1. Trust No One: The Hunt for the Crypto King (2022).

film Netflix kisah nyata kriminal berbagai sumber

foto: imdb.com

Trust No One: The Hunt for the Crypto King merupakan film Netflix diadaptasi kisah nyata dunia kriminal yang dilakukan sekelompok investor cryptocurrency. Mereka menyelidiki kematian mendadak pendiri bursa mereka, Gerry Cotten serta $250 juta dicuri dari mereka.

Mereka berasumsi bahwa ada hal lain yang sedang disembunyikan oleh perusahaan. Kematian founder tersebut disinyalir hanya untuk menutupi kasus agar tidak disebar ke publik. Kemudian, para investor pun mulai bekerja sama untuk mengungkap segala rahasia yang menyangkut dengan kematian sang pendiri.

2. The Highwaymen (2019).

film Netflix kisah nyata kriminal berbagai sumber

foto: imdb.com

The Highwaymen merupakan film Netflix diadaptasi kisah nyata dunia kriminal tentang Frank Hamer, seorang detektif hebat yang pernah menangkap Bonnie dan Clyde. Pada 1934, Bonnie dan Clyde sudah menjadi buronan selama dua tahun terakhir karena melanggar beberapa hukum, khususnya di Texas.

Cerita berawal saat Kepala Departemen Pemasyarakatan Texas Lee Simmons membujuk Gubernur "Ma" Ferguson untuk menyewa mantan Ranger Texas Frank Hamer untuk melacak para penjahat. Enggan untuk meninggalkan pensiun dan istrinya Gladys, Hamer bergabung dengan perburuan setelah geng buronan terlibat dalam baku tembak yang menghancurkan di Missouri. Ia kemudian merekrut mantan rekannya, Benjamin Maney Gault untuk terlibat dalam perburuan penjahat ini.

3. Just Mercy (2019).

film Netflix kisah nyata kriminal berbagai sumber

foto: imdb.com

Just Mercy merupakan film Netflix diadaptasi kisah nyata dunia kriminal tentang Bryan Stevenson, lulusan fakultas hukum Harvard, dengan gigih berusaha membatalkan vonis kepada Walter McMillian dan menyelamatkannya dari hukuman mati.

Bekerja sama dengan Eva Ansley, ia membentuk Equal Justice Initiative di ibu kota negara bagian, Montgomery . Dia mulai mencoba untuk memerangi ketidakadilan sosial dalam hukum dan praktik kriminal, yang telah mengakibatkan tingginya tingkat orang Afrika-Amerika yang dihukum dan dipenjara di negara bagian dan nasional.

4. Hotel Mumbai (2019).

film Netflix kisah nyata kriminal berbagai sumber

foto: imdb.com

Hotel Mumbai merupakan film Netflix diadaptasi kisah nyata dunia kriminal tentang organisasi Lashkar-e-Taiba di bawah komando "Banteng" saat melancarkan serangan terkoordinasi. Serangan tersebut dilakukan terhadap 12 lokasi di Mumbai, termasuk Hotel Mumbai. Karena polisi setempat tidak terlatih atau diperlengkapi dengan baik untuk menangani serangan itu, mereka terpaksa menunggu bala bantuan dari New Delhi.

Dalam kekacauan berikutnya, Arjun, David, Zahra dan Vasili terjebak di restoran hotel dengan beberapa tamu lain. Sementara Sally, tetap bersama Cameron di kamar hotel mereka. Seorang wanita melarikan diri dari teroris memasuki kamar hotel, dan Sally bersembunyi dengan Cameron di lemari. Namun sial, tak sempat berlindung, wanita yang memasuki kamar hotel tersebut mati ditembak oleh teroris.

5. 22 July (2018).

film Netflix kisah nyata kriminal berbagai sumber

foto: imdb.com

22 July merupakan film Netflix diadaptasi kisah nyata dunia kriminal yang dilakukan Anders Behring Breivik saat mengenakan seragam polisi. Padahal, ia sedang membawa sebuah van dengan bahan peledak buatan sendiri, dan berkendara ke Regjeringskvartalet, kawasan eksekutif pemerintah di Oslo, Norwegia . Ia kemudian meninggalkan van di luar kantor Perdana Menteri Jens Stoltenberg dan beberapa saat kemudian, van tersebut meledak hingga menyebabkan beberapa korban.

Breivik kemudian tiba di pendaratan feri dan memberi tahu staf bahwa dia adalah seorang perwira polisi, yang dikirim untuk mengamankan pulau itu setelah serangan di Oslo. Direktur kamp mengangkutnya ke pulau dengan perahu. Breivik menginstruksikan staf untuk mengumpulkan anak-anak di satu lokasi. Ketika kepala keamanan meminta ID, Breivik menembaknya. Anak-anak segera melarikan diri saat Breivik melepaskan tembakan dan membunuh puluhan orang.