1. Home
  2. ยป
  3. Serius
7 Juli 2020 22:02

Tata cara puasa Ayyamul Bidh beserta keutamaan melaksanakannya

Ritual ini merupakan wasiat Nabi Muhammad Shofia Nida
foto: freepik.com

Brilio.net - Puasa merupakan suatu ibadah yang masuk dalam rukun Islam ke-3 setelah syahadat dan sholat. Puasa juga merupakan suatu amalan atau ibadah yang dilakukan dengan menahan diri dari hawa nafsu, baik makan, minum, dan perbuatan buruk yang bisa membatalkan puasa dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari.

Secara hukum Islam, puasa terbagi menjadi dua, yakni puasa wajib dan puasa sunnah. Puasa wajib adalah puasa yang wajib dilaksanakan oleh umat muslim seperti puasa selama satu bulan penuh di bulan Ramadhan. Sedangkan puasa sunnah adalah puasa yang apabila tidak dilaksanakan tidak berdosa, namun sangat dianjurkan untuk dilakukan.

Ada banyak macam puasa sunnah yang diajarkan oleh Rasulullah, salah satunya adalah puasa Ayyamul Bidh. Dinamakan Ayyamul Bidh karena diambil dari kata Yauma yang berarti hari dan Bidh yang berarti Putih. Puasa Ayyamul Bidh sering disebut dengan puasa putih.

Dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (7/7), puasa Ayyamul Bidh adalah puasa sunnah yang nilai amalannya sama dengan melaksanakan puasa sepanjang tahun. Seperti dalam suatu hadits, Rasulullah bersabda:

"Puasa pada tiga hari setiap bulannya adalah seperti puasa sepanjang tahun." (HR. Bukhari no. 1979).

Adapun anjuran untuk melaksanakan puasa putih adalah sebagai berikut:
"Jika engkau ingin berpuasa tiga hari setiap bulannya, maka berpuasalah pada tanggal 13, 14, dan 15 (dari bulan Hijriyah)." (HR. Tirmidzi no. 761 dan An Nasai no. 2425. Abu ‘Isa Tirmidzi mengatakan bahwa haditsnya hasan).


SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags