Brilio.net - Film India atau kerap disebut dengan film Bollywood memang cukup populer. Kesuksesan film India ditandai dengan antusias para penggemar di kancah mancanegara, tak terkecuali di Indonesia. Film India bahkan pernah hits dan sering ditayangkan di televisi Indonesia.

Tak selalu bergenre romantis, film India juga banyak menghadirkan tema-tema cerita yang segar dan menarik. Salah satu yang populer adalah drama tentang kerajaan.

Dahulu, India memang pernah berbasis kerajaan. Mulai dari kekaisaran Gupta, Maurya, hingga Mughal. Kisah-kisah tokoh berpengaruh hingga para penguasa kerajaan itu ada yang tercacat dalam sejarah dan ada pula yang berasal dari susastra Hindhu.

Tidak hanya kisah-kisah yang menarik, film India bertema kerajaan juga semakin berkembang berkat tata artistik dan teknologi CGI yang canggih. Dengan demikian, penonton seperti dibawa melihat peradaban India kuno yang klasik namun tetap seru.

Nah, jika kamu tertarik untuk menyaksikan film-film tersebut, berikut sepuluh film India bertema kerajaan yang telah dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (15/1).


1. Asoka.

Film India Bertema Kerajaan © 2020 brilio.net

foto: imdb.com



Dibintangi Shah Rukh Khan dan Kareena Kapoor, film ini berpusat cerita pada karakter bernama Asoka. Dalam sejarah, Asoka adalah raja yang paling berkuasa di India. Namun secara khusus, film ini menggambarkan Asoka muda yang diasingkan untuk menghindari konflik internal kerajaan. Selama di pengasingan, Asoka jatuh cinta pada gadis bernama Kausaki.

Setelah Asoka kembali dari kerajaan, ia berniat untuk datang mencarinya Kausaki. Namun Kausaki secara tiba-tiba telah telah menghilang. Asoka yang murka karena mengira kekasihnya telah meninggal, akhirnya berperang dan menaklukkan banyak wilayah. Menariknya, Asoka justru berhadapan dengan pasukan yang ternyata dipimpin oleh Kausaki.


2. Jodha Akbar.

Film India Bertema Kerajaan © 2020 brilio.net

foto: imdb.com



Kisah cinta di balik berdirinya Taj Mahal memang sudah sangat populer. Jika kamu tertarik untuk menyaksikan gambaran dari kisah cinta legendaris tersebut, Film Jodha Akbar tak boleh dilewatkan.  

Film yang dibintangi oleh Hrithik Roshan dan Aishwarya ini mengisahkan tentang pernikahan Putri Jodha dan Jalaluddin Akbar. Meski bermula dari pernikahan politik, Akbar dikisahkan sangat menghormati Jodha. Ia bahkan mengizinkan Jodha tetap bertahan pada keyakinannya meski Mughal adalah kerajaan Islam.

Kehadiran Jodha juga ditentang oleh Maham Anga, pengasuh Akbar saat kecil. Sempat bersitegang dan lama berkonflik, Jodha pada akhirnya berhasil memenangkan hati Akbar. Dibanding semua istrinya, Jodha disebutkan dalam sejarah sebagai istri yang paling dicintai oleh Akbar.


3. Baahubali: The Beginning.

Film India Bertema Kerajaan © 2020 brilio.net

foto: imdb.com



Berhasil menjadi film box office, Baahubali: The Beginning mengisahkan tentang tokoh bernama Shiva. Karakter Shiva digambarkan sebagai orang yang selalu ingin tahu, kuat, dan tangguh.

Sebenarnya Shiva adalah pewaris kerajaan Mahishmathi, namun tidak ada yang mengetahui hal itu. Seakan diarahkan oleh takdir, Shiva jatuh cinta pada gadis bernama Avanthika yang ternyata membawanya ke Mahishmathi.

Selain kisahnya yang menarik, film Baahubali juga menghadirkan efek CGI yang mumpuni, sehingga setiap lokasi dan suasana nya pun tampak nyata.


4. Baahubali: The Conclusion.

Film India Bertema Kerajaan © 2020 brilio.net

foto: imdb.com



Sukses dengan film pertamanya yang tayang pada 2015, film Baahubali: The Conclusion dirilis pada tahun 2017. Pada film keduanya, Shiva telah mengetahui banyak kebenaran. Misalnya kenyataan bahwa ayah kandunganya, Mahendra Baahubali sebenarnya telah dibunuh dan ia lah pewaris sah kerajaan Mahishmathi.

Mengetahui hal itu, Shiva pun mengumpulkan kaum pemberontak untuk merebut kembali kerajaan yang sudah menjadi haknya. Scene-scene peperangan dalam film ini cukup menegangkan dan seru lho.


5. Bajirao Mastani.

Film India Bertema Kerajaan © 2020 brilio.net

foto: imdb.com



Berpusat cerita pada Bajirao, seorang perdana menteri yang menyelamatkan kerajaan kecil milik Mastani. Ia menikahi Mastani meski sudah memiliki seorang istri bernama Kashibai.

Tak hanya itu, Mastani juga menerima penolakan dari keluarga Bajirao karena masalah agama dan budaya yang berbeda. Film ini dibintangi oleh aktor dan aktris ternama di India, yakni Ranveer Singh, Deepika Padukone, dan Prinyanka Chopra.


6. Padmavat.

Film India Bertema Kerajaan © 2020 brilio.net

foto: imdb.com



Rilis pada tahun 2018, Film Padmavat berpusat cerita pada karakter bernama Padmavati atau Rani Padmini. Ia adalah seorang ratu yang dinikahi oleh Raja dari kerajaan Mewar, bernama Ratan Singh.

Namun karena kecantikan Padmavati, ada sosok pengganggu, bernama Sultan Alauddin Khilji yang berusaha mendapatkan Padmavati dengan menghalalkan segala cara.


7. Manikarnika: The Queen of Jhansi.

Film India Bertema Kerajaan © 2020 brilio.net

foto: imdb.com



Film Manikarnika: The Queen of Jhansi diadaptasi dari kisah nyata Rani Lakhsimibai. Ia menikah dengan Raja dari Jhansi, bernama Ganghador Rao.

Dalam sejarah, Rani Lakhsimibai adalah sosok yang dikenal sebagai wanita pemberani yang mampu membangkitkan semangat rakyat India untuk menghadapi penjajah dari Inggris. Film ini dibintangi oleh Ranaut, Atul Kurkani, Jisshu Sengupta, dan Suresh Oberoi.


8. Rudhramadevi.

Film India Bertema Kerajaan © 2020 brilio.net

foto: imdb.com



Rudhramadevi merupakan penguasa terkenal di masa dinasti Kakatiya. Dalam sejarah, ia juga dikenal sebagai salah satu ratu yang mahsyur dan berkuasa atas banyak wilayah.

Film ini disutradarai oleh Gunasekhar dan menghadirkan Anushka Shetty sebagai peran utama.


9. Veer.

Film India Bertema Kerajaan © 2020 brilio.net

foto: dvd.netflix.com



Dibintangi Salman Khan, film Veer mengisahkan tentang Veer Pratap Singh, seorang pangeran sekaligus prajurit tangguh.

Veer dikisahkan memimpin gerakan Pindaris dan berusaha membebaskan kerajaan yang kala itu direbut oleh Inggris. Tak berjalan mulus, Veer juga dianggap ancaman oleh Gyanendra.


10. Mohenjo Daro.

Film India Bertema Kerajaan © 2020 brilio.net

foto: imdb.com



Terinspirasi dari kisah peradaban sungai Mohenjo Daro, film ini berpusat pada tokoh Sarman. Ia adalah seorang pedagang yang jatuh cinta pada Chaani, simbol keberkahan Dewi Sungai.

Karena telah lama berada di Mohenjo Daro, ia menyadari bahwa ada perlakuan tidak adil yang terjadi di sana. Film ini semakin menarik karena dibintangi oleh Hrithik Roshan dan Pooja Hedge.


Reporter: Deta Jauda Najmah