Brilio.net - Nggak cuma drama romantis aja yang terkenal di perfilman Korea, namun film dengan genre horor pun nggak pernah sepi lho dari para penonton. Film horor-thriller asal Korea juga nggak kalah seram dengan film-film produksi negara tetangganya seperti Jepang atau film Thailand.

Memang, sejak boomingnya J-Horror pada awal 2000an, film horor di kawasan Asia seringkali dibanding-bandingkan dengan film Jepang. Apalagi dengan kemunculan Ringu atau The Grunge versi Hollywood yang membuat minat kepada film horor dari Asia semakin meningkat.

Hingga pada tahun ini, film The Wailing asal Korea tampil di Festival Cannes dan Train to Busan yang berhasil menembus Box Office dan mendapat apresiasi dari kritikus film, yang membuktikan bahwa film horor-thriller Korea juga nggak kalah dari Jepang.

Dilansir dari berbagai sumber, kali ini brilio.net bakal rekomendasikan ke kalian 6 film dengan genre horor-thriller asal negeri ginseng ini. Apa aja? Yuk simak di bawah ini ya!

1. The Wailing (2016)

Loading...

k-movie horror © 2016 brilio.net

Film ini merupakan karya terbaru dari Na Hong-jin dan dibintangi oleh aktor dan aktris yang mumpuni di perfilman Korea seperti Kwak Do-won, Hwang Jung-min dan Chun Woo-hee serta aktor asal Jepang Jun Kunimura.

The Wailing menceritakan tentang kejadian misterius disuatu desa terpencil di daerah pegunungan Korea Selatan, dimana seluruh penduduk desa saling mengenal satu sama lain dan rukun. Namun di suatu hari suatu kejadian misterius terjadi, semua berawal dari kedatangan seorang pria kewarganegaraan Jepang yang senang hidup menyendiri.

Setelah kedatangannya sebuah penyakit misterius menyebar dan rumor yang berkembang bahwa pria Jepang itulah yang menjadi penyebabnya. Walaupun sempat lepas dari tuduhan, fakta seolah terelakan dan semua berubah mengerikan setelah satu demi satu warga terbunuh secara brutal dan berubah menjadi kasus pembunuhan berantai yang mengerikan. Penduduk menduga bahwa ini bukan hanya kasus biasa namun ada unsur arwah jahat yang mengancam keselamatan warga desa.

Na Hong-jin menggabungkan unsur horor-thriller dalam film ini dengan menunjukkan adanya exorsism, shamanism, dan zombie serta gore. Banyak ketegangan-ketegangan yang terjadi dan suasana mencekam. Rugi banget kalau kamu belum nonton! Berikut di bawah ini teasernya.

2. I Saw the Devil (2006)

k-movie horror © 2016 brilio.net

I Saw The Devil adalah film karya Kim Ji-woon dan dibintangi oleh aktor kawakan Choi Min-sik dan Lee Byung-hun. Film yang dipenuhi dengan adegan brutal nan sadis ini sempat harus memotong banyak adegannya demi bisa lolos sensor dan bisa tayang di bioskop negaranya. Bagi yang tidak terbiasa dengan genre horor yang dipenuhi dengan adegan gore, sebaiknya kamu nggak usah memaksakan diri menontonnya.

Bertemakan pembalasan dendam, premis I Saw The Devil mungkin terdengar cukup standar. Namun di tangan Kim Ji-Woon, I Saw The Devil berubah dari sekedar film gore yang brutal dan penuh darah, menjadi film sadis dengan sentuhan artistik yang stylish. Adegan kejar-kejaran ala anjing-kucing namun dalam versi sadis yang pasti membuat kamu susah duduk manis kalau menyaksikannya.

3. The Tale of Two Sisters (2003)

k-movie horror © 2016 brilio.net

Film ini nggak kalah menyeramkan dari film sebelumnya. The Tale of Two Sisters, seperti judulnya, film ini menceritakan kisah dua saudara perempuan yang tragis. Dimulai dengan cerita seorang gadis kecil bernama Soo-mi (Lim Su-jeong) yang harus dirawat di rumah sakit jiwa karena dia mengalami syok berat.

Tak lama setelah itu Soo-mi dinyatakan sembuh dan bisa pulang kembali ke tempat ayah dan ibu tirinya serta bisa kembali bertemu dengan sang adik, Soo-yeon (Moon Geun-young) .

Cerita keluarga sederhana ini dijamin berhasil membuat penonton kalut serta takut melihat penampakan-penampakan yang muncul di film ini, bagi kamu yang belum sempat menontonnya, jadikan film ini agenda nonton kamu.

4. Four Horror Tales: Roomates (2006)

k-movie horror © 2016 brilio.net

Four Horror Tales: Roomates merupakan film ke-3 dari 4 seri film horor dengan 4 sutradara yang berbeda tetapi 1 produser yang sama, yaitu Ahn Byeong-ki.

Film ini menceritakan tentang kisah 4 wanita yang baru aja memasuki awal masa kuliah dan hidup dalam satu kamar asrama. Tempat dimana mereka beradaptasi dengan lingkungan baru dan aturan-aturan asrama yang mengikat serta perbedaan kepribadian diantara keempat wanita tersebut membuat mereka sulit menyatu walaupun sebagai teman satu kamar.

Ketegangan pun mulai bertambah saat salah satu dari mereka, Yoo-jin yang dianggap paling sulit bersosialisasi mulai mendapat penglihatan misterius mengenai apa yang pernah terjadi di kampus mereka. Sejak saat itu Yoo-jin hidup dalam ketakutan, begitu pula dengan ke-3 wanita lainnya.

5. Wishing Stairs (2003)

k-movie horror © 2016 brilio.net

Di film ini, dua gadis remaja bernama Jin-seong (Song Ji-hyo) dan Sohee (Park Han-byeol) yang telah bersahabat lama di sebuah sekolahan seni khusus wanita saling bersaing karena mereka berdua harus memperebutkan satu tempat dalam kompetisi balet di Norwegia.

Di sekolah seni tersebut ada sebuah legenda, di mana siapapun yang saat menaiki tangga yang jumlahnya 28 anak tangga, tetapi dia menemukan anak tangga yang ke-29 maka dia akan ditemui oleh sebuah bayangan misterius yang akan mengabulkan semua permintaanya.

Mengetahui hal ini, demi kompetisi ballet, Jin-seong dengan sengaja mencari anak tangga ke-29 dan dia benar-benar menemui bayangan misterius, disitu dia meminta agar berhasil mengalahkan Sohee dalam perebutan tempat tunggal untuk kompetisi ballet.

Jin-seong berhasil, di sisi lain dia tak mengetahui konsekuensi permintaannya tersebut. Setelah itu Sohee meninggal secara misterius. Cerita tidak berhenti sampai disitu karena kejadian-kejadian aneh lainnya terus berlanjut.

6. The Priests (2015)

k-movie horror © 2016 brilio.net

Film yang dibintangi oleh Kang Dong-won, Kim Yun-seok dan Park So-dam. Menceritakan tentang seorang gadis yang dirasuki oleh arwah misterius. Dan seperti judulnya, The Priest atau sang pendeta dan sang Deaecon Choi (Kang Dong-won) berusaha menyelamatkan gadis tersebut dengan meng-exorsisnya. Namun apa daya ternyata hal tersebut justru membawa mereka ke sebuah permasalahan yang lebih serius.

Nah gimana nih Sobat Brilio, udah siap merasakan suasana seram dengan nonton film horror-thriller khas asli Korea di atas?

k-movie horror © 2016 brilio.net