Brilio.net - Drama dan film Korea yang kita jumpai seringkali memiliki cerita yang bertajuk percintaan. Namun ada juga yang menceritakan tentang sejarah, keluarga, politik, perebutan harta dan kekuasaan. Kita dibuat terkagum-kagum dengan cerita yang diproduksi para kreator dari Negeri Ginseng tersebut.

Ternyata di balik kesuksesan drama dan film garapan mereka, ada juga yang dibuat dari kisah nyata yang belum lama terjadi. Berikut brilio.net himpun dari dramafever.com, Senin (14/11), 10 film dan drama seri Korea yang mengambil cerita dari kisah nyata.

1. Miss Ripley (2011)

drama film Korea kisah nyata © 2016 dramafever.com

Loading...

Terinspirasi dari novel Patricia Highsmith "The Talented Mr Ripley", drama ini dibintangi Lee Da-hae dan Park Yoo-chun. Drama ini bercerita tentang seorang yatim piatu yang lolos dari germonya di Jepang. Sosokj yatim piatu ini kemudian lulus dari Tokyo University. Cerita terinspirasi oleh kehidupan nyata seorang profesor di Universitas Dongguk dan kepala kurator seni di Sungkok Art Museum.

2. My Wife’s Having an Affair This Week (2016)

drama film Korea kisah nyata © 2016 dramafever.com

Serial televisi ini terinspirasi dari curhatan seorang lelaki di sebuah forum online dengan judul “My wife is having an affair this week: What should I do?”. Cerita tersebut menjadi viral dan kemudian menarik perhatian produser untuk membuat drama serinya. Lee Sun-gyun dan Song Ji-hyo menjadi pemerannya. Serial ini juga remake dari serial televisi Jepang tahun 2007.

3. The Chaser (2008)

drama film Korea kisah nyata © 2016 dramafever.com

Film thriller ini dibintangi oleh Ha Jung-woo. Berperan sebagai pembunuh berantai yang sedang dikejar oleh polisi, karakter Jung-woo sebenarnya didasarkan pada kehidupan nyata seorang pembunuh berantai yang menjadikan perempuan sebagai target sasarannya hingga akhirnya berhasil ditangkap oleh polisi.

Yang menarik dari kisah ini adalah dalam kehidupan nyata petugas memang telah berhasil menangkap pembunuh itu namun melepaskannya setelah tidak mendapat bukti yang kuat dan mengira dia hanya seorang pencuri biasa.

4. Silenced (2011)

drama film Korea kisah nyata © 2016 dramafever.com

Film yang dibintangi Gong-yoo ini awalnya berjudul "The Crucible". Film ini bercerita tentang kehidupan nyata sebuah sekolah khusus untuk cacat pendengaran, di mana siswanya diduga menjadi korban kekerasan selama bertahun-tahun sebelum diketahui oleh seorang guru baru.

Anehnya, ketika kasusnya dibawa ke pengadilan untuk pertama kalinya, tidak ada orang yang benar-benar tertarik dengan kasus tersebut. Tapi ketika Gong-yoo yang sedang melakukan wajib militer membaca sebuah novel dan ingin membuatnya menjadi film, media dan publik baru tertarik. Sekolah tersebut akhirnya ditutup dan orang-orang yang terlibat dengan kasus itu diadili.

5. Bachelor’s Vegetable Store (2012)

drama film Korea kisah nyata © 2016 dramafever.com

Drama yang diproduksi tahun 2012 lalu ini dibintangi oleh Ji Chang-wook dan Wang Ji-hye. Drama ini didasarkan pada kisah nyata yang sangat inspiratif dari Lee Young-suk, seorang pria yang awalnya membuka toko kecil yang menjual sayuran pada tahun 1998 dan mengubahnya menjadi sebuah waralaba nasional dengan 33 cabang.

6. Cart (2014)

drama film Korea kisah nyata © 2016 dramafever.com

Film ini bercerita tentang insiden pemecatan besar-besaran yang dilakukan oleh seorang konglomerat pemilik sebuah toko besar yang terjadi pada tahun 2007. Para karyawan kontrak yang dipecat tersebut kebanyakan wanita, kemudian mengadakan demo selama 512 hari.

Film ini dibintangi oleh aktris Yum Jung Ah, Moon Jung Hee, Kim Young Ae yang berperan sebagai tiga karyawan yang dipecat berusaha mencari keadilan.

7. Awl (2015)

drama film Korea kisah nyata © 2016 dramafever.com

Mengambil ide dari kejadian yang sama dengan film Cart, drama Awl justru mengambil sudut pandang yang berbeda. Drama ini bercerita tentang perjuangan Lee Soo-in, yang diperankan oleh aktor Ji Hyun-woo, seorang karyawan di toko retail yang diperintahkan untuk memecat pekerja yang berstatus kontrak. Alih-alih mendengarkan bosnya, mantan militer itu justru ikut bersatu dengan serikat pekerja untuk melawan pemecatan yang tidak adil.

8. As One (2012)

drama film Korea kisah nyata © 2016 dramafever.com

As One adalah film drama olahraga Korea Selatan yang dibintangi Ha Ji-won dan Bae Doona. Film ini berdasarkan kisah unifikasi Korea pasca perang di bidang olahraga. Terbukti tim kolaborasi atlet Korea Selatan dan Korea Utara ini berhasil merebut emas di Kejuaraan Dunia Tenis Meja di Chiba, Jepang pada 1991.

9. Way Back Home (2013)

drama film Korea kisah nyata © 2016 dramafever.com

Sebuah film yang berkisah tentang akibat dari rentenir dan penyelundupan yang dirasakan oleh kalangan menengah ke bawah. Dalam film ini Jun Do yeon berperan sebagai Jeong Yeon, seorang ibu rumah tangga biasa yang dipenjarakan di Martinique, Prancis selama dua tahun setelah dituduh melakukan penyelundupan narkoba di bandara Paris.

Film ini berdasarkan kejadian nyata yang terjadi pada akhir 2004. Bercerita tentang perjuangan perempuan di penjara dan akhirnya berhasil kembali ke Korea Selatan. Film ini membawa banyak orang untuk berdiskusi tentang kelalaian yang terjadi di Kementerian Luar Negeri atas ketidakmampuan mereka untuk membela warganya di luar negeri.

10. Where the Truth Lies (2009)

drama film Korea kisah nyata © 2016 dramafever.com

Film ini awalnya berjudul "Burger King Murder". Melihat judulnya kamu mungkin cenderung menganggap film ini bertema komedi. Namun, film justru terinspirasi dari insiden nyata dan tragis, di mana seorang mahasiswa ditikam hingga meninggal di toilet Burger King di Itaewon, Seoul pada tahun 1997.

Karena bukti yang tidak jelas dan kesalahan jaksa, kedua tersangka dalam kasus tersebut dibebaskan. Film ini dibintangi oleh Jung Jin-young.