. Fizi

karakter upin ipin istimewa

foto: lescopaque.com

Fizi adalah karakter Upin & Ipin yang sangat dekat dengan Ehsan. Mungkin ia bisa dibilang 'anak buah' Ehsan, karena saat bermain selalu membela dan membantu Ehsan. Ketika Ehsan pulang, Fizi pun ikut pulang. Fizi memiliki rambut berponi ke depan dengan perawakan kurus. Fizi juga kerap terlihat menangis di banyak episodenya. Fizi memiliki cita-cita sebagai pembersih sampah, lho.

7. Mail

karakter upin ipin istimewa

foto: ms.upinipin.wikia.com

Mail adalah teman Upin dan Ipin yang paling rajin. Bukan cuma di sekolah, Mail sangat gigih mengais uang dengan berjualan apapun demi membantu ibunya. Mulai dari menjual ayam goreng, rambutan, ice cream, dan bahkan jagung bakar. Ia memiliki nama panjang Ismail bin Mail. Ia dikenal sering mengatakan "Dua seringgit dua seringgit" untuk menawarkan jualannya. Ia pernah berjualan ayam goreng bersama Upin dan Ipin. Mail memiliki perawakan lucu, muka yang sayu dan rambut belah tengah khas orang zaman dulu.

8. Mei Mei

karakter upin ipin istimewa

foto: ms.upinipin.wikia.com

Mei Mei memiliki nama lengkap Xiao Mei Mei. Ia adalah salah satu teman perempuan Upin dan Ipin. Ia berasal dari keturunan Tionghoa dan beragama Konghucu. Meskipun beda agama, namun Mei Mei sering mengingatkan teman-temannya untuk tidak malas berpuasa. Mei Mei juga murid paling cerdas di TK Tadika Mesra dan bercita-cita menjadi seorang guru. Sebagai seorang wanita, ia kerap marah-marah kepada temannya yang nakal. Ia suka mengatakan 'Cantiknye' untuk mengungkapkan sesuatu hal yang indah.

9. Susanti

karakter upin ipin istimewa

foto: ms.upinipin.wikia.com

Susanti merupakan anak perempuan yang berasal dari keluarga yang berasal dari Jakarta, Indonesia. Ia baru tinggal di Malaysia dan belum terbiasa dengan obrolan anak-anak lainnya. Ia menggunakan Bahasa Indonesia untuk berkomunikasi dengan teman-temannya. Ia pertama kali muncul pada episode "Berpuasa Bersama Kawan Baru". Ia juga sangat suka bermain bulutangkis dan mengidolakan pebulutangkis legendaris asal Indonesia, Susi Susanti.

10. Dzul dan Ijat

karakter upin ipin istimewa

foto: istimewa

Dzul dan Ijat merupakan teman sekelas Upin dan Ipin yang sering berdampingan. Ijat ini tidak mampu berbicara dengan baik, sehingga memerlukan bantuan Dzul untuk menerjemahkan kata-kata yang ia maksudkan. Bisa dibilang, Dzul dan Ijat adalah teman terbaik di Tadika Mesra. Walaupun Dzul dan Ijat jarang keluar mereka tetap teman baik dengan Upin dan Ipin. Dalam suatu cerita, rumah Ijat pernah kebakaran, dan teman-teman sekolahnya termasuk Upin dan Ipin membantu meringankan beban Ijat.

11. Cikgu Jasmin

karakter upin ipin istimewa

foto: ms.upinipin.wikia.com

Cikgu Jasmin ialah wali kelas Upin, Ipin dan kawan-kawan di TK Tadika Mesra. Cikgu Jasmin adalah seorang tenaga pengajar yang memilik pengetahuan yang luas, berdedikasi dan dekat dengan murid-muridnya. Dia sangat baik dan sabar mengajari murid-muridnya. Ketika ia akan pindah di Kuala Lumpur, semua murid sedih dan posisi Cikgu Jasmin sebagai guru kelas Tadika Mesra digantikan oleh Cikgu Melati. Ia mengenakan jilbab saat mengajar muridnya di kelas.

12. Cikgu Melati

karakter upin ipin istimewa

foto: ms.upinipin.wikia.com

Beda dengan Cikgu Jasmin, Cikgu Melati memiliki sifat yang lebih periang ala anak muda. Ia juga tak mengenakan jilbab saat mengajar. Ia memiliki rambut pendek. Dalam salah satu episode, Cikgu Melati membantu Upin Ipin dan kawan-kawan untuk mendekor taman sekolahnya.

13. Cikgu Besar

karakter upin ipin istimewa

foto: ilhampangerang.blogspot.com

Cikgu Besar adalah kepala sekolah di Tadika Mesra. Ia memiliki tubuh yang besar dan mengenakan kerudung. Ia juga sedikit galak dan sangat ditakuti oleh para murid. Meski dikenal galak, tetapi hatinya sangat baik pada murid-muridnya.

14. Tok Dalang

karakter upin ipin istimewa

foto: ms.upinipin.wikia.com

Senin bin Khamis atau biasa dipanggil Tok Dalang adalah tokoh masyarakat yang hadir di Kampung Durian Runtuh. Sebagai tokoh masyarakat yang dituakan, Tok Dalang sering dimintai bantuan oleh Upin Ipin dan kawan-kawannya. Terkadang Tok Dalang sering mengajak Upin dan Ipin pergi ke kebunnya untuk mencari durian. Kakek Dalang pun pernah memanen pohon rambutannya untuk dijual buahnya, dan ia memiliki seekor ayam jantan peliharaan bernama Rembo.

15. Abang Salleh

karakter upin ipin istimewa

foto: ms.upinipin.wikia.com

Salleh adalah tetangga dekat Upin dan Ipin. Dan dia dikenal galak namun sering tampil kemayu dan melambai. Abang Salleh atau Sally ini punya tagline yang kerap ia ucapkan yaitu 'Amboi'. Sepertinya, Salleh tidak memiliki pekerjaan dan kegiatan yang jelas. Ia pernah berperan sebagai tukang dekor pengantin, pelayan perpustakaan keliling, hingga penjaga rumah hantu.

16. Uncle Muthu

karakter upin ipin istimewa

foto: ms.upinipin.wikia.com

Ia merupakan satu-satunya penjual makanan di Kampung Durian Runtuh. Menu makanan dan minuman yang dihidangkan di warungnya ialah roti ikan, roti telur, nasi lemak, nasi goreng, nasi goreng pattaya, ayam goreng, mi goreng, telur mata sapi, teh tarik, es ABCD dan sebagainya. Dalam salah satu episode, yang menarik dari Uncle Muthu ini adalah saat mengucapkan pilihan menunya dengan cepat. Uncle Muthu biasa mengenakan singlet dan sarung.

17. Uncle Ah Tong

karakter upin ipin istimewa

foto: Uncle Ah Tong

Ah Tong adalah seorang pedagang yang berpakaian serba merah dan selalu berbicara dengan dialek China yang kental. Dia dikenal suka berdagang, selain itu juga bekerja sebagai pengepul keliling.

Reporter: mgg/renno hadi ananta





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    17%

  • Ngakak!

    11%

  • Wow!

    22%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    17%

  • Love

    33%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more