1. Home
  2. ยป
  3. Wow!
17 April 2022 14:03

Doa malam Lailatul Qadar, bawa keberkahan di bulan Ramadhan

Pada bulan Ramadhan terdapat satu malam yang penuh dengan kemuliaan yaitu malam Lailatul Qadar. Kharisma Alfi Tiara
Amalan malam Lailatul Qadar

Amalan malam Lailatul Qadar.

foto: freepik.com

BACA JUGA :
Pengertian zakat menurut syariat Islam dan tujuan pelaksanaannya


1. Membaca Alquran.

Pada malam lailatul qadar, membaca Alquran menjadi salah satu amalan untuk mendapatkan pahala yang besar. Hal ini karena membaca Alquran dapat mendatangkan pahala yang berlipat ganda.

Rasulullah SAW bersabda, "Bacalah oleh kalian Al-Quran. Karena sesungguhnya Al-Quran itu akan datang menghampiri kalian di hari kiamat sebagai syafaat." (HR Muslim)

BACA JUGA :
Doa memohon ampunan Allah dalam segala hal, wajib diamalkan

2. Meningkatkan ibadah pada 10 malam terakhir Ramadhan.

Hal ini dikemukakan hadits riwayat Muslim. "Dari Aswad dari Aisyah ra ia berkata bahwa Nabi saw meningkatkan amal-ibadah pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan melebihi di waktu yang lain." (HR Muslim)

3. Menjalankan ibadah sholat malam.

Abu Hurairah radhiyallahu anhu, dari Nabi shallallahu alaihi wa sallam, beliau bersabda, "Barangsiapa melaksanakan sholat pada malam lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni." (HR. Bukhari no. 1901).

4. Perbanyak doa.

Aisyah berkata, "Wahai Rasulullah, apa pendapatmu jika aku ketepatan mendapatkan malam Lailatul Qadar, apa yang harus aku ucapkan?" beliau menjawab: "Ucapkanlah; ALLAHUMMA INNAKA AFUWWUN TUHIBBUL AFWA FA'FU ANNA (Ya Allah, sesungguhnya Engkau maha pemaaf mencintai kemaafan, maka maafkanlah aku)." (HR. Ibnu Majah, yang dishahihkan oleh Al Albani)

5. Itikaf.

Itikaf merupakan berdiam diri di dalam masjid dengan syarat-syarat tertentu dengan niat semata-mata beribadah hanya karena Allah SWT. Itikaf menjadi momen untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Itikaf sebagai cara mendapatkan malam Lailatul Qadar saat bulan Ramadhan dijelaskan dalam hadis berikut: "Dari Abdullah bin Umar radhiyallahu anhuma, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam biasa beritikaf di sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan." (HR. Bukhari)

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags