1. Home
  2. ยป
  3. Serius
29 Juni 2020 23:03

Rahasia dan keutamaan sholat lima waktu, wajib diketahui

Selain mengenai hukum Islam, ternyata sholat lima waktu dapat memengaruhi kesehatan jasmani dan rohani Shofia Nida
foto: freepik.com

Brilio.net - Sholat merupakan tiang agama dalam Rukun Islam yang kedua setelah syahadat. Sholat dibagi menjadi dua, yaitu sholat wajib atau fardhu dan sholat sunnah.

Sholat fardhu adalah sholat yang wajib dikerjakan sehari lima kali dalam lima waktu berbeda, yaitu subuh, dzuhur, ashar, maghrib, isya dan apabila tidak dikerjakan maka akan mendapat dosa.

Kelima sholat tersebut adalah ibadah wajib yang harus dilakukan oleh seorang muslim sebagai wujud dari ketaatan dan kecintaan seorang hamba kepada Tuhannya yaitu Allah. Dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (29/6), sholat adalah ibadah yang sangat penting. Maka sebagai seorang muslim tidak boleh sembarangan dalam melaksanakannya. Butuh ilmu dan pemahaman agar sholatnya sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW, sehingga dapat diterima oleh Allah SWT.

Melakukan sholat lima waktu atau sholat fardhu tidak boleh dilaksanakan dengan menunda-nunda, dalam artian harus tepat waktu. Ketika seruan adzan telah diserukan sebagai tanda masuknya waktu sholat, maka seorang muslim harus bergegas mempersiapkan diri mengambil air wudhu untuk kemudian menunaikan sholat fardhu.

Wajibnya melaksanakan sholat lima waktu ini sesuai firman Allah dalam Alquran surat Al Isra ayat 78 yang berbunyi sebagai berikut:

BACA JUGA :
Keutamaan membaca surat Al Mulk bagi umat muslim


Aqimis-salaata lidulukisy-syamsi ilaa gasaqil-laili wa qur'aanal-fajr, inna qur'aanal-fajri kaana masy-hudaa

Artinya:
"Dirikanlah sholat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula sholat) subuh. Sesungguhnya sholat subuh itu disaksikan (oleh malaikat)."

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags