1. Home
  2. ยป
  3. Wow!
18 Januari 2022 13:40

Heboh kisah Ghozali, ini 10 karya di NFT termahal dunia

NFT adalah teknologi kripto semacam sertifikat digital untuk menyatakan kepemilikan karya, foto, video, atau lainnya dalam bentuk virtual. Deta Jauda Najmah
foto: freepik.com

Brilio.net - Belakangan ini, NFT (Non-Fungible Token) memang ramai diminati. NFT adalah teknologi kripto semacam sertifikat digital untuk menyatakan kepemilikan karya, baik berupa foto, video, atau karya lain dalam bentuk virtual.

Aset-aset dalam NFT ini akan tercatat dalam blockchain. NFT tidak bisa direplikasi atau diduplikasi tapi bisa diperjualbelikan.

BACA JUGA :
Syahrini jadi NFT Hijab pertama di dunia, intip 7 potret avatarnya


Di Indonesia sendiri, tren soal NFT ini salah satunya berasal dari kisah Ghozali. Pria asal Semarang ini bikin heboh setelah meraup miliaran rupiah dari menjual NFT Ghozali Everyday yang berupa foto selfienya sejak tahun 2017-2021.

Meski angka yang didapat oleh Ghazali terbilang fantastis, namun ternyata masih ada karya NFT lain yang dihargai lebih dari itu. Bahkan, menjadi karya NFT termahal di dunia.

Tertarik ikut jualan NFT? Intip dulu 10 daftar karya NFT termahal dunia, dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (18/1).

BACA JUGA :
7 Karya seni ukir di ban ini keren maksimal, detailnya bikin salut

1. Termasuk paling langka di pasaran, karya NFT CryptoPunk #5217 ini sudah dijual hingga USD 5,59 juta atau sekitar Rp 80 miliar. CryptoPunk #5217 yang merupakan karya seni berupa gambar kera dengan topi rajut dan rantai emas.

foto: Dexerto

2. Selanjutnya ada NFT Beeple. Seniman digital asal Amerika Serikat ini membuat karya NFT yakni Beeple's OceanFront yang dijual dengan harga USD 6 juta atau Rp 85 miliar. Karya ini menggabungkan gambar container, caravan, dan sebuah pohon yang berdiri di tengah laut.

foto: Dexerto

3. Karya bertajuk XCopy's A Coin for the Ferryman ini berbentuk GIF berupa coretan wajah yang ekspresinya bisa beruba-ubah. Karya NFT ini dijual USD 6,034 juta atau sekitar Rp 86 miliar.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags