1. Home
  2. ยป
  3. Serius
11 Agustus 2017 04:00

10 Finalis lomba masak ikan nusantara siap buat Jokowi ketagihan makan

Koki yang menang bakal masak untuk Jokowi pada 17 Agustus di Istana Negara. Syifa Fauziah

Brilio.net - Tidak lama lagi, masyarakat akan merayakan hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72. Berbagai kegiatan pun dilakukan untuk memeriahkan. Mulai dari dekorasi dengan nuansa merah putih hingga berbagai perlombaan.

Pada perayaan kemerdekaan kali ini, Staf Kementerian Kepresidenan bekerjasama dengan beberapa kementerian menyelenggarakan Lomba Masak Ikan Nusantara di lima kota dengan mengusung tema 'Indonesia Kerja Bersama'. Acara lomba masak ini telah berlangsung sejak 3 Juli - 2 Agustus 2017 lalu.

BACA JUGA :
8 Potret anak Najwa Shihab ini jarang terekspos, ganteng & berprestasi


Setelah diseleksi dari seluruh daerah di Indoensia, terpilih 10 finalis terbaik dari lima daerah yakni Batam, Gorontalo, Biak Papua, Jakarta, dan Pontianak. Sepuluh koki yang terlipih ini nantinya akan mengolah makanan lezat dan bergizi.

"Nanti salah satu koki yang menang di lomba ini akan masak untuk Pak Presiden pada 17 Agustus besok di Istana," kata Kepala Staf Kepresidenan, Teten Masduki kepada media saat konfrensi pers di Grand Indonesia, Jakarta, Kamis (10/8).

Ia juga mengatakan pihaknya menyelenggarakan acara ini karena ingin meningkatkan minat masyarakat mengkonsumsi ikan. Ditambah lagi Indonesia merupakan negara maritim yang memiliki kekayaaan berbagai jenis ikan.

BACA JUGA :
10 Perpindahan anchor televisi yang bakal selalu diingat publik

"Selama ini saya sering menemani Pak Presiden kunjungan ke berbagai daerah di Indonesia. Namun Pak Presiden melihat miris karena masih banyak masyarakat Indonesia yang kekurangan gizi. Pak Presiden bilang kenapa harus kekurangan gizi? Toh kita punya laut yang luas? Jadi ya kita buat kegiatan ini," jelasnya.

Sementara itu, untuk penjuriannya sendiri pihak kepresidenan menunjuk Chef Profesional, Vindex Tengker dibantu empat orang juri lainnya. Untuk penilaiannya ada beberapa aspek seperti kebersihan, persentasi, kerapian dan higienitas dari menu-menu tersebut.

"Hal yang penting untuk makanan Indoensia, banyak yang berpikir tidak higienis. Apalagi cuaca di Indonesia yang seperti ini dan ketika berkutat di dapur dengan suhu yang cukup panas, kita menyebutnya danger sone karena di saat itu bakteri berkembang sangat cepat. Jadi kita perhatikan hal itu," jelasnya.

Nah, berikut daftar 10 finalis Lomba Masak Ikan Nusantara yang punya resep andalan masing-masing:

1. Abdul Kadir asal Pontianak memasak Botok Ikan Masak Putih.
2. Anita Attu asal Gorontalo memasak Iloni Burger.
3. Endang SN asal Batam memasak Es Datin.
4. Matelda F. Meryen asal Biak Numfor Papua memasak Kerang Tumis Labu Kuning.
5. Narti buo asal Gorontalo memasak Ikan Santan Goroho.
6. Non Lahibu asal Gorontalo memasak Waku Ikan Gabus Bambu Kuning.
7. Ruben Jeremia asal Jakarta memasak Gabus Pucung Sambal Pete.
8. Sri Ekowati asal Batam memasak Lontong Singkong Tongkol.
9. Sri Sudaryani asal Batam memasak Lawar Cumi.
10. Syamsudin asal Pontianak memasak Ikan Saos Kribang Daun Kesum Tabur Serundeng.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags