Brilio.net - Disadari atau tidak, kondisi bumi memang telah banyak mengalami perubahan. Contoh gampangnya, dulu lingkungan sekitarmu mungkin banyak ditumbuhi pohon hijau yang rindang serta hamparan sawah yang luas dan hijau. Namun kini lahan terbuka tersebut harus tergantikan dengan bangunan beton menjulang tinggi.

Tak hanya itu, jika dulu mungkin kondisi sungai masih jernih dan dihuni aneka biota, kini harus tercemar bahan kimia dan sampah yang menggunung. Padahal sebenarnya, ada banyak cara sederhana yang dimulai dari diri sendiri yang mampu mencegah bumi mengalami pemanasan global, seperti mengurangi penggunaan plastik atau menghemat pemakaian air.

Nah, sebagai gambaran kondisi bumi dulu dan sekarang, berikut brilio.net bagikan foto-foto sebelum dan sesudah perubahan lingkungan yang dilansir dari list25, Jumat (27/5).


1. Hanya dalam waktu tiga tahun antara tahun 2011 (kiri) dan 2014 (kanan), debit air di Danau Oroville, California, menyusut drastis.




2. Pada tahun 2000 (kiri), Laut Aral sebenarnya sudah banyak mengalami penyusutan. Namun pada tahun 2014 (kanan), kondisinya benar-benar kering untuk pertama kalinya dalam 600 tahun.




3. Gambar-gambar satelit ini menunjukkan kondisi Danau Mar Chiquita di Argentina yang menyusut. Mar Chiquita adalah salah satu danau garam alami terbesar di dunia. Namun kini telah menyusut karena irigasi dan kekeringan.




4. Tingkat keasaman dan suhu laut yang meningkat berkontribusi terhadap perubahan kondisi Great Barrier Reef. Hanya dalam rentang 12 tahun (2002 dan 2014), perbedaannya sangat terlihat.




5. Dalam foto-foto ini diambil pada tahun 1980 (kiri) dan 2012 (kanan), tampak jelas berapa banyak massa es di Arktik yang menyusut. Para ilmuwan memperkirakan tidak ada es di Arktik saat musim panas tahun 2040.

BACA JUGA: Mengenal Post Dangdut Electronika ala Libertaria, hok ya!

6. Foto sebelum dan sesudah ini menunjukkan kondisi Petermann Glacier, gletser besar yang terletak di Greenland, pada bulan Juli 2009 (atas) dan Juli 2011 (bawah).




7. Pada bulan Juli 1978 (kiri), gletser Qori Kalis di Peru masih mengalir. Tapi pada Juli 2011 (kanan), kondisinya menyusut banyak.




8. Antara tahun 1926 (atas) dan 2008 (bawah), sebagian besar es Grinnell Glacier, ikon dari Taman Nasional Glacier di Montana menghilang akibat perubahan iklim.




9. Kedua gambar menunjukkan parahnya kondisi Waduk Folsom, California. Pada 2011, prosentase air danau itu mencapai 97% dari total kapasitas. Namun pada tahun 2014, prosentase airnya cuma 17% dari kapasitas.




10. Kekeringan juga menjadi masalah utama di dunia. Diambil hanya beberapa tahun terpisah, foto-foto ini menggambarkan bagaimana kekeringan melanda wilayah India.




Kalau kamu merasa miris, berarti sebenarnya kamu masih peduli dengan lingkunganmu.. Mau ikut membantu alam lagi dari sekarang? Cek dulu foto-foto selanjutnya.. KLIK NEXT

2 dari 2 halaman




11. Laut Mati telah menyusut cepat akibat pengalihan air dari anak sungai utama. Pada musim kemarau, permukaan Laut Mati bisa turun sebanyak satu inci karena penguapan.




12. Antara tahun 1941 (kiri) dan 2004 (kanan), Muir Glacier di Alaska menyusut lebih dari 12 km dan menipis lebih dari 800 meter.




13. Ini kondisi hutan hujan di Brasil. Sebelah kini masih rimbun, sementara bagian kanan sudah gundul.




14. Kekeringan juga mengakibatkan kebakaran hutan. Pada bulan Mei 2012, Whitewater Baldy, sebuah gunung di New Mexico rusak parah akibat kebakaran. Inilah kondisi sebelum dan sesudahnya.




15. Foto satelit ini menunjukkan kondisi Danau Meredith di Texas. Gambar kanan (2011) merupakan kondisi terakhir akibat kekeringan sejak tahun 1990 (kiri).




16. Dengan naiknya permukaan air laut, sejumlah tempat dataran rendah tentu akan mengalami banjir. Foto ini menunjukkan kondisi kepulauan San Blas di Panama pada tahun 2002 (kiri) dan 2014 (kanan).




17. Terdiri dari tiga kerucut gunung berapi, Gunung Kilimanjaro adalah gunung tertinggi di dunia. Inilah gambar sebelum dan sesudah penurunan es di gunung tersebut hanya dalam tujuh tahun (1993-2000).




18. Kondisi laut garam Bahr al Milh di Irak, pada tahun 1995, 2003 dan 2013.




19. Whitby di Inggris, pernah menjadi kota nelayan tersibuk. Pelabuhan ini kondisinya sekarang sepi karena semakin sulit mencari ikan di sini.




20. Pohon pinus ini dalam kondisi mati kumbang gunung Pine. Ini akibat dari pemanasan suhu di Rocky Mountain National Park, Colorado. Dulu, suhu dingin mampu mengurangi populasi kumbang. Kini populasi serangga ini meledak karena mampu bertahan meski saat musim dingin.