1. Home
  2. ยป
  3. Wow!
9 Desember 2016 17:04

10 Foto dinding batu akibat gempa di Selandia Baru ini tak terduga

Fenomena alam ini terjadi akibat gempa yang mengguncang Selandia Baru. Vindiasari Putri

Brilio.net - Pada bulan lalu tepatnya pada 14 September 2016, Selandia Baru diterpa gempa bumi sebesar 7.8 SR. Guncangan gempa tersebut berdampak pada perubahan kondisi geografis, khususnya pada lokasi pusat gempa. Salah satu wilayah yang mengalami perubahan geografis ada di pedesaan sekitar Waiau. Waiau sendiri berjarak sekitar 30 km dari pusat gempa, Hanmer Springs.

Pada lokasi Waiau, perubahan tampak pada munculnya sebuah dinding batu dengan tinggi lima belas kaki. Dinding ini pun membentang panjang di wilayah tersebut. Foto perubahan alam akibat adanya gempa bumi diabadikan oleh Dr. Kate Pedley. Dr. Kate sendiri berasal dari Departemen Geologi di University of Canterbury. Saat itu, Dr. Kate bersama temannya sedang melakukan survei terkait adanya fenomena mengangkatnya permukaan tanah akibat gempa bumi.

BACA JUGA :
10 Potret kabut yang mirip ombak lautan ini bikin mata terpukau


Fenomena mengangkatnya lapisan tanah juga terjadi di pantai. Lapisan dasar laut pun ikut terangkat dari dalam laut dan membentuk dinding tebal. Pada dinding tersebut nampak pula rumput laut dan hewan laut yang ikut terangkat akibat pertemuan dua lempeng bumi. Kejadian tersebut terjadi di Kaikoura, Selandia Baru. Menurut GNS Science, fenomena tersebut dapat terjadi berabad-abad tahun. Kendati demikian, karena dorongan gempa yang kuat, akhirnya permukaan dapat naik lebih tinggi.

Fenomena terangkatnya lapisan tanah hingga membentuk dinding batu dapat kamu lihat dari hasil jepretan Dr. Kate. Jumat (09/12) brilio.net menampilkan 10 foto yang dilansir dari Amusingplanet. Berikut 10 foto dinding batu akibat gempa bumi yang terjadi di Selandia Baru. Kamu akan terkejut melihat tingginya dinding batu.

1. Tingginya ngalahin orang dewasa.

BACA JUGA :
Selain supermoon, ini fenomena langit yang terjadi di bulan Desember


2. Dr. Kate berdiri di dekat dinding. Tinggi Dr. Kate 168 cm.


3. Bongkahan akibat gempa bumi.


4. Retakannya panjang banget.


5. Goncangannya benar-benar besar.


6. Ini penampakan lainnya.


7. Dasar laut pun ikut terangkat.


8. Tumbuhan dan hewan juga ikut terseret.


9. Ini penampakan dari udara.


10. Lebar juga ya.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags