1. Moxie (2021).

film Netflix dunia sekolah berbagai sumber

foto: imdb.com

Moxie merupakan rekomendasi film Netflix tentang dunia sekolah yang diadaptasi dari novel dengan judul yang sama. Film ini menceritakan seorang anak bernama Vivian Carter yang muak berhadapan dengan budaya seksis di sekolahnya.

Dalam cerita film ini, sang anak pun bercerita kepada ibunya yang ternyata sudah menentang konsep patriarki sejak umur 16 tahun. Film ini cocok ditonton untuk melihat bagaimana konsep patriarki ditentang dan kemudian menciptakan budaya baru yang lebih berkeadilan tanpa memandang gender seseorang.

2. The Kissing Booth (2018-2021).

film Netflix dunia sekolah berbagai sumber

foto: imdb.com

The Kissing Booth merupakan rekomendasi film Netflix tentang dunia sekolah yang diisi dengan berbagai kegiatan anak sekolah menengah. Film ini bermula saat Elle Evan dan Lee Flynn (Joel Courtney) yang sudah berteman akrab membuat sebuah Kissing Booth untuk penggalangan dana sekolah mereka. Dalam booth tersebut, nantinya ada satu orang yang berperan sebagai eksekutor pelaksanaan acara.

Awalnya Noah (Jacob Elordi), kakak lelaki Lee, yang akan menjadi eksekutor tersebut. Sebab, hanya dialah yang mampu menggaet minat banyak perempuan di sekolah, terutama gadis-gadis OMG populer (Olivia, Mia, dan Gwyneth). Dari sekuel pertama hingga terakhir, film menampilkan perkembangan hubungan romantis karakter utama, mulai dari awal sekolah hingga menjelang masuk ke perguruan tinggi.

3. The Half of It (2020).

film Netflix dunia sekolah berbagai sumber

foto: imdb.com

The Half of It merupakan rekomendasi film Netflix tentang dunia sekolah yang mengisahkan cinta segitiga yang terjadi antara siswa sekolah. Film ini mengisahkan Ellie Chu (Leah Lewis), seorang siswi yang dikenal pendiam dan tidak memiliki teman di sekolah. Namun Ellie Chu punya kemampuan akademis yang baik. Ia bisa mendapatkan uang dengan mengerjakan tugas esai murid di sekolah itu. Suatu hari seorang siswa bernama Paul Musky (Daniel Diemer) mendekatinya.

Paul meminta Chu menulis surat cinta untuk Aster Flores (Alexxis Lemire). Sayang, gadis itu sudah memiliki pacar bernama Trig. Seorang bocah lelaki dari keluarga kaya. Chu pun tak kehabisan akal dan ia menyamar menjadi Paul untuk mendekati Aster. Setelah berhasil meyakinkan Aster untuk menjadi pacar Paul, penyamaran Chu pun terkuak. Hal ini membuat Aster malah bisa cerita lebih leluasa kepada Chu tentang kisah cinta yang dialaminya.

4. Work It (2020).

film Netflix dunia sekolah berbagai sumber

foto: imdb.com

Work It merupakan rekomendasi film Netflix tentang dunia sekolah saat Quinn Ackerman di kelas akhir SMA. Ia bermimpi untuk bisa diterima di Universitas Duke. Ia bermimpi kuliah di sana karena ayahnya yang telah meninggal saat dia berusia 12 tahun merupakan lulusan Universitas Duke. Supaya bisa diterima, Quinn bekerja keras untuk memiliki resume yang sempurna.

Namun, Quinn kemudian marah karena konselor penerimaan, Veronica Ramirez, memberi tahu bahwa lamarannya terlalu mirip dengan pelamar lain. Walaupun begitu, Quinn berusaha meyakinkan bahwa dirinya juga punya kemampuan menari yang akan tampil dalam festival Work It beberapa hari selanjutnya. Veronica Ramirez diundang untuk melihat langsung kemampuan calon mahasiswa baru tersebut.

5. All the Bright Places (2020).

film Netflix dunia sekolah berbagai sumber

foto: imdb.com

All the Bright Places merupakan rekomendasi film Netflix tentang dunia sekolah tentang dua sahabat yang berusaha mengatasi trauma mereka masing-masing. Violet Markey (Elle Fanning) masih dihantui rasa bersalah pasca kematian sang kakak, Eleanor, yang cukup tragis. Sembilan bulan lalu, mobil yang dikendarai Eleanor dan Violet melaju dengan kecepatan tinggi dan menabrak sisi jembatan.

Serupa dengan Violet, Theodore Finch (Justice Smith) juga hidup dalam bayang-bayang trauma dalam dirinya. Dia mengalami depresi dan seringkali berpikir untuk mengakhiri hidupnya. Mereka kemudian bertemu saat menjadi satu kelompok dalam tugas sekolah. Sejak saat itu, mereka menjadi teman yang saling menyembuhkan satu sama lain.