1. Home
  2. ยป
  3. Wow!
6 Maret 2022 04:02

Teks prosedur adalah: ini arti, struktur, dan ciri-cirinya lengkap

Dengan adanya teks prosedur diharapkan setiap orang dapat memahami bagaimana cara yang perlu dilakukan untuk membuat sesuatu dengan tepat. Kharisma Alfi Tiara
foto: freepik.com

Brilio.net - Dalam kehidupan sehari-hari hampir setiap orang pasti pernah menjalankan proses atau rangkaian. Nah, proses ini bisa dikatakan sebagai prosedur. Contohnya, saat seseorang membeli mesin cuci tentu saja memperhatikan prosedurpemakaiannya terlebih dahulu. Hal ini dilakukan supaya meminimalisir kesalahan yang dilakukan.

Bisa juga saat kamu akan membuat makanan cepat saji pastinya di balik kemasan akan ada rangkaian atau petunjuk untuk membuatnya. Itu sebagian dari teks prosedur. Teksprosedur merujuk pada tata cara penggunaan atau cara membuat sesuatu.

BACA JUGA :
Teks deskripsi adalah: Ini struktur dan ciri-cirinya lengkap


Dengan adanya teks prosedur diharapkan setiap orang dapat memahami bagaimana cara yang perlu dilakukan untuk membuat sesuatu dengan tepat. Nggak hanya dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, namun teks prosedur juga sebagai sarana materi pembelajaran di bangku sekolah.

Maka dari itu, memahami teks prosedur sangatlah penting. Untuk lebih jelasnya, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, yuk simak penjelas lengkap mengenai arti, struktur, dan ciri-ciri lengkap teks prosedur,Minggu (6/3).

1. Pengertian teks prosedur.

BACA JUGA :
Laba adalah keuntungan pada bisnis, ketahui jenis dan unsurnya

foto: freepik.com

Menurut Sari Novita Ade dan Nuraidah dalam bukunya yang berjudul Cara Mudah Memahami Teks Prosedur, berikut pengertian teks prosedur menurut para ahli.

a. Ismail Masya.

Prosedur adalah suatu rangkaian tugas-tugas yang saling berhubungan hanya urutan waktu dan tatacara tertentu untuk melaksanakan berulang-ulang.

b. Gerald Cole.

Prosedur adalah suatu urutan pekerjaan yang melibatkan beberapa orang dalam suatu bagian yang disusun untuk menjamin adanya perlakuan seragam terhadap transaksi perusahaan.

c. Kamaruddin.

Prosedur adalah suatu susunan teratur sebuah kegiatan yang berhubungan satu dengan yang lainnya dan prosedur-prosedur yang berkaitan memudahkan dalam melaksanakan kegiatan utama dari suatu organisasi.

d. Sari Novita Ade dan Nuraidah.

Teks prosedur adalah teks yang berisi cara, tujuan untuk membuat atau melakukan sesuatu hal dengan langkah demi langkah yang tepat secara berurutan sehingga menghasilkan suatu tujuan yang diinginkan.

2. Struktur teks prosedur.

foto: freepik.com

Dalam teks prosedur tentunya memiliki struktur yang bertujuan untuk mengetahui susunan. Berikut struktur teks prosedur.

a. Tujuan.

Pada bagian tujuan, teks prosedur bisa berupa judul dan juga berisikan tujuan dari pembuatan teks prosedur tersebut. Kemudian menjelaskan hasil akhir yang akan dicapai pada tahapan teks prosedur tersebut.

b. Material.

Pada bagian material, teks prosedur berisi mengenai bahan, alat atau material yang dibutuhkan. Pada umumnya, penggunaan bagian material terdapat pada teks prosedur tentang pembuatan suatu makanan, minuman, dan lainnya.

c. Langkah-langkah.

Pada bagian ini berisi langkah-langkah yang harus dilakukan supaya mendapatkan hasil sesuai dengan tujuan. Setiap langkah dalam bagian ini harus dilakukan secara urut.

3. Ciri-ciri teks prosedur.

foto: freepik.com

Selain memahami arti dan struktur, kamu juga perlu mengetahui ciri-ciri dari teks prosedur. Diantaranya sebagai berikut.

a. Menggunakan pola kalimat imperatif atau kalimat perintah.

Kalimat imperatif atau kalimat perintah adalah kalimat yang mengandung perintah atau komando. Fungsinya yaitu untuk meminta atau melarang pada saat seseorang melakukan sesuatu.

b. Menggunakan kata kerja aktif.

Kata kerja aktif adalah kata kerja yang subjeknya berperan sebagai pelaku. Umumnya kata kerja aktif bercirikan adanya awalan me- dan ber-.

c. Menggunakan konjungsi.

Konjungsi atau kata hubung adalah penghubung kata atau ungkapan yang tidak bermaksud untuk tujuan tertentu. Contohnya, kata selanjutnya, setelah itu, kemudian, berikutnya, dan lain-lain.

d. Menggunakan kata keterangan.

Kata keterangan adalah kata yang memberikan keterangan pada kata lain. Seperti halnya kata kerja dan kata sifat.

e. Terdapat urutan kegiatan.

Dalam teks prosedur, akan adanya urutan yang disusun secara sistematis. Untuk memudahkan memahami urutan kegiatan, biasanya penulis menggunakan nomor atau poin-poin.

f. Ada aturan khusus.

Biasanya dalam teks prosedur akan adanya aturan khusus yang berkaitan dengan bahan maupun kegiatan yang disampaikan dalam teks. Contohnya, saat kamu melakukan sesuatu seperti halnya memasak mie instan akan ada aturan terkait dengan takaran air.

4. Jenis teks prosedur.

foto: freepik.com

a. Teks prosedur sederhana.

Teks prosedur sederhana adalah teks prosedur yang ditempuh hanya dengan dua atau tiga langkah saja.

b. Teks prosedur kompleks.

Teks prosedur kompleks adalah teks yang berisi langkah-langkah yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan yang diinginkan dan terdapat penjelasan atau keterangan dalam langkah-langkah tersebut.

c. Teks prosedur protokol.

Teks prosedur protokol adalah salah satu jenis teks prosedur yang berisikan tentang cara membuat sesuatu atau melakukan kegiatan sesuatu yang tidak terlalu rumit dan mudah dipahami.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags