Brilio.net - Dunia perfilman Indonesia terus berkembang pesat dan berkualitas. Sepanjang tahun 2019 bioskop Tanah Air dihiasi oleh berbagai genre yang bisa kamu nikmati. Mulai dari genre action, horor, romantis, komedi, sampai sejarah, dan genre lainnya. Para sineas lokal membuat cerita yang menarik dan beragam sehingga sukses menggaet jutaan penonton.

Cerita-cerita yang kamu banget dan kandungan pesan moral yang bisa dijadikan pedoman hidup membuat tak ada sesal setelah menonton. Tidak hanya itu, film-film Indonesia juga sudah semakin andal dalam penggunaan visual effect (VFX). Hasil VFX yang epik membuat kita terperangah dan semakin mengapresiasi karya yang dihasilkan.

Sudah tidak terhitung lagi jumlah film Indonesia yang tayang di layar lebar sepanjang tahun 2019, tentunya dengan jumlah penonton yang bombastis. Berikut 10 film Indonesia tahun 2019 dengan jumlah penonton terbanyak, layak untuk kamu tonton, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (25/12).


1. Dilan 1991.

foto: Instagram/@_maxpictures



Film ini diangkat dari trilogi Dilan karya Pidi Baiq yang dibintangi oleh Iqbaal Ramadhan dan Vanesha Priscilla menjadi yang paling banyak ditonton di 2019 ini. Sebanyak 5.253.411 orang menyaksikan kisah cinta Dilan dan Milea.

Meski tidak bisa menyaingi sekuel pertamanya yaitu Dilan 1990 dengan 6,2 juta penonton, namun film ini tetap menjadi film nomor satu dengan kisah yang akan selalu membekas di hatimu. Tidak menutup kemungkinan jika sekuel terakhir yang digadang-gadangkan akan tayang pada 2020 mendatang juga bisa menempati posisi pertama.


2. Dua Garis Biru.

Loading...

foto: Instagram/@starvisionplus



Debut sebagai sutradara, Gina S Noer berhasil menyilaukan mata banyak orang lewat Dua Garis Biru. Selama tayang di bioskop film ini ditonton oleh 2.538.473 pasang mata.

Diperankan oleh Adhisty Zara dan Angga Aldy Yunanda film ini mengangkat kisah remaja dan problematika hamil di luar nikah yang masih dianggap tabu oleh kebanyakan masyarakat Indonesia. Bahkan sebelum penayangannya, banyak yang mengajukan petisi untuk tidak menayangkan film tersebut di bioskop. Menempati posisi kedua, Dua Garis Biru juga memperoleh penghargaan di berbagai ajang festival film.


3. Danur 3: Sunyaruri.

foto: Instagram/@danurmovie



Tidak seperti dua film sebelumnya yang bergenre romantis, di posisi ketiga ada Danur 3: Sunyaruri dengan genre horornya yang sukses memicu adrenalin 2.405.523 orang.

Film yang diperankan oleh Prilly Latuconsina ini merupakan prekuel dari dua film sebelumnya, Danur dan Danur 2: Maddah. Ketiga film yang diadaptasi dari novel Risa Saraswati ini memang selalu meraih jutaan penonton.

2 dari 3 halaman


4. Perempuan Tanah Jahanam.

foto: Instagram/@jokoanwar



Genre film garapan Joko Anwar ini merupakan genre yang masih jarang digarap oleh sineas Tanah Air, yaitu horor-thriller. Film yang sebelumnya berjudul Impetigore ini mampu menarik 1.795.068 orang datang ke bioskop.

Diperankan oleh Tara Basro, Ario Bayu, Christine Hakim, dan Asmara Abigail, film yang sudah lama didambakan Joko Anwar untuk diangkat ke layar lebar mendapat rating tinggi dari para kritikus lokal.


5. Keluarga Cemara.

foto: Instagram/@nirinazubir_



Film yang diperankan oleh Ringgo Agus Rahman, Nirina Zubir, Zara JKT48, dan Widuri Puteri ditonton oleh 1.726.570 orang. Film produksi Visinema Pictures yang tayang di awal tahun 2019 menjadi tontonan yang edukatif dan menarik bagi keluarga. Mengisahkan tentang perputaran roda kehidupan yang tak terduga sukses membuat penonton terharu.


6. Gundala.

foto: Instagram/@gundalaofficial


 
Film pahlawan super neo-noir Indonesia ini mendapat apresiasi penuh dari para penonton. Terbukti dengan 1.699.433 orang datang ke biskop untuk menyaksikan aksi si pahlawan super.

Diperankan oleh Abimana Aryasatya, film yang berdasarkan pada cerita karakter pahlawan super Indonesia tahun 1969 Gundala yang dibuat oleh Harya Suraminata menjadi awal dari Jagat Sinema Bumilangit (JSB).

3 dari 3 halaman



7. Bumi Manusia.

foto: Instagram/@iqbaal.e



Iqbaal Ramadhan beradu akting dengan Mawar Eva de Jongh memerankan karakter utama dalam film yang diangkat dari novel roman karya penulis legendaris Pramoedya Ananta Toer.

Disaksikan sebanyak 1.316.583 penonton, Bumi Manusia yang digarap oleh Hanung Bramantyo menampilkan efek-efek visual yang bagus pada era kolonialisme. Kisah cinta yang tidak biasa juga membuat kamu semakin larut dalam cerita.


8. Preman Pensiun.

foto: Intagram/@film_premanpensiun



Sukses dalam dunia persinetronan Indonesia, MNC Pictures membawa Preman Pensiun ke layar lebar. Menggaet sebanyak 1.147.469 penonton, film ini juga mendapat beberapa penghargaan.

Film yang diarahkan oleh Aris Nugraha dan dibintangi oleh Epy Kusnandar, Tya Arifin, dan Soraya Rasyid mengisahkan Kang Mus dan teman-temannya pasca komplotan premannya bubar.


9. Orang Kaya Baru.

foto: Instagram/@cgv.id



Ditonton oleh 1.118.738 penonton, film yang mengisahkan tentang keluarga yang mendadak menjadi kaya raya ini dibintangi oleh artis papan atas, Raline Shah, Lukman Sardi, Cut Mini, Derby Romero, dan Refal Hardy merupakan film keluarga yang bergenre komedi. Kelucuan dan keluguan masing-masing karakter sukses membuat penonton terkekeh.


10. Ghost Writer.

foto: Instagram/@ghost.writer.movie



Ada ghost writer yang menempati posisi ke sepuluh. Berbeda dengan genre horor yang lain, ghost writer merupakan film horor yang dibungkus dengan kekocakan. Film garapan Bene Dion dibintangi oleh artis-artis ternama yaitu, Tatjana Saphira, Ge Pamungkas, Deva Mahenra, Ernest Prakasa, Asmara Abigail, dan Muhadkly Acho. Film yang tayang pada pertengahan 2019 ini disaksikan oleh 1.116.676 penonton.



Reporter: Hameda Rachma