1. Home
  2. »
  3. Serius
13 Desember 2019 12:30

8 Hal ini harus kamu perhatikan sebelum belajar di luar negeri

Biar studi kamu nyaman tanpa masalah Yani Andriansyah
indbeasiswa.com

Brilio.net - Pendidikan merupakan kebutuhan setiap orang. Dengan menempuh pendidikan seseorang bisa memiliki wawasan, sikap, dan pengetahuan yang lebih baik. Hal tersebutlah yang membuat banyak orang perlu menempuh pendidikan setinggi mungkin. Instansi pendidikan saat ini juga bisa ditemukan dengan lebih mudah, baik instansi pendidikan dalam negeri maupun instansi pendidikan luar negeri. Saat ini menempuh pendidikan di luar negeri telah menjadi tren tersendiri bagi para pelajar di Indonesia. Di mana instansi pendidikan di luar negeri diyakini memiliki fasilitas yang lebih baik. Hal tersebut yang membuat banyak pelajar begitu tertarik menimba ilmu di luar negeri.

Bagi kamu yang juga tertarik untuk menimba ilmu di luar negeri, tentu perlu mempersiapkan beberapa dokumen terlebih dahulu, salah satunya yakni visa. Seperti diketahui, visa merupakan tanda bukti atas perizinan seseorang untuk berkunjung ke suatu negara. Namun, visa pelajar tentu berbeda dengan visa tujuan wisata. Sehingga kamu tetap perlu mengurus visa pelajar meski sebelumnya telah memiliki visa.

BACA JUGA :
Roadshow ke Jogja, OSC Medcom.id jaring siswa berprestasi


Visa pelajar merupakan surat perizinan yang memang ditujukan khusus bagi mereka yang akan menimba ilmu dan menetap di suatu negara. Cara membuat visa pelajar jika tidak jauh berbeda dengan pengurusan visa liburan. Pastikan kamu terlebih dahulu mengurus visa pelajar ketika berencana untuk menimba ilmu di luar negeri.

Pada saat akan mengurus visa pelajar, kamu perlu mempersiapkan beberapa persyaratan terlebih dahulu. Di mana kelengkapan berkas persyaratan ini akan berdampak pada cepatnya proses pembuatan visa yang akan kamu terima. Untuk itu, pastikan kamu mengetahui beberapa persyaratan pembuatan visa pelajar sebelum akan mengurusnya. Berikut ini delapan persyaratan yang perlu kamu persiapkan.

1. Dokumen sah bahwa kamu seorang pelajar

BACA JUGA :
Viral, mahasiswa ini akhirnya lulus kuliah setelah gagal 18 kali

Saat akan mengurus visa pelajar, kamu perlu membuktikan bahwa kamu merupakan pelajar yang sah. Kamu perlu membawa beberapa dokumen yang menunjukan bahwa kamu tercatat secara sah sebagai pelajar di instansi luar negeri tersebut. Dokumen yang satu ini akan semakin meyakinkan pihak pembuat visa mengenai maksud dan tujuan untuk membuat visa pelajar.

2. Pengetahuan berbahasa Inggris yang bagus ya

Pastikan kamu memiliki nilai bahasa Inggris yang memadai. Menguasai bahasa Inggris tentu menjadi hal yang wajib kamu miliki saat memutuskan menimba ilmu di luar negeri. Pasalnya, setiap guru yang mengajar kamu tentu akan menerangkan dengan bahasa Inggris. Tidak hanya itu, beragam literasi yang perlu kamu baca juga akan menggunakan bahasa inggris. Setiap instansi pendidikan di luar negeri juga akan memiliki standarisasi nilai bahasa Inggris yang berbeda-beda. Di mana kamu juga perlu mengetahui jenis tes bahasa Inggris apa yang diminta pihak instansi, TOEFL atau IELTS. Untuk itu, kamu tentu juga perlu mempersiapkan dokumen nilai bahasa Inggris pada saat akan mengurus visa pelajar. Namun, yang juga perlu diingat bahwa data nilai bahasa Inggris tersebut memiliki masa berlaku 2 tahun. Kamu pun perlu memperbarui nilai TOEFL dan IELTS yang sudah tidak lagi berlaku.

3. Dokumen keamanan finansial

Hal lain yang perlu kamu persiapkan pada saat akan mengurus visa pelajar yakni dokumen finansial. Melalui dokumen finansial yang kamu miliki tersebut akan semakin memudahkan pihak pembuat visa untuk memenuhi permohonan visa yang kamu ajukan. Di mana bukti keamanan finansial tersebut harus dapat menjamin keuangan kamu selama menimba ilmu di luar negeri. Apabila dokumen finansial kamu dirasa kurang mencukupi untuk menunjang kebutuhan hidup, proses pembuatan visa pelajar kamu dapat terhambat atau bahkan gagal.

4. Ketahui biaya pengajuan visa

Proses pembuatan visa tentu membutuhkan biaya tertentu. Di mana biaya visa pelajar dapat berbeda-beda sesuai dengan negara yang kamu tuju. Agar proses pembuatan visa dapat berlangsung dengan cepat, tentu kamu perlu mengetahui biaya pembuatan visa tersebut di awal. Pembayaran tersebut nantinya perlu kamu bayarkan pada saat mengembalikan formulir pendaftaran.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags