Brilio.net -  Seperti yang kita tahu, di Korea Selatan drama Korea disiarkan melalui dua saluran TV. Yup, drama Korea ditayangkan melalui TV kabel (channel yang berbayar) dan TV nasional (channel publik). TV kabel di Korea Selatan meliputi channel-channel seperti tvN, JTBC, dan OCN. Sedangkan channel publik di antaranya meliputi tiga stasiun besar seperti KBS, SBS, dan MBC.

Drama Korea (drakor) yang ditayangkan TV kabel maupun TV nasional pun sama bagusnya. Contoh drakor TV kabel yang hits antara lain Goblin, Cheese in the Trap, Reply 1988. Sedangkan drakor yang ditayangkan melalui TV nasional beberapa di antaranya ada Boys Before Flowers, Full House, The Heirs. Sama-sama bagusnya bukan?

Meskipun drama Korea yang disiarkan melalui TV kabel sangatlah populer, drama Korea yang memiliki rating tertinggi sepanjang masa hampir semuanya berasal dari channel publik. Hal ini karena channel publik dapat dinikmati oleh siapa saja, sedangkan untuk menikmati drama Korea di TV kabel para penontonnya harus dikenakan biaya.

Berikut adalah daftar 10 drama Korea di channel publik dengan rating tertinggi sejak tahun 2000 yang wajib kamu tonton, seperti brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Selasa (5/5).

1. Hur Jun.

drakor rating tertinggi sejak tahun 2000an Twitter

foto: Twitter/@7zxyfh

Drama Korea dengan rating tertinggi ditempati oleh Hur Jun dengan rating sebesar 63,5%. Disiarkan pada tahun 2000-an, drama ini menceritakan tentang kehidupan seorang dokter di era Joseon. Drama ini dibintangi oleh aktor dan aktris seperti JunKwang-ryul, Hwang Soo-jung, dan Lee Soon-jae.

2. Taejo Wang Geon.

drakor rating tertinggi sejak tahun 2000an Instagram

foto: Instagram/@historical_kdrama_pictures

Taejo Wang Geon mengisahkan tentang Kaisar Wang Gun yang merupakan pendiri Dinasti Goryeo. Tayang pada tahun 2000, drama yang ditulis oleh Lee Hwan-kyung ini berhasil mencapai rating 60,2 %.

3. Dae Jang Geum (Jewel in the Palace).

drakor rating tertinggi sejak tahun 2000an Twitter

foto: Twitter/@sastridiahayu

Drama Korea dengan rating tertinggi selanjutnya adalah Dae Jang Geum atau juga dikenal dengan Jewel in the Palace. Disiarkan pada tahun 2003, drama dengan rating 57,8% ini menceritakan tentang kisah nyata dari seorang gadis legendaris, Jang Geum, wanita pertama yang menjadi dokter kerajaan tertinggi pada zamannya.

4. Truth.

drakor rating tertinggi sejak tahun 2000an koreaboo.com

foto: koreaboo.com

Drama ini mengisahkan tentang Lee Ja Young yang berasal dari keluarga miskin yang tinggal di ruang bawah tanah salah satu teman sekolahnya yang kaya, Lee Shin Hee. Ja Young adalah salah satu siswa terbaik di kelasnya, sedangkan Shin Hee adalah siswa yang biasa-biasa saja.

Pada hari ujian masuk perguruan tinggi, keluarga Shin Hee menyuap keluarga Ja Young agar Ja Young ikut ujian untuknya. Ja Young terpaksa mengambilnya demi masa depan keluarganya. Bergenre romance, drama, dan keluarga, drama yang tayang pada tahun 2000 ini meraih rating sebesar 56,5%.

5. Lovers in Paris.

drakor rating tertinggi sejak tahun 2000an Twitter

foto: Twitter/@kdramanology

Sebagai seorang konglomerat, Han Gi-Ju (Park Shin-yang) adalah seorang duda yang bekerja di Paris. Dia meminta Gang Tae-Young (Kim Jung-Eun), yang bekerja sebagai pembantu rumah tangga di rumahnya menjadi pasangan kencannya di sebuah pesta bisnis.

Tae-Young sendiri adalah siswa internasional miskin yang mengejar impian ayahnya untuk belajar di Paris. Keponakan Han Gi-ju, Yu Soo-Hyeok (Lee Dong-Geon) bertemu Tae-Young secara kebetulan, dan kemudian jatuh hati padanya. Drama Lovers in Paris berhasil meraih rating sebesar 56,3%.

6. Rustic Period.

drakor rating tertinggi sejak tahun 2000an Twitter

foto: Twitter/@Smile_SWH

Drama ini mengisahkan tentang kehidupan politisi Kim Doo Han. Kim Doon Han sendiri adalah putra dari jenderal besar Kim Jwah-jin, yang berjuang untuk Korea melawan Jepang selama Perang Dunia II. Rustic Period berhasil mencapai rating sebesar 51,8%.

7. Ladies of the Palace.

drakor rating tertinggi sejak tahun 2000an Twitter

foto: Twitter/@s0hyunsshi

Tayang pada tahun 2001, drama Ladies of the Palace menggambarkan pertengkaran para wanita di istana dari masa pemerintahan Jung Jong hingga In Jong. Drama ini menyuguhkan konflik yang terjadi akibat perebutan kekuasaan. Ladies of the Palace sukses meraih rating sebesar 49,9%.

8. Jumong.

drakor rating tertinggi sejak tahun 2000an Twitter

foto: Twitter/@ifaspringcomes

Ditayangkan pada tahun 2006, drama ini berkisah tentang Jumong yang merupakan pendiri Goguryeo pada tahun 37 SM. Dia adalah putra Jenderal Hae Mo Su dan Lady Yoo Hwa dan dibesarkan oleh Raja Geum Wa, yang membawanya dan ibunya ketika Hae Mo Su diyakini telah tewas dalam serangan oleh Dinasti Han.

Dalam drama ini Jumong bertemu dengan Seo No, putri saudagar yang membantunya mewujudkan mimpinya untuk membangun negara baru, dan kemudian menjadi istri keduanya. Jumong meraih rating sebesar 49,7 %.

9. My Only One.

drakor rating tertinggi sejak tahun 2000an Twitter

foto: Twitter/@kpop_infinitoo

Drama ini bercerita tentang seorang wanita yang kehilangan segalanya. Dia menemukan fakta bahwa orang tuanya bukanlah orang tua kandungnya dan mereka ternyata adalah pembunuh. Tayang pada 2018 lalu, drama yang dibintangi sederet artis dan aktor seperti Choi Soo-jong, Yoon Jin-yi, Uee, dan Jung Eun-woo ini meraih rating 49,4 %.

10. Bread, Love and Dreams.

drakor rating tertinggi sejak tahun 2000an Twitter

foto: Twitter/@YoonSiYoonThai

Kim Tak-goo adalah putra tertua Goo In-jong, presiden Geosung Enterprise yang begitu melegenda dalam industri kue. Meskipun ia adalah tukang roti yang sangat berbakat dan sepertinya ditakdirkan untuk menggantikan ayahnya sebagai presiden, keluarga Goo In-jong berkomplot untuk merampas warisannya karena ia dilahirkan dari selir In Jong.

Tekad Tak Goo untuk menjadi nomor satu di industri kue mendorongnya untuk membangun kembali kariernya dari awal meskipun banyak cobaan yang dihadapi. Drama yang tayang pada tahun 2010 ini berhasil mendapat rating sebanyak 49,3%.