1. Home
  2. ยป
  3. Serius
17 September 2020 16:26

10 Keistimewaan membaca sholawat pada hari Jumat bagi umat Islam

Sholawat adalah amalan yang sangat dahsyat agar manusia selamat dunia akhirat Shofia Nida
foto: freepik.com

Brilio.net - Hari Jumat merupakan hari paling istimewa dibandingkan enam hari lainnya bagi umat Islam. Jumat menjadi hari yang sangat penting dalam ajaran Islam. Bahkan, ada berbagai kejadian penting yang terjadi di hari Jumat.

Karena keistimewaannya tersebut, ada beberapa amalan sunah yang penting dilakukan saat hari jumat. Amalan sunah ini tentu akan membawa keutamaan dari keistimewaannya pada hari Jumat. Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda:

"Hari terbaik di mana pada hari itu matahari terbit adalah hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan, dimasukkan surga serta dikeluarkan darinya. Dan kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat." (HR. Muttafaqu Alaih)

Dalam risalah yang berjudul Al-Lum'ah fi Khasha'ishil Jumuah, Imam Jalaludin As-Suyuthi memasukkan amalan memperbanyak baca sholawat nabi sebagai salah satu kekhususan hari Jumat.

Seorang muslim yang membaca sholawat kepada Nabi Muhammad sama seperti memohon atau berdoa kepada Allah untuk Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam agar selalu dilimpahkan keberkahan dan keselamatan.

Bahkan memperbanyak membaca sholawat diyakini dapat mempermudah terkabulnya hajat yang diinginkan oleh seseorang. Pada dasarnya tujuan membaca sholawat adalah agar di akhirat nanti seorang muslim mendapatkan syafaat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam. Dalam suatu hadits Rasulullah bersabda:

"Apabila salah satu di antara kamu (manusia) membaca sholawat, sebaiknya diawali dengan mengagungkan nama Allah ta'ala dan memujinya, setelah itu barulah membaca sholawat kepada nabi, setelah itu barulah dapat berdoa sesuai doa yang dinginkan." (HR.Ahmad, Abu dawud dan tirmidzi)

Merujuk pada kitab Al-Lum'ah fi Khasha’ishil Jumuah, Al-Hafizh As-Suyuthi menyebutkan beberapa hadits yang menunjukkan betapa besar keutamaan amalan memperbanyak baca sholawat nabi pada hari Jumat, di antaranya adalah yang diriwayatkan oleh Aus bin Aus, Rasulullah bersabda:

"Sesungguhnya di antara hari kalian yang paling utama adalah Hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptaan dan diwafatkan, dan pada hari itu juga ditiup sangkakala dan akan terjadi kematian seluruh makhluk. Oleh karena itu perbanyaklah membaca sholawat kepadaku pada hari Jumat, karena sholawat kalian akan dipersembahkan kepadaku."

Dari Abi Umamah Rasulullah juga bersabda:
"Perbanyaklah kalian membaca sholawat kepadaku setiap hari Jumat. Barang siapa yang paling banyak membaca sholawat atasku, maka dia paling dekat kepadaku kedudukannya."


SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
MOST POPULAR
Today Tags