Brilio.net - Drama Korea memang nggak pernah gagal dalam menarik perhatian publik. Memasuki minggu ketiga Januari, beberapa drama Korea yang tayang November-Desember lalu masih menjadi perbincangan hangat para penggemar K-Drama.

Good Data Corporation, sebuah lembaga yang rutin merilis ranking mingguan untuk drama dan aktor serial TV paling populer akhirnya mengeluarkan daftar drama populer dan berpengaruh di Korea untuk minggu ini. Data tersebut dirilis berdasarkan banyaknya orang yang membicarakan drama tersebut di media sosial, blog, website dan pemberitaan di media.

Drama-drama yang sukses mengaduk perasaaan penonton masuk dalam jajaran drama Korea paling populer untuk minggu ini. Memories of the Alhambra dan Encounter menempati urutan ketiga dan keempat dalam 10 drama Korea terpopuler dan berpengaruh di Korea.

Penasaran drama Korea apa yang menduduki peringkat pertama sebagai K-Drama populer dan berpengaruh? Dilansir brilio.net dari Good Data Corporation, Jumat (18/1), berikut 10 drama Korea paling populer dan berpengaruh di Korea. Coba tebak drama apa yang ada di peringkat pertama?

1. Sky Castle

K-drama populer Januari  © 2019 brilio.net

foto: Asianwiki


Meskipun nggak tayang di TV publik, kepopuleran Sky Castle justru mengalahkan drama-drama yang tayang di KBS dan SBS. Menjadi perbincangan hangat di dunia maya selama berminggu-minggu, drama yang tayang di JTBC ini berhasil menduduki peringkat pertama sebagai drama populer dan berpengaruh di Korea selama empat minggu berturut-turut versi Good Data Coorporation.

Ceritanya semakin menarik karena mengangkat persaingan para orangtua dari kalangan elit agar anaknya bisa masuk universitas bergengsi. Sky Castle pun sukses memecahkan rekor perolehan rating tertinggi untuk saluran TV kabel. Dibintangi Yum Jung-ah, Lee Tae-ran dan Yoon Se-ah, Sky Castle berhasil menembus rating 19,2 persen pada episode 16.

2. The Last Empress

K-drama populer Januari  © 2019 brilio.net

foto: Asianwiki


Sempat menuai kritikan lantaran ceritanya yang terlalu rumit dan vulgar pada awal penayangan, The Last Empress kini menjadi salah drama Korea paling ditunggu di setiap minggunya.

Kisah mengenai perselingkuhan, konspirasi, cinta, keserakahan, dan balas dendam yang melibatkan Oh Sunny (Jang Nara), Lee Hyuk (Shin Sung-rok), Na Wang-sik (Choi Jin-hyuk) dan Min Yoo-ra (Lee Elijah) kini semakin menarik untuk diikuti.

Rating drama yang tayang di SBS ini pun nggak pernah kurang dari angka 15,7 persen. Nggak salah kalau drama dengan jumlah 52 episode ini berada diurutan kedua sebagai drama populer dan berpengaruh.

3. Memories of The Alhambra

K-drama populer Januari  © 2019 brilio.net

foto:  Asianwiki


Menjelang minggu terakhir penayangannya, Memories of The Alhambra masih mempertahankan kepopularitasannya. Kisah cinta yang mulai terjalin antara Yoo Jin-woo (Hyun Bin) dan Jung Hee-joo (Park Shin-hye) menjadi salah satu yang paling menarik perhatian publik. Nggak salah kalau drama ini menduduki peringkat ketiga sebagai drama populer dan berpengaruh.

4. Encounter

K-drama populer Januari  © 2019 brilio.net

foto: Asianwiki


Setelah Memories of The Alhambra, satu lagi nih drama dari tvN yang masuk dalam lima besar drama Korea populer dan berpengaruh. Siapa lagi kalau bukan Encounter. Selain karena kisah cinta beda kasta, comeback-nya Song Hye-kyo setelah dua tahun vakum menjadi salah satu yang membuat Encounter banyak diperbincangkan.

Episode perdana drama yang dibintangi Park Bo-gum ini bahkan menjadi drama kedua tvN dengan rating tertinggi sepanjang sejarah. Nggak salah kalau Encounter kini ada di urutan keempat.

5. The Crowned Clown

K-drama populer Januari  © 2019 brilio.net

foto: Asianwiki


Tiga drama milik tvN berhasil merebut peringkat ketiga hingga kelima dalam urutan 10 drama Korea populer dan berpengaruh untuk minggu ini. Setelah Memories of The Alhambra dan Encounter, kini giliran The Crowned Clown yang masuk dalam daftar.

Baru tayang perdana pada 7 Januari 2019 lalu, The Crowned Clown langsung mencuri perhatian publik. Selain karena ceritanya seru, The Crowned Clown juga menjadi drama yang menandai comeback aktor Yeo Jin-goo.

6. Liver or Die

K-drama populer Januari  © 2019 brilio.net

foto: Asianwiki


Di urutan keenam ada drama produksi KBS2 yang berjudul Liver or Die. Dibintangi Yoo Jun-sang dan Oh Ji-ho, Liver or Die bercerita tentang perjuangan seorang kakak yang merawat keempat adiknya serta perjuangannya mendukung keuangan keluarga. Memiliki jalan cerita tentang cinta keluarga, Liver or Die menjadi drama sukses mengungguli tiga drama KBS2 lainnya.

7. My Lawyer, Mr. Joe 2: Crime and Punishment

K-drama populer Januari  © 2019 brilio.net

foto: Asianwiki


Meskipun nggak terlalu populer di Indonesia, My Lawyer, Mr. Joe 2: Crime and Punishment menjadi drama populer dan paling berpengaruh di Korea Selatan. Hal tersebut dibuktikan lewat data Good Data Coorporation yang menempatkan drama produksi KBS2 ini diperingkat ketujuh sebagai drama populer dan berpengaruh.

8. My Only One

K-drama populer Januari  © 2019 brilio.net

foto: Asianwiki


My Only One adalah salah satu drama keluarga yang tayang di KBS2 yang sukses mencuri perhatian publik. Sejak tayang perdana pada 15 September 2018 lalu, drama yang dibintangi Choi Soo-jong dan Uee ini selalu menorehkan rating tinggi dalam setiap episode. Jalan cerita yang dekat dengan kehidupan sehari-hari, serta kisah Kim Do-ran (Uee) yang belum pernah bertemu dengan ayahnya selama 28 tahun menjadi daya tarik drama produksi KBS2 ini.

Tayang setiap Sabtu-Minggu, My Only One selalu mempertahankan rating dua digitnya. Meskipun berjumlah 100 episode, namun publik nggak pernah dibuat bosen untuk mengikuti perjuangan Kim Do-ran. Akting Uee pun mampu membuat My Only One berada di urutan kedelapan sebagai drama populer dan berpengaruh.

9. God's Quiz: Reboot

K-drama populer Januari  © 2019 brilio.net

K-drama populer Januari  © 2019 brilio.net

foto: Asianwiki


God's Quiz: Reboot adalah drama produksi ulang milik OCN dari judul sama. Drama God Quiz sendiri merupakan drama medical yang sudah diproduksi empat season yang tayang dari 2010 hingga 2014 lalu. Kesuksesan yang sudah diraih God's Quiz sebelumnya kembali menghampiri drama yang tayang setiap hari Rabu dan Kamis.

Meskipun penayangan sudah berakhir pada 10 Januari 2019 lalu, namun God's Quiz masih menjadi perbincangan hingga saat ini. Nggak salah kalau drama yang dimainkan Ryu Deok-hwan dan Yoon Joo-hee ini menempati peringkat kesembilan.
 
10. My Strange Hero

K-drama populer Januari  © 2019 brilio.net

foto: Asianwiki


Mengisi persaingan drama bergenre komedi romantis di bulan Desember, My Strange Hero langsung mencuri perhatian publik lewat perjalanan cinta antara Kang Bok-su (Yoo Seung-ho) dan Son Soo-jeong (Jo Bo-ah) yang bikin baper.

Tayang di saluran tv SBS, My Strange Hero berhasil menempati peringkat ke-10 sebagai drama populer dan berpengaruh di Korea versi Good Data Coorporation.