1. Home
  2. ยป
  3. Serius
27 Oktober 2022 23:45

Pabrik baru Oppo serap 35% pekerja lokal Kota Tangerang

Pabrik baru ini juga sangat memanjakan para pekerja dengan berbagai fasilitas yang mumpuni Yani Andriansyah
Foto-foto: Dok Oppo Indonesia

Brilio.net - Keberadaan sebuah industri harus memberikan dampak positif bagi wilayah sekitar. Hal inilah yang dilakukan Oppo Indonesia dengan membuka pabrik baru yang mulai beroperasi Agustus 2022 lalu di wilayah Periuk, Kota Tangerang. Pabrik yang dibangun di atas lahan seluas 10 hektar ini terbukti dapat menyerap ribuan tenaga kerja bagi warga lokal.

Dalam merekrut tenaga kerja, Oppo Manufacturing Indonesia menjalin kerja sama dengan Bursa Kerja Khusus (BKK) Kota Tangerang yang menaungi sekitar 40 sekolah di wilayah Kota Tangerang. Tenaga kerja yang diserap, 35%-nya meliputi tenaga kerja pada wilayah Kota Tangerang. Salah satu tenaga kerja yang bergabung melalui proses perekrutan ini adalah Ernia Lestari, yang kini bekerja pada posisi operator produksi pada lini Oppo A17.

BACA JUGA :
9 Potret rumah TKW yang viral, sempat dihina mirip kandang kambing


“Aku tahu tentang perekrutan ini dari link di group chat yang dikirimkan pihak guru sekolah, ternyata link ini merupakan informasi rekrutment di pabrik Oppo. Saya langsung coba daftar untuk bergabung, selain tertarik karena pabriknya HP Oppo, jarak tempuhnya juga sangat dekat dari rumah ke pabrik,” ungkap Ernia di sela kunjungan media ke lini produksi Oppo A77s belum lama ini.

Ernia Lestari, tenaga kerja yang bergabung melalui proses perekrutan Bursa Kerja Khusus (BKK) Kota Tangerang

Ernia bertempat tinggal di Bayur, Kota Tangerang, tepatnya berada di sekitar Masjid Pintu Seribu yang lokasinya sangat dekat dengan lokasi Oppo Manufacturing Indonesia. Dalam merekrut karyawan, Oppo Manufacturing Indonesia berupaya  memprioritaskan warga sekitar Bayur untuk menjadi tenaga kerja, yang tentunya akan dilihat kesesuaian dengan kemampuan masing–masing.

BACA JUGA :
Kisah TKI jaga kucing dan rumah di AS, digaji Rp1,5 juta per malam

Ernia yang ditugaskan pada bagian pemasangan baterai cover perangkat Oppo A17 juga membagikan pengalaman dan suka duka yang ia rasakan saat bekerja di Oppo Manufacturing Indonesia. “Lebih banyak sukanya daripada dukanya. Untuk sukanya, aku senang banget bisa keterima di sini, karena jarak dari rumah ke pabrik juga dekat. Dukanya, mungkin aku terpisah dengan teman-teman sekolah yang diterima bersamaan, mereka saat ini ditugaskan di lini produksi yang berbeda. Yang tidak terhitung adalah rasa bangga saat melihat produk Oppo A17 banyak digunakan masyarakat, itu hasil perakitan saya,” ungkap Ernia.

Mengikuti instruksi Dinas Tenaga Kerja Kota Tangerang, Oppo Manufacturing Indonesia juga memberikan kesempatan bagi tenaga kerja Kota Tangerang.

“Sesuai dengan permintaan Dinas Tenaga Kerja Kota Tangerang, kami diberikan mandat untuk memenuhi setidaknya 40% tenaga kerja dari kota Tangerang. Saat ini, posisi Oppo Manufacturing Indonesia telah memenuhi angka 35% tenaga kerja Kota Tangerang dari target yang diberikan, kami berupaya memenuhi angka tersebut pada perekrutan selanjutnya,” ujar Ziyad, HRD Manager Oppo Manufacturing Indonesia.

Ernia memiliki kebangaan tersendiri jika melihat produk OPPO A17 yang dirakit melalui tangannya

Untuk memanjakan para pekerjanya, pabrik baru Oppo ini juga dilengkapi berbagai fasilitas terbaik mulai dari fasilitas olahraga berupa lapangan sepak bola, mini soccer, running track, lapangan basket outdoor, voli, tennis meja, biliar hingga gym.

Untuk fasilitas kesehatan, Oppo juga menyediakan klinik yang dapat dimanfaatkan karyawan dan secara rutin melakukan pemeriksaan kesehatan tiap tahunnya. Fasilitas lain berupa kantin yang terdiri dari dua lantai yang mampu melayani 1.000 pekerja dan juga sarana ibadah berupa musholla yang mampu menampung 1.000 orang.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags