1. Midway (2019).

film Netflix bertema sejarah berbagai sumber

foto: imdb.com

Midway merupakan rekomendasi film Netflix bertema sejarah yang mengisahkan sebuah kapal, angkutan penting dalam Perang Dunia II. Film ini mengisahkan perwira intelijen militer Edwin Layton (Patrick Wilson) yang menyebut, Jepang akan menyerang Amerika Serikat lagi setelah serangan Pearl Harbour, Hawai.

Jepang ingin menyerang Midway, sebuah kota di county Bullock, Alabama, Amerika Serikat. Walaupun jarang disinggung dalam sejarah perang dunia II, perang di kota tersebut menjadi salah satu pertempuran dengan kapal terbesar yang terjadi di lautan Pasifik dan menjadi titik balik kekuatan Amerika Serikat menyerang Jepang.

2. The Kill Team (2019).

film Netflix bertema sejarah berbagai sumber

foto: imdb.com

The Kill Team merupakan rekomendasi film Netflix bertema sejarah saat tentara Amerika Serikat berada di Afghanistan pada 2009. Saat itu, Andrew Briggman adalah rekrutan muda Angkatan Darat AS di negara tersebut. Ketika Sersan Wallace terbunuh dalam ledakan IED selama penggerebekan di sebuah desa, Staf Sersan Deeks mengambil posisi sebagai pemimpin peleton.

Deeks memberi tahu peleton bahwa mereka akan menemukan siapa pun yang bertanggung jawab atas kematian 24 tentara Amerika dengan menyerbu desa-desa. Briggman memberikan daftar serangan IED berdasarkan tanggal dan lokasi kepada Deeks. Perusahaan Bravo menangkap seorang pria terluka dan dituduh menanam IED di jalan, dan Deeks memerintahkan Briggman untuk melukai pria itu, tetapi Briggman menolak. Sejak penolakan tersebut, Briggman menjadi tentara yang melihat apa yang dilakukannya bukan sebagai hal heroik, melainkan ia melihat rasa pilu di negeri yang berkecamuk perang.

3. The King (2019).

film Netflix bertema sejarah berbagai sumber

foto: imdb.com

The King merupakan rekomendasi film Netflix bertema sejarah yang diangkat dari beberapa drama dalam tetralogi 'Henriad' karya William Shakespeare. Film ini mengisahkan saat kerajaan Inggris pada masa pemerintahan Raja Henry V.

Saat itu, Raja Henry mendapatkan pertentangan dari keluarganya sendiri saat perang melawan Skotlandia. Sementara itu, keponakan Raja Henry, Harry Percy menyalahkan Raja karena tidak ingin menawar tawanan Inggris yang ditahan Skotlandia. Kejadian tersebut memicu perseteruan antara Raja Henry dengan Harry Percy hingga terjadi perang antarsaudara.

4. Outlaw King (2018).

film Netflix bertema sejarah berbagai sumber

foto: imdb.com

Outlaw King merupakan rekomendasi film Netflix bertema sejarah pada masa lampau yang dilakukan oleh Robert the Bruce, Raja Skotlandia abad ke-14. Raja tersebut sedang meluncurkan perang gerilya melawan tentara Inggris yang kekuatannya jauh lebih besar.

Film ini sebagian besar berlangsung selama periode sejarah tiga tahun dari 1304, ketika Bruce memutuskan untuk memberontak melawan aturan Edward I atas Skotlandia. Hal ini kemudian membuatnya disebut sebagai "penjahat" sampai Pertempuran Bukit Loudoun 1307.

5. Mudbound (2017).

film Netflix bertema sejarah berbagai sumber

foto: imdb.com

Mudbound merupakan rekomendasi film Netflix bertema sejarah yang mengisahkan Henry dan Jamie McAllan saat menggali kuburan selama hujan badai di Delta Mississippi, Amerika Serikat. Mereka berjuang untuk menguburkan peti mati ayah mereka secara layak.

Mereka berjuang dalam kemiskinan dan saling mendukung satu sama lain setelah Perang Dunia II telah mengambil semua hal yang pernah mereka raih. Mereka mengalami trauma perang berkepanjangan dan hidup dengan perjuangan yang keras.