Brilio.net - Dunia perfilman tidak hanya dipenuhi oleh drama, percintaan, dan konflik seputar kehidupan sehari-hari saja. Banyak sineas perfilman yang memberikan kita kejutan yang menegangkan dengan menggarap film-film bergenre thriller.

Film thriller adalah jenis film yang memberi ketegangan bagi orang yang menontonnya. Ketegangan itu bisa dari jumpscare yang muncul tiba-tiba atau alur cerita yang tidak bisa ditebak.

Bukan hanya aksi yang menegangkan, beberapa film thriller juga memiliki plot twist yang tidak karuan. Untuk hal ini Hollywood menjadi yang terbaik dalam memproduksi film thriller.

Sebagai referensi untuk menguji adrenalin, berikut brilio.net merangkum dari berbagai sumber, 10 film Thriller Hollywood terbaik sepanjang masa, Rabu (22/1).

Loading...
2 dari 3 halaman


1. The Silence of The Lambs.

foto: IMDb.com

The Silence of The Lambs menceritakan kisah seorang FBI bernama Clarice Starling yang dikirim untuk bertemu dengan Hannibal, pembunuh psikopat sekaligus kanibal. Film tahun 1990-an yang disutradarai oleh Jonathan Demme dan dibintangi oleh sejumlah aktor legendaris Jodie Foster, Anthony Hopkins, dan Scott Glenn.

Film ini berhasil memenangkan berbagai penghargaan seperti Best Picture, Best Director, dan Golden Globe. Film berdurasi 118 menit cocok disebut sebagai film thriller terbaik dalam sejarah.

2. Final Destination.

foto: IMDb.com

Final Destination menceritakan tentang seseorang yang dapat melihat kematian. Ia bisa melihat tragedi apa yang akan menimpanya, begitu juga orang lain. Sekelompok pelajar yang melarikan diri dari kematiannya. Namun, malaikat maut tak diam saja dan terus mengancam keselamatan mereka.

Film Final Destination mulai rilis pada tahun 2000 dan terus diproduksi dalam beberapa seri setelahnya.

3. The Departed.

foto: IMDb.com

Film yang dibintangi oleh Matt Damon, Leonardo DiCaprio, dan Jack Nicholson ini menceritakan tentang seorang polisi yang melindungi seorang gangster yang merupakan ayah angkatnya. Ia harus berhadapan dengan polisi yang menyamar menjadi bagian dari organisasi sang ayah.

Film yang disutradarai oleh Martin Scorsese ini meraih pendapatan box office sebesar USD 132 juta dan Piala Oscar untuk kategori Best Picture, Best Director, Best Adapted Screenplay, dan Best Film Editing.

4. Shutter Island.

foto: IMDb.com

Film berdurasi 138 menit yang rilis pada 2010 ini disutradarai oleh Martin Scorsese dengan berbagai aktor ternama seperti Leonardo DiCaprio, Mark Ruffalo, dan Ben Kingsley.

Shutter Island bercerita tentang dua orang Marsekal Amerika Serikat, Daniels dan Chuck yang mengunjungi tahanan sakit jiwa untuk melakukan penyelidikan terhadap hilangnya salah seorang pasien Rachel.

Shutter Island menjadi salah satu film terbaik pada 2010 yang ditetapkan oleh National Board of Review.

5. Gone Girl.

foto: IMDb.com

Film garapan David Fincher ini diperankan oleh Ben Affleck dan Rosamund Pike. Film berdurasi ini menceritakan seorang suami yang kehilangan istrinya. Kasus ini kemudian diliput dan menjadi kasus besar karena peran media.

Anehnya, semua bukti forensik yang ada di TKP mengarah kepada sang suami yang merasa tidak terlibat dengan hilangnya sang istri. Gone Girl meraih pendapatan box-office sebesar $ 167 juta, yang merupakan capaian komersial tertinggi film garapan David Fincher.

3 dari 3 halaman


6. Don't Breathe.

foto: IMDb.com

Don't Breathe berkisah tentang tiga anak muda, Rocky, Alex, dan Money, yang sering merampok rumah kosong. Setelah beberapa kali sukses merampok, mereka menemukan rumah yang ditempati seorang pria buta yang kabarnya menyimpan banyak uang.

Perampokan yang seharusnya mudah karena pemilik yang buta malah berubah menjadi mimpi buruk bagi ketiga remaja itu. Mereka harus berjuang agar bisa melarikan diri dari sang pemilik rumah yang brutal.

7. Split.

foto: IMDb.com

Film yang disutradarai oleh M. Night Shyamalan dengan durasi 117 menit ini berkisah tentang seorang pria dengan kelainan mental berupa multiple personality disorder. Ia memiliki 24 kepribadian dan salah satunya adalah The Beast yang sangat berbahaya.

Split yang dibintangi oleh James McAvoy, Anya Taylor Joy, dan Haley Lu Richardson berhasil memenangkan penghargaan Villain of the Year dan Best Actor.

8. Searching.

foto: IMDb.com

Searching merupakan film thriller yang cukup unik karena memanfaatkan teknologi modern seperti video call dan webcam dalam filmnya. Film ini disutradarai oleh Aneesh Chaganty dan dibintangi oleh John Cho dan Debra Messing.

Film Searching berkisah tentang pencarian seorang yang menghilang.
Gaya sinematogarafinya pun terbilang cukup unik dan berbeda dengan film pada umumnya.

9. A Quite Place.

foto: IMDb.com

A Quite Place memiliki cerita science fiction dan suasana yang mengerikan. Film ini disutradarai oleh John Krasinski dan dibintangi oleh dirinya bersama Emily Blunt. Audio yang sangat sunyi dan sedikit dialog ini menambah suasana yang menegangkan dan jantung yang terus berdebar.

Film berdurasi 91 menit ini mendapat berbagai penghargaan seperti Top 10 Films of the Year, Hollywood Sound Award, Feature Film Effects/Foley, dan banyak lagi. Serial keduanya dikabarkan rilis pada Maret 2020.

10. Joker.

foto: IMDb.com

Joker merupakan salah satu film psychological thriller terbaik 2019 yang digarap oleh Todd Phillips. Film ini bercerita tentang terbentuknya karakter Joker, salah satu musuh Batman.

Turbulensi emosi Joker digambarkan dengan epik oleh Joaquin Phoenix. Kepahitan-kepahitan Arthur Fleck digambarkan dengan suram lalu dikontraskan dengan karakter badut yang sejatinya ceria, membuat emosi penonton terombang-ambing.

Reporter: Hameda Rachma