1. Home
  2. ยป
  3. Wow!
18 Agustus 2022 21:45

Pengertian pembangunan ekonomi adalah, pahami unsur-unsur dan tujuan

Pembangunan ekonomi adalah usaha untuk menaikkan taraf hidup suatu bangsa yang sering diukur dengan tinggi rendahnya pendapatan riil per kapita. Dewi Suci Rahmadhani
Tujuan pembangunan ekonomi

Tujuan pembangunan ekonomi.

foto: Unsplash/Markus Spiske

BACA JUGA :
Resesi ekonomi adalah, ketahui penyebab, dampak, dan solusinya


Pembangunan ekonomi dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat dan peningkatan standar hidup yang lebih baik bagi seluruh warga negara. Adapun beberapa tujuan pembangunan ekonomi adalah sebagai berikut:

1. Untuk meningkatkan pendapatan per kapita. Pembangunan ekonomi menjadi salah satu strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pendapatan per kapita dan membuat masyarakat menjadi lebih sejahtera dari sisi ekonomi.

2. Pembangunan ekonomi juga bertujuan untuk meningkatkan ketersediaan barang dan jasa. Pembangunan ekonomi dilakukan agar dapat memperluas proses distribusi barang sebagai penunjang kehidupan seperti makanan dan minuman, pendidikan, tempat tinggal, maupun kesehatan.

BACA JUGA :
Pengertian komersial, ketahui jenis, tujuan, dan cara pemasarannya

3. Pembangunan ekonomi juga bertujuan untuk mendorong kebebasan dalam membuat pilihan ekonomi dan sosial. Pembangunan ekonomi dapat menghasilkan peningkatan angka rata-rata harapan hidup.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags