Brilio.net - Inspirasi sebuah film memang bisa datang dari berbagai macam sumber. Ada yang murni fiksi, berasal dari novel dan bahkan banyak yang diangkat dari kisah nyata.

Tidak hanya film Hollywood saja, tapi banyak film Indonesia yang juga diangkat dari kisah nyata lho. Dikumpulkan brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (14/10), ini dia 10 film Indonesia yang diangkat dari kisah nyata:

1. Gie.

film indo nyata © 2016 brilio.net

Gie mengisahkan seorang tokoh bernama Soe Hok Gie, mahasiswa Universitas Indonesia yang dikenal sebagai demonstran dan pecinta alam. Film ini menggambarkan petualangan Soe Hok Gie mencapai tujuannya untuk menggulingkan rezim Sukarno, dan perubahan-perubahan dalam hidupnya setelah tujuan itu tercapai.

2. Soegija.

film indo nyata © 2016 brilio.net

Dengan mengangkat aspek kemanusiaan yang universal ketimbang menekankan aspek agama, film ini berkisah tentang uskup pribumi pertama di Hindia Belanda, Monsinyur Albertus Soegijapranata SJ. Dalam film ini diceritakan perannya dalam meringankan beban penderitaan rakyat di tengah kekacauan perang. Dia mencoba berperan di semua tingkat, baik politik lokal, nasional dan internasional.

3. Surat Kecil Untuk Tuhan.

film indo nyata © 2016 brilio.net

Film ini menceritakan tentang perjuangan seorang anak SMP bernama Keke yang menderita sakit kanker Rhabdomyosarcoma pertama di Indonesia. Walau akhirnya dirinya meninggal dunia, Keke membuktikan bahwa sakit tak menghalangi prestasinya di sekolah.

4. Habibie & Ainun.

film indo nyata © 2016 brilio.net

Film drama ini menceritakan bagaimana kisah cinta BJ Habibie dengan mendiang istrinya Hasri Ainun. Cinta mereka terbangun dalam perjalanan mewujudkan mimpi. Dinginnya salju Jerman, pengorbanan, rasa sakit, kesendirian serta godaan harta dan kuasa saat mereka kembali ke Indonesia mengiringi perjalanan kedua insan ini.

5. Sang Pencerah.

film indo nyata © 2016 brilio.net

Di film ini Lukman Sardi berperan sebagai K.H Ahmad Dahlan. Sang Pencerah mengungkapkan sosok pahlawan nasional itu dari sisi yang tidak banyak diketahui publik. Selain mendirikan organisasi Islam Muhammadiyah, lelaki tegas pendirian itu juga dimunculkan sebagai pembaharu Islam di Indonesia. Ia memperkenalkan wajah Islam yang modern, terbuka, serta rasional.

6. 3 Srikandi.

film indo nyata © 2016 brilio.net

Film tersebut berkisah tentang tiga atlet panahan wanita asal Indonesia yang berhasil meraih medali pertama di ajang Olimpiade. Film ini menceritakan perjuangan Nurfitriyana Saiman, Lilies Handayani dan Kusuma Wardhani yang dilatih oleh Donald Pandiangan untuk melaju ke Olimpiade yang akhirnya berbuah medali perak untuk Indonesia.

7. Rudy Habibie.

film indo nyata © 2016 brilio.net

Film yang merupakan sekuel dari film Habibie & Ainun ini menceritakan masa muda Bj Habibie semasa menempuh pendidikan di Jerman. Film ini juga menggambarkan kehidupan pribadi Habibie bersama kawan-kawan serta kisah cintanya dengan gadis Polandia, Ilona.

8. 99 Cahaya di Langit Eropa.

film indo nyata © 2016 brilio.net

Film ini diangkat dari kisah Hanum Salsabiela Rais, seorang jurnalis yang menemani suaminya menjalani kuliah S3 di Vienna. Film religi tersebut menunjukkan kebesaran dan jejak-jejak Islam di Eropa. Dibintangi oleh Acha Septriasa dan Abimana, film ini sukses dengan sekuel Part ke-2.

9. Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar.

film indo nyata © 2016 brilio.net

Film ini terinspirasi dari kisah Merry Riana, perempuan asal Indonesia yang berhasil meraih satu juta dollar pertamanya di Singapura pada usia 26 tahun. Selain menceritakan perjuangannya, film ini juga mengisahkan kisah cintanya dengan Alva yang diperankan oleh Dion Wiyoko.

10. Guru Bangsa Tjokroaminoto.

film indo nyata © 2016 brilio.net

Dilihat dari judulnya, kamu pasti bisa menebak bahwa film ini menceritakan tentang biografi tokoh nasional HOS Tjokroaminoto. Film tersebut disutradarai oleh Garin Nugroho dan diproduseri Christine Hakim serta dibintangi Reza Rahadian.