1. Home
  2. ยป
  3. Ragam
28 Maret 2024 15:45

Pengertian Jumat Agung, makna dan ayat Alkitab tentang penyaliban dan wafatnya Yesus Kristus

Jumat Agung adalah hari dalam tradisi Kristen yang memperingati kematian Yesus Kristus di kayu salib. Niko Sulpriyono
Makna Jumat Agung bagi umat Kristen.

Ayat Alkitab tentang Jumat Agung dan Paskah.

foto: freepik.com

BACA JUGA :
Arti Vigili Paskah, pengertian dan rangkaian ibadahnya dalam menyambut kebangkitan Yesus Kristus


1. Matius 26:2 - "Kamu tahu bahwa dalam dua hari akan Paskah, dan Anak Manusia akan diserahkan untuk disalibkan."

2. Markus 14:1 - "Paskah itu tinggal dua hari lagi. Tetua-tetua imam dan ahli-ahli Taurat berunding bagaimana mereka dapat menangkap Yesus dengan tipu daya dan membunuh Dia."

3. Lukas 22:1 - "Pesta Roti Tidak Beragi, yang disebut Paskah, sudah semakin dekat."

4. Yohanes 11:55 - "Hari-hari roti tidak beragi, hari dekat Paskah itu, orang banyak dari luar negeri pergi ke Yerusalem untuk membersihkan diri mereka."

BACA JUGA :
7 Cara menghias telur Paskah dengan mudah, sederhana, namun tetap cantik hasilnya

5. Matius 26:18 - "Katakanlah kepada tuan rumah itu: Guru berkata: Waktu-Ku dekat; pada hari itu Aku akan merayakan Paskah dengan murid-murid-Ku di rumahmu."

6. Markus 14:12 - "Pada hari pertama Roti Tidak Beragi, ketika mereka menyembelih kurban Paskah, murid-murid Yesus berkata kepada-Nya: 'Di manakah Engkau ingin kami pergi menyediakan perjamuan Paskah bagi-Mu?'"

7. Lukas 22:7 - "Hari tiba bagi Kurban Paskah. Maka Yesus menyuruh Petrus dan Yohanes, serta berkata: 'Pergilah, siapkanlah bagi Kami perjamuan Paskah, supaya Kami makan.'"

8. Yohanes 13:1 - "Sebelum Paskah, Yesus tahu, bahwa saat-Nya telah tiba untuk Ia meninggalkan dunia ini dan kembali kepada Bapa. Ia telah mengasihi murid-murid-Nya yang ada di dunia ini, dan Ia tetap mengasihi mereka sampai akhir."

9. Matius 26:20 - "Pada waktu makan, Yesus dan keduabelas murid-Nya duduk."

10. Markus 14:17 - "Ketika malam tiba, Yesus datang bersama kedua belas murid-Nya."

11. Lukas 22:14 - "Ketika saatnya tiba, Yesus dan para rasul-Nya duduk bersama-sama."

12. Yohanes 13:2 - "Pada waktu makan malam, setan telah mengilhami Yudas Iskariot, anak Simon, untuk menyerahkan Yesus."

13. Matius 26:26 - "Dan ketika mereka makan, Yesus mengambil roti dan memberkatikannya. Lalu Ia memecah-mecahkannya, memberikannya kepada murid-murid-Nya, dan berkata: 'Ambillah, makanlah, ini adalah tubuh-Ku.'"

14. Markus 14:22 - "Dan ketika mereka makan, Yesus mengambil roti, memberkati, memecah-mecahkannya, dan memberikannya kepada mereka, serta berkata: 'Ambillah, makanlah, inilah tubuh-Ku.'"

15. Lukas 22:19 - "Lalu Ia mengambil roti, memberkati, memecah-mecahkannya, dan memberikannya kepada mereka, serta berkata: 'Inilah tubuh-Ku yang diserahkan bagi kamu; lakukanlah ini untuk mengingat Aku.'"

Ayat Alkitab yang mengandung makna penyaliban.

foto: freepik.com

16. Yohanes 13:4 - "Dia bangkit dari makan, menanggalkan jubah-Nya, dan mengambil sehelai kain yang diikatkan pada pinggang-Nya."

17. Matius 26:31 - "Yesus berkata kepada mereka: 'Pada malam ini juga kamu semua akan menunjukkan keraguan terhadap Aku, karena ada tertulis: Aku akan memukul gembala, dan domba-domba kawanan-Nya akan tercecer.'"

18. Markus 14:27 - "Yesus berkata kepada mereka: 'Kamu semua akan terguling oleh Aku, karena ada tertulis: Aku akan memukul gembala, dan domba-domba akan tercecer.'"

19. Lukas 22:39 - "Yesus pergi, seperti biasa, ke Bukit Zaitun; dan murid-murid-Nya pun mengikuti-Nya."

20. Yohanes 18:1 - "Setelah Yesus mengucapkan doa itu, Ia keluar bersama para rasul-Nya dan menyeberangi sungai Kedron. Di seberang sungai itu ada sebuah kebun, dan Ia dan para rasul-Nya masuk ke dalamnya."

21. Matius 26:38 - "Maka berkatalah Yesus kepada mereka: 'Hatiku sangat sedih, sampai-sampai mautnya.'"

22. Markus 14:34 - "Yesus berkata kepada mereka: 'Hati-Ku amat sedih, bahkan sampai mati; tinggallah di sini dan berjaga-jaga.'"

23. Lukas 22:42 - "Katanya: 'Bapa, jika Engkau kehendaki, angkatlah cawan ini dari pada-Ku! Namun janganlah kehendak-Ku terjadi, tetapi kehendak-Mu.'"

24. Yohanes 18:4 - "Yesus tahu segala sesuatu yang akan menimpa-Nya, maka Ia maju dan bertanya kepada mereka: 'Siapakah yang kamu cari?'"

25. Matius 26:39 - "Ia pergi lagi dan berdoa, sambil mengucapkan kata-kata yang sama."

26. Markus 14:36 - "Dan kata-Nya: 'Abba, Bapa, segala sesuatu mungkin bagi-Mu; angkatlah cawan ini dari pada-Ku; tetapi janganlah apa yang Kukehendaki, melainkan apa yang Engkau kehendaki.'"

27. Lukas 22:44 - "Dan Ia semakin terdesak dalam doa-Nya, dan peluh-Nya menjadi seperti titik darah yang jatuh ke tanah."

28. Yohanes 18:11 - "Kata Yesus kepada Petrus: 'Masukkan pedangmu ke dalam sarungnya. Bukankah Aku harus minum cawan yang diberikan Bapa kepada-Ku?'"

29. Matius 26:57 - "Orang-orang yang menangkap Yesus membawa-Nya kepada Kajuru, imam besar yang semuanya berkumpul di situ."

30. Markus 14:53 - "Lalu mereka membawa Yesus ke hadapan imam besar, dan semua imam kepala, orang-orang tua, dan ahli-ahli Taurat berkumpul."

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags