1. Home
  2. ยป
  3. Wow!
12 Juli 2022 18:45

Kudeta adalah perebutan kekuasaan, kenali jenis dan contohnya

Kudeta adalah sebuah tindakan penggulingan kekuasaan terhadap seseorang yang berwenang dengan cara ilegal bahkan bersifat brutal. Dewi Suci Rahmadhani
Jenis-jenis kudeta

Jenis-jenis kudeta.

foto: Unsplash/Marco Oriolesi

BACA JUGA :
Difusi adalah proses mengalirnya zat pelarut, ketahui faktor-faktornya


Tindakan kudeta dapat dikelompokkan ke dalam tiga jenis yaitu kudeta sempalan, kudeta wali, dan kudeta veto. Beberapa jenis kudeta adalah sebagai berikut:

1. Kudeta sempalan.

Kudeta sempalan dilakukan oleh kelompok bersenjata, terdiri dari militer atau tentara yang tidak puas dengan kebijakan pemerintahan. Kudeta yang dilakukan bertujuan untuk menggulingkan pemerintahan dan menciptakan elite birokrasi baru.

BACA JUGA :
Kolonialisme adalah penjajahan, ketahui definisi dan tujuannya

2. Kudeta wali.

Kudeta wali dilakukan oleh sekelompok pihak atau golongan pengkudeta yang akan mengumumkan diri sebagai perwalian dalam rangka meningkatkan ketertiban umum, efisiensi, dan mengakhiri korupsi. Secara umum, kudeta wali dilakukan dengan mengubah bentuk pemerintahan sipil menjadi pemerintahan militer.

3. Kudeta veto.

Jenis kudeta ini dilakukan melalui mobilisasi sosial dan partisipasi sekelompok masyarakat dalam melakukan penekanan skala besar yang berbasis luas pada oposisi sipil.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags