Brilio.net - Perjalanan waktu atau time travel merupakan sebuah konsep berjalan maju atau mundur ke titik berbeda dalam waktu, seperti saat seseorang bergerak dalam ruang waktu. Manusia nyatanya selalu berjalan dalam waktu antara masa lalu, masa kini, dan masa depan.

Konsep perjalanan waktu tersebut diadopsi oleh industri perfilman Korea, khususnya dalam dalam drama Korea. Banyak drama Korea yang mengambil konsep perjalanan waktu dan dibalut dengan berbagai latar kisah, mulai dari latar kerajaan hingga zaman modern.

Selain itu, drama yang mengambil konsep ini berhasil menarik perhatian penontonnya. Hal ini dapat dilihat dari capaian skor drama-drama tersebut di IMDb yang tidak mengecewakan. Karena itu, drama-drama ini cocok untuk masuk dalam daftar tontonan wajib, terutama bagi para penggemar film dan drama Korea.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Rabu (8/12), berikut 11 drama Korea terbaik IMDb tentang perjalanan waktu.

1. Mr. Queen (2020).

Drama Korea perjalanan waktu berbagai sumber

foto: imdb.com

Mr. Queen merupakan serial drama komedi sejarah yang mengisahkan seorang koki yang hidup di era modern tiba-tiba melintasi dimensi waktu dan membuat dirinya berada di era Joseon. Namun, hal yang membuatnya terkejut bahwa ia tidak menjadi dirinya sendiri, melainkan ada dalam tubuh Ratu Cheorin (Shin Hye-sun) dan ada misteri di balik upaya ratu untuk mengambil nyawanya sendiri. Terjebak dalam tubuh seorang perempuan, seorang koki laki yang harus menjadi Ratu Cheorin terjebak dalam sebuah kekacauan yang ternyata mengungkapkan diri ratu yang sebenarnya. Drama tampil dengan beragam humor dan intrik politik yang khas zaman Joseon. Mr. Queen berhasil meraih skor 8,8/10 di IMDb.

2. Chicago Typewriter (2017).

Drama Korea perjalanan waktu berbagai sumber

foto: imdb.com

Konsep perjalanan waktu dalam Chicago Typewriter digambarkan sebagai reinkarnasi. Tiga pejuang perlawanan dari pendudukan Jepang tahun 1930-an di Korea menemukan diri mereka dalam periode waktu baru saat mereka bereinkarnasi sebagai penulis, penggemar, dan penulis hantu. Beralih antara tahun 1930-an dan abad ke-21, ketiga karakter ini mulai melihat kesejajaran antara kedua periode waktu tersebut. Saat mereka mulai mengungkap kebenaran di balik masa lalu mereka, mereka khawatir itu akan mempengaruhi masa kini dan masa depan mereka. Chicago Typewriter berhasil meraih skor 8,8/10 di IMDb.

3. Tunnel (2017).

Drama Korea perjalanan waktu berbagai sumber

foto: imdb.com

Tunnel merupakan drama Korea yang terinspirasi kasus pembunuhan berantai terkenal dari tahun 80-an dan 90-an. Drama ini berpusat pada kisah seorang detektif yang baik pada 1986. Detektif tersebut akhirnya menemukan cinta sejati dan menikah. Setelah itu, detektif tersebut segera menangani kasus pembunuhan berantai. Saat mengejar tersangka melalui terowongan, detektif tersebut mendapati dirinya didorong 30 tahun ke depan dan begitu keluar dari terowongan tersebut, ia sudah berada di dimensi yang lain. Detektif tersebut bingung dengan apa yang dialaminya, ia pun hampir putus asa. Sementara itu, pembunuhan yang dicari detektif tersebut masih buron dan sang detektif tak tahu di mana pembunuh itu berada. Drama ini tampil dengan alur maju-mundur untuk meyakinkan bahwa pengalaman sang detektif yang masuk dalam dimensi waktu merupakan kejadian yang benar-benar terjadi. Drama ini berhasil meraih skor 8,7/10 di IMDb.

4. Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo (2016).

Drama Korea perjalanan waktu berbagai sumber

foto: imdb.com

Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo merupakan drama Korea yang mengisahkan seorang perempuan berusia 25 tahun yang hidup di abad ke-21 tiba-tiba masuk dimensi waktu saat gerhana matahari total di Korea Selatan dan membawanya ke Dinasti Goryeo. Bangun dengan identitas baru, perempuan tersebut menjadi salah satu putri raja dari keluarga Wang. Saat menyadari hal tersebut dan menjalani hidup di kerajaan, perempuan tersebut kemudian jatuh cinta pada salah satu pangeran yang baik hati. Namun, cintanya tersebut tak sampai dan bahkan ia segera diambil oleh pangeran keempat yang suka merenung di kegelapan. Kisah cinta putri raja tersebut terjebak dalam gejolak politik dan pertempuran perebutan tahta. Drama ini menyediakan banyak hal, mulai dari kisah romantis hingga intrik politik yang bisa menyayat hati. Drama ini berhasil meraih skor 8,7/10 di IMDb.

5. Signal (2016).

Drama Korea perjalanan waktu berbagai sumber

foto: imdb.com

Signal merupakan drama Korea yang mengisahkan seorang cold case profiler yang menemukan walkie-talkie dari tahun 1989 saat menyelidiki sebuah kasus. Ia kemudian menyimpulkan bahwa walkie-talkie tersebut melampaui waktu dan memungkinkannya untuk berkomunikasi dengan seorang detektif dari tahun 1989 untuk waktu yang singkat. Dalam waktu yang sama, mereka menggunakan pengetahuan mereka untuk menghentikan kejahatan keji yang pernah terjadi. Drama Korea ini berhasil menarik perhatian banyak penontonnya karena terinspirasi dari kisah kejahatan dan kasus pembunuhan. Drama ini berhasil meraih skor 8,6/10 di IMDb.

6. Queen In-Hyun's Man (2012).

Drama Korea perjalanan waktu berbagai sumber

foto: imdb.com

Queen In-Hyun's Man merupakan drama yang mengisahkan seorang sarjana dari Dinasti Joseon yang bertemu dengan seorang calon aktris pada 2012. Kisah drama ini bermula saat seorang cendekiawan kelahiran bangsawan menjadi satu-satunya orang yang selamat setelah semua keluarganya dibunuh. Namun, ia kemudian menemukan sebuah jimat dan membuatnya melakukan perjalanan waktu ke masa depan 300 tahun kemudian dan bertemu seorang aktris pada 2012. Pertemuan mereka pun membuka kisah baru dan mereka saling jatuh cinta. Drama ini berhasil meraih skor 8,5/10 di IMDb.

7. The King: Eternal Monarch (2020).

Drama Korea perjalanan waktu berbagai sumber

foto: imdb.com

The King: Eternal Monarch merupakan drama Korea yang mengisahkan seorang raja yang menyaksikan pembunuhan ayahnya di tangan pamannya. Raja tersebut kemudian menemukan pintu ke dunia paralel dan berharap bisa menghentikan pamannya tersebut. Sepanjang jalan, raja tersebut mengetahui siapa sosok misterius yang menyelamatkan hidupnya. Namun, satu-satunya cara untuk menjaga garis waktu tetap utuh adalah dengan melakukan perjalanan kembali ke saat yang tepat. Drama The King: Eternal Monarch berhasil menarik perhatian penontonnya dengan skor 8,2/10 di IMDb.

8. Rooftop Prince (2012).

Drama Korea perjalanan waktu berbagai sumber

foto: imdb.com

Rooftop Prince merupakan drama Korea yang mengisahkan putra mahkota dan dua orang kepercayaannya yang berada di atap rumah Park-ha (Han Ji-min). Sang pangeran menyadari bahwa dia melakukan perjalanan waktu 300 tahun ke depan dan muncul di tahun 2012. Ia kemudian melihat saudara perempuan Park-ha yang telah lama hilang dan mendiang istrinya. Hal ini pun membawanya untuk berpura-pura sebagai cucu dari seorang CEO perusahaan untuk membongkar semua misteri yang dialaminya. Drama ini berhasil meraih skor 7,8/10 di IMDb.

9. Familiar Wife (2018).

Drama Korea perjalanan waktu berbagai sumber

foto: imdb.com

Familiar Wife merupakan drama Korea yang membawa kisah romantis dan perjalanan waktu. Drama ini mengisahkan Joo-hyuk (Ji Sung) yang sudah menikah selama lima tahun dan ada dalam tekanan batin saat harus mengurus kedua orang tua dan anak-anaknya saat bekerja. Selain itu, ia juga takut bila tiba-tiba istrinya marah. Suatu ketika, ia bertemu dengan seorang lelaki tua di kereta bawah tanah yang memberinya dua koin. Dalam pergantian peristiwa, koin tersebut mengirimnya kembali ke masa lalu. Ia tidak lagi menikah dan menjalani kehidupan yang berbeda. Joo-hyuk harus memutuskan apakah akan mengubah nasib ini atau tidak dan menyalakan kembali cinta pertamanya atau mendapatkan kehidupan kembali. Drama Familiar Wife berhasil meraih skor 7,5/10 di IMDb.

10. Tomorrow with You (2017).

Drama Korea perjalanan waktu berbagai sumber

foto: imdb.com

Sepanjang 16 episode, Tomorrow With You mengisahkan tentang seorang CEO dari perusahaan real estate bernama Yoo So-joon (Lee Je Hoon). Ia memiliki keahlian unik, yakni menjelajah waktu melalui kereta bawah tanah. So Joon bisa melakukan perjalanan waktu ke masa depan ataupun masa lalu. Suatu hari, Yoo So-joon bertemu dengan Song Ma-rin (Shin Min-ah). Meski awalnya mereka tidak mengenal satu sama lain, tak disangka bahwa Song Ma-rin menjadi gadis yang berhasil menaklukkan hati Soo-joon. Saat menjelajahi waktu dan pergi ke masa depan, Yoo So-joon seringkali menemukan dirinya hidup dengan menyedihkan. Maka dari itu dia berniat untuk mengubah takdirnya yakni dengan cara menikah dengan Song Ma-rin, cewek yang mengajarkan bagaimana cara mencintai.

11. Sisyphus: The Myth (2021).

Drama Korea perjalanan waktu berbagai sumber

foto: imdb.com

Sisyphus: The Myth merupakan drama Korea yang mengisahkan Han Tae-Sul (Cho Seung-woo), seorang insinyur berbakat yang bertekad untuk mengungkap alasan sebenarnya di balik pembunuhan kakak laki-lakinya. Jika itu tidak cukup, alur cerita memperkenalkan karakter yang melakukan perjalanan dari masa depan ke masa sekarang. Di masa depan, dunia didominasi oleh geng dan klik militer. Untuk bertahan hidup, Han Tae-Sul memerlukan beberapa keterampilan tempur yang serius. Gang Seo-Hae (Park Shin-Hye) adalah pejuang yang tepat. Dia melakukan perjalanan kembali ke masa lalu untuk membantu Tae-Sul dalam perjalanannya yang berbahaya setelah mengetahui bukti kunci tentang kematian saudaranya. Drama ini berhasil meraih skor 7/10 di IMDb.

(brl/far)

(brl/far)