6. The Drug King (2018).

film Netflix kisah nyata kriminal berbagai sumber

foto: imdb.com

The Drug King merupakan film Netflix diadaptasi kisah nyata dunia kriminal tentang Lee Doo-sam, seorang penyelundup narkoba yang terkenal di Busan pada era 1970-an. Doo-sam awalnya adalah anggota faksi Chilsung di Busan dari Provinsi Hwanghae.

Namun, pada awal 1970-an, ia menyelundupkan berlian dan produk lainnya, termasuk narkoba pada tahun selanjutnya. Semua barang tersebut didistribusikan di wilayah domestik dan diekspor ke Jepang. Hal ini pun lantas membuat Doo-sam kaya dari bisnis tersebut.

7. Believe Me: The Abduction of Lisa McVey (2018).

film Netflix kisah nyata kriminal berbagai sumber

foto: imdb.com

Believe Me: The Abduction of Lisa McVey merupakan film Netflix diadaptasi kisah nyata dunia kriminal yang dialami Lisa McVey berusia 17 tahun. Ia tinggal bersama neneknya yang cuek dan pacar neneknya, Morris, di Tampa Bay, Florida.

Morris sering kali menyerang Lisa dan neneknya mengabaikan hanya karena dilakukan pacarnya. Suatu malam dalam perjalanan pulang kerja, Lisa diculik oleh Bobby Joe Long dan memperkosanya di dalam mobil. Setelah itu, iamembawanya kembali ke apartemen studionya hingga beberapa hari. Nenek Lisa melaporkan hilang hilang, tetapi sang nenek dengan santai menganggap cucunya tersebut pergi melarikan diri. Di apartemen Bobby, Lisa mengalami malapetaka sampai berhari-hari.

8. Zodiac (2007).

film Netflix kisah nyata kriminal berbagai sumber

foto: imdb.com

Zodiac merupakan film Netflix diadaptasi kisah nyata dunia kriminal tentang perburuan Zodiac Killer, seorang pembunuh berantai yang meneror San Francisco Bay Area selama akhir 1960-an dan awal 1970-an. Pembunuh tersebut mengejek polisi dengan surat, pakaian berlumuran darah, dan sandi yang dikirim ke surat kabar.

Kasus tersebut tetap menjadi salah satu kejahatan paling terkenal di Amerika Serikat yang belum terpecahkan. Fincher, Vanderbilt, dan produser Bradley J. Fischer menghabiskan 18 bulan melakukan penyelidikan dan penelitian mereka sendiri tentang pembunuhan Zodiac. Fincher menggunakan Thomson Viper FilmStream Camera digital untuk memotret sebagian besar film, dengan kamera film berkecepatan tinggi tradisional yang digunakan untuk urutan pembunuhan dalam gerakan lambat.

9. American Gangster (2007).

film Netflix kisah nyata kriminal berbagai sumber

foto: imdb.com

American Gangster merupakan film Netflix diadaptasi kisah nyata dunia kriminal tentang Frank Lucas sebagai tangan kanan bos mafia Harlem Ellsworth "Bumpy" Johnson. Ketika Johnson meninggal karena serangan jantung, Frank memasuki perdagangan heroin dan membeli langsung dari produsen di Thailand dan menyelundupkannya ke Amerika Serikat melalui prajurit Perang Vietnam yang kembali. Frank menjual heroinnya dengan merek "Blue Magic", yang keterjangkauan dan kemurniannya sangat populer dan menghilangkan banyak pesaing.

Frank juga menjalin persekutuan dengan mafia New York untuk menguatkan posisinya. Sementara itu, ada seorang detektif jujur bernama Richie Robert di New Jersey yang diundang bergabung di Federal Investigation Force of Narcotics. Mereka ditugaskan menangkap para bandar narkoba di Amerika Utara.

10. Catch Me If You Can (2002).

film Netflix kisah nyata kriminal berbagai sumber

foto: imdb.com

Catch Me if You Can merupakan film Netflix diadaptasi kisah nyata dunia kriminal tentang Frank Abagnale Jr. yang telah menipu dengan berlagak sebagai pilot, dokter dan pengacara. Ia berhasil mencairkan cek palsu bernilai jutaan dolar. FBI pun menugaskan agen Carl Hanratty untuk menangkapnya.

11. Blow (2001).

film Netflix kisah nyata kriminal berbagai sumber

foto: imdb.com

Blow merupakan film Netflix diadaptasi kisah nyata dunia kriminal tentang George Jung yang tumbuh di tengah lingkungan kumuh. Ia menjadi kurir narkoba untuk mencari uang. Setelah berhasil dan kaya raya, George ternyata menemui banyak hambatan yang membuatnya jatuh miskin lagi. Karena miskin lagi, George tak bisa berhenti dari dunia gelap yang telah membesarkan namanya tersebut.