1. Home
  2. ยป
  3. Serius
15 Agustus 2020 01:02

Hukum perbuatan takabur beserta ciri & cara menghindarinya dalam Islam

Takabur ini adalah sifat yang sangat dibenci Allah dan Nabi Muhammad Shofia Nida
foto: freepik.com

Brilio.net - Dalam Islam, setiap perbuatan dan tingkah laku yang dilakukan oleh manusia sudah diatur dalam Alquran dan hadits. Setiap umat Islam diwajibkan untuk melakukan perbuatan yang menghasilkan amal sholeh, perbuatan yang disukai dan diridhoi oleh Allah.

Namun, tak dapat dipungkiri bahwa tidak semua manusia dapat memiliki akhlak yang baik. Akhlak merupakan sebuah sistem yang mengatur tindakan dan pola sikap manusia dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Dalam ajaran agama islam, sistem nilai tersebut merupakan sumber ijtihad sebagai salah satu metode berpikir secara Islami. Akhlak memicu terjadinya tindakan dan hubungan antara Allah, sesama manusia dan alam semesta.

Akhlak inilah yang kemudian memunculkan suatu perbuatan baik atau buruk dari seseorang. Ada manusia yang senantiasa berbuat baik, namun ada pula yang gemar melakukan perbuatan buruk, disengaja atau pun tidak disengaja. Perbuatan buruk ini banyak macamnya, salah satunya adalah perbuatan takabur.

Takabur adalah suatu perbuatan yang muncul karena adanya perasaan sombong dan merasa lebih baik dari orang lain. Seseorang yang memiliki sifat takabur membuatnya selalu ingin tampil hebat. Serta memandang rendah orang selain dirinya. Dalam sebuah hadits, Rasulullah bersabda:

"Dianggap sebagai takabur itu ialah menolak apa yang benar dan mengaggap hina kepada orang lain." (HR. Muslim)


SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags