1. Home
  2. ยป
  3. Wow!
23 Juni 2022 20:45

Fauna adalah seluruh hewan yang hidup di habitat, ini penjabarannya

Sumber daya alam hayati meliputi flora dan fauna. Fauna adalah segala jenis hewan yang hidup dan berhabitat di bumi. Dewi Suci Rahmadhani
Persebaran fauna di Indonesia

foto: Unsplash/Stuart Jansen

BACA JUGA :
Pengertian deposito, pahami jenis-jenis dan keuntungannya


Keanekaragaman dan perbedaan fauna di Indonesia dipengaruhi keadaan alam, gerakan hewan, dan rintangan alam. Berdasarkan pengelompokkan fauna oleh Alfred Russel Wallace dan Max Wilhelm Carl Weber, fauna atau hewan di Indonesia dapat digolongkan menjadi tiga kelompok sebagai berikut:

1. Fauna tipe Asiatis

Fauna ini menempati bagian barat wilayah Indonesia sampai Selat Makassar dan Selat Lombok. Hewan yang berhabitat di wilayah ini adalah hewan menyusui yang besar seperti gajah, harimau, badak, beruang, dan orang utan.

BACA JUGA :
Reformasi adalah perubahan untuk kebaikan, pahami latar belakangnya

2. Fauna tipe Australis

Fauna jenis ini menempati bagian timur Indonesia meliputi Pulau Papua dan pulau di sekitarnya. Di wilayah ini terdapat beragam jenis hewan mulai dari kangguru, burung kasuari, cendrawasih, hingga burung kakaktua.

3. Fauna Peralihan dan asli

Fauna peralihan terdapat di bagian tengah Indonesia meliputi Pulau Sulawesi dan wilayah Nusa Tenggara. Fauna yang berhabitat di wilayah ini adalah kera, kuskus, babi rusa, anoa, dan burung maleo.

Persebaran fauna di dunia

foto: Unsplash/Andrew Kayani

Persebaran fauna di permukaan bumi dipengaruhi keadaan lingkungan hidup yang sesuai untuk tempat tinggalnya. Alfred Russel Wallace mengklasifikasikan daerah persebaran fauna di dunia menjadi enam wilayah Zoogeografical sebagai berikut:

1. Wilayah Paleartic

Wilayah yang meliputinya antara lain Siberia, Afrika Utara dan beberapa kawasan di Asia Timur dengan fauna yang hidup meliputi harimau siberia, beruang kutub, beaver, dan rusa.

2. Wilayah Neartic

Wilayah ini meliputi sebagian besar Amerika Utara dan Greenland. Fauna yang berhabitat di wilayah ini adalah antelope, rusa, dan beruang.

3. Wilayah Neotropical

Wilayah ini meliputi Amerika Selatan, Amerika Tengah, dan Mexico. Fauna yang hidup di antaranya adalah primata, kelelawar, rodent, trenggiling, bison, dan kukang.

4. Wilayah Ethiopian atau Afrotropical

Meliputi Afrika dan Madagaskar. Fauna yang berhabitat di wilayah ini adalah gajaha afrika, gorila gunung, jerapah, dan zebra.

5. Wilayah Oriental

Wilayah ini meliputi kawasan India, Cina, Asia Selatan, dan Asia Tenggara. Fauna yang terdapat di kawasan ini adalah harimau sumatera, tapir malaysia, gajah india, kerbau air, badak, dan lain-lain.

6. Wilayah Australis

Wilayah ini meliputi Australia, Selandia Baru, Papua, Maluku, dan Oseania. Fauna yang hidup di kawasan ini antara lain kangguru, koala, buaya, platypus, wallaby, burung pengisap madu, kiwi, dan burung kasuari.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags