1. Home
  2. ยป
  3. Sosok
21 April 2016 13:50

Siapa sih keturunan RA Kartini yang masih hidup?

Keturunan Kartini memilih diam daripada mengaku keturunan RA Kartini. Mereka pilih hidup sederhana. Ismarlina Mokodompit

Brilio.net - Hari ini, tepat tanggal 21 April diperingati sebagai Hari Kartini. RA Kartini dikenal sebagai salah satu pahlawan nasional yang dikenal gigih memperjuangkan emansipasi wanita semasa beliau masih hidup. Selain pemikiran RA Kartini mengenai emansipasi wanita atau surat-surat yang ditulisnya mengenai kondisi wanita pribumi, kamu pernah bertanya-tanya nggak mengenai garis keturunan beliau?

RA Kartini sendiri merupakan 11 bersaudara, baik kandung maupun tiri. BACA JUGA: Ini dia 10 saudara kandung dan tiri RA Kartini

Lantas bagaimana dengan garis keturunan pahlawan kelahiran Jepara, Jawa Tengah ini? Apakah ada yang masih hidup hingga kini? Meski informasi mengenai nama-nama generasi penerus Kartini masih minim dan makin tak terdeteksi, namun menurut berbagai sumber yang dirangkum brilio.net, Kamis (21/4), saat ini masih ada cicitnya, sedangkan untuk anak dan cucunya telah tiada.

Raden Mas Soesalit Djojoadhiningrat, merupakan putra sematawayang hasil dari pernikahan RA Kartini dengan Bupati Rembang KRM Adipati Ario Singgih Djojoadhiningrat. RM Soesalit menikah dengan wanita Jawa yakni Siti Loewijah dan dikaruniai seorang putra bernama Boedi Setyo Soesalit. Namun sayangnya kala Boedi lahir sang ayah (RM Soesalit) sudah meninggal.

Kala itu, Boedi mendapatkan beasiswa ke Australia namun ternyata dia lebih memilih bekerja di perusahaan swasta. Cucu dari RA Kartini tersebut (Boedi Setyo Soesalit) kemudian menikah dengan Sri Bijatini. Dalam pernikahannya ini Boedi dan istri dikaruniai 5 momongan.

Bak hilang ditelan bumi, Boedi dan istri seolah tak dikenali oleh siapapun, bahkan ibu Bijatini dan anak-anaknya memilih diam daripada mengaku keturunan RA Kartini. Ibu Bijatini yang tahun ini berusia 79 tahun itu mengungkapkan bahwa ia lebih memilih hidup sederhana. Sedangkan untuk Boedi Setyo sendiri dikabarkan sekarang telah tiada.

RECOMMENDED

(brl/pep)

SHARE NOW
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags