Brilio.net - Vokalis ikonik band Queen, Freddie Mercury akan berulang tahun ke-75 bulan ini. Untuk memperingati momen spesial itu, para fans mendapatkan tawaran menarik, yakni bisa memiliki empat karya seni ber-token digital, non-fungible token (NFT) yang terinspirasi dari Freddie Mercury dalam pelelangan amal.

Dilansir brilio.net dari newshub.co.nz, Jumat (17/9) empat NFT tersebut merupakan karya dari Blake Kathryn, Chad Knight, Mat Maitland, dan MBSJQ. Karya-karya tersebut akan dijual dalam lelang di pasar seni digital SuperRare selama 75 jam mulai dari 20 September mendatang.

Tiga karya menampilkan wajah mendiang Freddie Mercury dan satunya berupa grand piano berwarna putih dengan mahkota di atas bangkunya dan dikelilingi kolam ikan dengan ikan-ikan mas berenang di dalamnya.

Hasil dari pelelangan karya seni berharga ini nantinya akan diserahkan kepada The Mercury Phoenix Trust, yakni sebuah badan amal AIDS yang didirikan anggota Queen Brian May dan Roger Taylor serta manajer Queen Jim Beach.

"Freddie Mercury meninggalkan brief kreatif yang sangat sederhana kepada dunia atas kematiannya. Anda dapat melakukan apa pun yang Anda inginkan dengan pekerjaan saya, jangan pernah membuat saya membosankan," kata SuperRare dan Mercury Phoenix Trust dalam pernyataannya, seperti dilansir dari reuters.com.

Mercury, lahir Farrokh Bulsara di Tanzania pada 1946 dan meninggal pada 1991 karena pneumonia terkait AIDS. Kemudian rekan bandnya, Brian May dan Roger Taylor bersama manajer Queen Jim Beach mendirikan The Mercury Phoenix Trust untuk mengenang Freddie Mercury.