Brilio.net - Pembuatan film bergenre horor memang bisa terinspirasi dari berbagai hal. Bisa tentang legenda atau mitos-mitos yang ada di masyarakat, kisah yang ada di novel, hingga tentang lokasi-lokasi yang biasanya sudah dikenal angker oleh masyarakat luas.

Nggak hanya di Indonesia lho, banyak lokasi-lokasi lainnya yang juga menginspirasi lahirnya film-film horor. Kali ini dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Minggu (28/1), yuk simak 14 lokasi yang menjadi inspirasi buat film horor.

1. Jembatan Ancol (Indonesia)

lokasi horrorrrr © 2017 brilio.net

Bukan hanya pernah jadi inspirasi untuk pembuatan film 'Si Manis Jembatan Ancol' yang tayang pada zaman 90-an, tapi jembatan Ancol ini juga pernah menjadi inspirasi untuk pembuatan film 'Hantu Jembatan Ancol'.

Loading...

Film ini berkisah tentang sepasang kekasih yang akan menikah bernama Nikko yang diperankan oleh Ben Joshua dan Donna yang dimainkan oleh Nia Ramadhani. Namun Nikko berselingkuh dengan Livi (Nadilla Ernesta) hingga hamil.

Nikko saat itu tidak mau bertanggung jawab dan bertengkar hebat dengan Livi hingga akhirnya membenturkan kepalanya di tembok hingga meninggal dan jasadnya dibuang di bawah jembatan Ancol. Wah..

2. Mae Nak Shrine (Thailand)

lokasi horrorrrr © 2017 brilio.net

Mae Nak Shrine adalah sebuah kuil yang populer di Thailand. Kuil ini dikenal sebagai tempat pemakaman 'Ibu Nak' yaitu hantu paling populer di Thailand. Ada dua film yang mengangkat kisah hantu tersebut, seperti 'Nang Nak' dan 'Pee Mak'.

3. Lawang Sewu (Indonesia)

lokasi horrorrrr © 2017 brilio.net

Lawang Sewu memang dikenal sebagai sebuah lokasi yang mistis dengan banyak cerita misteri di dalamnya. Banyak warga mempercayai bahwa ada ribuan makhluk gaib yang menunggui gedung tersebut. Kisah gedung ini diangkat dalam sebuah film, yaitu 'Lawang Sewu: Dendam Kuntilanak'.

4. The Saeki House (Jepang)

lokasi horrorrrr © 2017 brilio.net

Bangunan rumah ini menjadi lokasi syuting salah satu film horor terkenal di negeri Sakura itu, yakni film 'Ju-On'. Sejak jadi lokasi syuting film horor tersebut, The Saeki House yang terletak di Jalan Tokorozawa, Saitama, Tokyo ini jadi sangat terkenal.

5. Oakley Court Hotel (Inggris)

lokasi horrorrrr © 2017 brilio.net

Hotel yang dibangun pada tahun 1859 ini memiliki 118 kamar dan terlihat sangat mewah dari luar. Namun hawa mistis memang sangat terpancar sehingga bangunan tua itu sering menjadi inspirasi dalam film horror. Seperti 'The Brides of Dracula', 'The Plague of Zombies', 'And Now the Screaming Starts', hingga 'The Rocky Horror Picture Show'.

6. Rumah Pondok Indah (Indonesia)

lokasi horrorrrr © 2017 brilio.net

Siapa bilang kawasan elite bebas dari 'gangguan' dunia gaib. Salah satu bukti yang dapat ditemui sampai saat ini adalah Rumah Pondok Indah, tepatnya rumah yang terletak di Jalan Metro Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Diawali dari cerita tentang penjual nasi goreng yang menghilang di depan sebuah rumah kosong di perumahan tersebut. Angkernya rumah ini pun diangkat ke layar lebar, yaitu dalam film 'Rumah Pondok Indah'.

7. Terowongan Casablanca

lokasi horrorrrr © 2017 brilio.net

Kisah terowongan Casablanca saat ini sudah begitu melegenda di masyarakat Jakarta. Bahkan meski saat ini terowongan tersebut sudah semakin ramai namun tetap saja keangkeran terowongan Casablanca tidak pernah berubah.

Kisah keangkerannya pun semakin menjadi-jadi. Pasalnya, tak jauh dari terowongan terdapat pemakaman umum yang konon juga menyimpan kisah misteri. Kisah angkernya Terowongan Casablanca juga pernah diangkat menjadi sebuah film yaitu, 'Terowongan Casablanca: Kuntilanak Merah'.

8. Hutan Aokigahara (Jepang)

lokasi horrorrrr © 2017 brilio.net

Kisah menyeramkan dari Hutan Aokigahara yang terletak di utara Gunung Fuji, Jepang ini pernah diangkat dalam film Hollywood 'The Forest'. Hutan tersebut biasanya digunakan oleh orang-orang untuk mengakhiri hidupnya, sehingga banyak kejadian mistis yang terjadi dan beredar luas di masyarakat.

9. Rumah Kentang (Indonesia)

lokasi horrorrrr © 2017 brilio.net

Bentuknya memang seperti rumah biasa di Jalan Dharmawangsa, Jakarta. Namun beredar kisah horor yang melegenda yaitu adanya anak kecil yang tewas tragis dalam sebuah kuali rebusan kentang. Kisah legenda ini diangkat menjadi film berjudul 'Rumah Kentang'.

10. Fuji-Q Highland Amusement Park (Jepang)

lokasi horrorrrr © 2017 brilio.net

Taman hiburan di Jepang ini dikenal berhantu dan memiliki nama lain yaitu ‘Labyrinth of Fear’. Kisah misteri tempat hiburan ini kemudian diangkat dalam film “The Shock Labyrinth” (2009).

11. Mal Klender (Indonesia)

lokasi horrorrrr © 2017 brilio.net

Mal Klender yang berlokasi di bilangan Jakarta Timur ini memang sejak dulu sudah dikenal sebagai salah satu tempat paling angker di Jakarta. Dikisahkan mal ini hangus terbakar pada tragedi Mei 1998 yang menelan ratusan korban jiwa.

Kisah mal ini pun sampai dibikin film dengan judul 'Mal Klender' yang sukses hingga tayang di Malaysia, Thailand, Singapura Filipina dan Brunei Darussalam.

12. Pemakaman Jeruk Purut (Indonesia)

lokasi horrorrrr © 2017 brilio.net

Jeruk Purut yang kerap dikaitkan dengan kisah mistis sebenarnya merupakan tempat pemakaman umum (TPU) di daerah Jakarta Selatan. Area pemakaman yang luasnya lebih dari 9 hektar selain dikenal sebagai pemakaman luas juga sebagai tempat paling seram di Jakarta. Kisah seramnya pun diangkat dalam sebuah film berjudul 'Hantu Jeruk Purut'.