1. Home
  2. ยป
  3. Wow!
29 Februari 2020 00:55

Wow, ratusan siswa Indonesia raih penghargaan Cambridge International

Sejumlah pelajar juga mendapatkan penghargaan Duke of Edinburgh International Award Yani Andriansyah
Ilustrasi metode pendidikan menggunakan kurikulum Cambridge International (Foto-foto : Dok. Cambridge International)

Brilio.net - Selama ini banyak yang beranggapan kemampuan akademik para siswa Indonesia masih sangat rendah. Bahkan tidak sedikit juga yang berasumsi, di era digital saat ini justru tingkat literasi generasi milenial Indonesia malah memprihatinkan. Tapi tentu saja tidak bisa digeneralisir bahwa kemampuan akademik semua milenial di Indonesia berada di titik nadir.  

Buktinya, baru-baru ini sejumlah siswa Indonesia menunjukan kemampuan mereka di tingkat internasional. Sebanyak 139 siswa SMP dan SMA se-Indonesia mendapatkan penghargaan Outstanding Cambridge Learner Awards dari Cambridge Assessment International Education. Penghargaan ini diberikan setelah mereka mengikuti ujian Cambridge International General Certificate of Secondary Education (IGCSE), AS Level, dan A Level  pada Juni dan November 2019.

BACA JUGA :
Nih 2 Juara Pucuk Cool Jam 2020 Make The Journey Louder


Menariknya, dari total 139 siswa, beberapa orang dari mereka meraih lebih dari satu penghargaan. Sehingga total penghargaan yang diraih pelajar Indonesia ini mencapai 145 penghargaan di mana 38 pelajar berhasil meraih prestasi Top in The World, sedangkan 66 pelajar mendapatkan gelar Top in Indonesia dan 41 pelajar meraih penghargaan High Achievement, termasuk dari Jawa, Sumatera, dan Bali.  

Penghargaan Top in the World merupakan prestasi paling bergengsi karena hanya diberikan kepada pelajar yang mendapatkan nilai rata-rata tertinggi di suatu mata pelajaran dibanding semua pelajar lain di dunia. Sedangkan penghargaan Top in Indonesia diberikan kepada pelajar yang berhasil memperoleh nilai rata-rata tertinggi di Indonesia dalam suatu mata pelajaran. Penghargaan juga diberikan untuk nilai gabungan dari berbagai mata pelajaran.

Sebagai informasi, setiap tahun, murid di lebih dari 10 ribu sekolah di 160 negara mengikuti ujian Cambridge untuk mendapat kelulusan dengan nilai terbaik. Ternyata, beberapa pelajar Indonesia tidak hanya lulus, mereka juga meraih penghargaan Top in the World dan Top in Indonesia untuk prestasi cemerlang dalam mata pelajaran Matematika, Fisika, Kimia, serta beberapa mata pelajaran khusus di antaranya Ilmu Komputer (Computer Science), Pariwisata (Travel and Tourism) serta Sudut Pandang & Penelitian Global (Global Perspectives & Research).

BACA JUGA :
6 Fakta Pucuk Cool Jam 2020 yang bakal ‘diserbu’ anak muda Yogyakarta

Senior Country Manager, Indonesia, Cambridge International Dianindah Apriyani merasa bangga melihat semakin banyak peraih Outstanding Cambridge Learner Awards. Maklum, jumlah siswa yang meraih penghargaan tahun ini meningkat 13% dibanding tahun lalu.

“Semua penghargaan ini mencerminkan standar pendidikan yang tinggi di sekolah-sekolah kami dan membuka peluang yang lebar di universitas dan tempat kerja nanti,” ujar Dianindah. 

Saat ini program Cambridge International diajarkan di lebih dari 200 sekolah di seluruh Indonesia. Selain mendapatkan kualifikasi berskala internasional yang diberikan Cambridge International, sejumlah pelajar juga mendapatkan penghargaan Duke of Edinburgh International Award, yang juga dipersembahkaan pada acara penghargaan tahun ini.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags