Brilio.net - Serial TV produksi Hollywood tak hanya sebagai hiburan, tapi juga mengandung banyak wawasan. Misalnya mengangkat ulang soal sejarah, atau memberikan pengetahuan tentang prosedur hukum melalui kasus kriminal.

Dalam proses produksi, tidak tanggung-tanggung agar setiap scene tampak benar-benar nyata. Bahkan ada yang menghabiskan jutaan dolar per episodenya. Wah wah wah!

Beberapa di antaranya memang menuai kesuksesan, namun ada pula yang akhirnya kalah saing dengan serial TV bertema serupa yang tayang dalam waktu bersamaan.

Berikut ini adalah serial TV Hollywood dengan biaya produksi besar per episodenya. Dirilis brilio.net dari emgn, Senin (5/9), berikut film-film serial tersebut.

1. Terra Nova - USD 4 juta (Rp 52 miliar).

Loading...

serial cost  © 2016 brilio.net

Stasiun TV Fox meminta 13 episode untuk serial ini. Karena biaya untuk film sains-fiksi ini dinilai terlalu mahal, maka dicukupkan selesai satu musim saja.

2. Deadwood - USD 4,5 juta (Rp 59 miliar).

serial cost  © 2016 brilio.net

Budget besar ini sebanding dengan perolehannya, karena nyatanya serial yang tayang dalam rentang 2004-2006 ini dicintai khalayak.  

3. Broadwalk Empire - USD 5 juta (Rp 65 miliar).

serial cost  © 2016 brilio.net

Biaya banyak dihabiskan untuk membayar gangster. Namun pencapaiannya dikabarkan sebanding. Per episodenya serial ini ditonton rata-rata 2 juta orang.

4. Frasier - USD 5,2 juta (Rp 68 miliar).

serial cost  © 2016 brilio.net

Serial 11 musim ini menghabiskan Rp 68 miliar per episodenya. Namun itu hnaya untuk season terakhir. Kabarnya, 30% dari biaya produksinya merupakan gaji untuk Kelsey Grammar.

5. Camelot - USD 7 juta (Rp 92 miliar).

serial cost  © 2016 brilio.net

Meski biayanya besar, namun perolehannya tidak sebanding. Pada waktu yang sama tayang pula serial bertema serupa, Game of Thrones yang lebih mampu menyihir pemirsa di seluruh dunia. Serial ini diputuskan hanya cukup 1 musim yang berisi 10 episode saja.

6. Marco Polo - USD 9 juta (Rp 118 miliar).

serial cost  © 2016 brilio.net

Pengeluaran terbesar untuk serial ini adalah kostum dan lokasi. Meskipun banyak kritik masuk dan rottentomatoes hanya memberi rating 24%, namun season 2 tetap dilanjutkan.

7. Friends - USD 10 juta (Rp 131 miliar).

serial cost  © 2016 brilio.net

Biaya sebesar ini hanya dikelurkan untuk last season. Masing-masing aktor mendapat bayaran dalam rentang USD 25 ribu (Rp 329 juta) - USD 1 juta (Rp 13 miliar) per episodenya.

8. Rome - USD 10 juta (Rp 131 miliar).

serial cost  © 2016 brilio.net

Serial ini tayang bersamaan dengan Deadwood di HBO yang juga berbudget tinggi. Setelah dua musim, serial ini dinyatakan tidak berlanjut.

9. Game of Thrones - USD 10 juta (Rp 131 miliar).

serial cost  © 2016 brilio.net

Biaya besar dikeluarkan untuk membuat naga terbang, ledakan di kepala, serta dekorasi pernikahan. Meskipun biaya besar, namun GoT menjadi salah satu serial yang paling banyak ditonton banyak orang di dunia sepanjang sejarah.

10. ER - USD 13 juta (Rp 171 miliar).

serial cost  © 2016 brilio.net

Ini merupakan Grey's Anatomy versi tahun 90an. Pada tahun pertama tayang, rata-rata penonton mencapai 19 juta per episode. TV show paling dinanti setelah Seinfeld. Biaya besar dikeluarkan untuk membayar George Clooney yang kala itu menjadi bintang film yang sedang naik daun.