1. Home
  2. ยป
  3. Ragam
3 Maret 2023 07:21

45 Contoh kata personifikasi, lengkap dengan pengertian, ciri-ciri dan jenisnya

Majas personifikasi adalah salah satu jenis majas atau gaya bahasa yang sering digunakan dalam puisi, prosa, dan teks sastra lainnya. Shofia Nida
foto: pixabay.com

Brilio.net - Dalam bahasa Indonesia ada sebuah gaya bahasa yang digunakan untuk menambahkan daya tarik pada sebuah teks atau pidato, yaitu majas. Majas digunakan untuk memperkaya bahasa dan membuatnya lebih berwarna-warni, sehingga dapat menarik perhatian dan membangkitkan emosi serta perasaan pada para pendengar atau pembaca.

Majas sering digunakan dalam sastra, puisi, prosa, dan pidato. Tujuannya adalah untuk membuat teks atau pidato lebih hidup dan menarik perhatian pendengar atau pembaca. Penggunaan majas yang tepat dapat meningkatkan kesan estetika dan kualitas suatu karya sastra atau pidato, sehingga dapat lebih memikat dan menginspirasi audiens. Salah satu majas yang sering digunakan dalam bahasa Indonesia adalah majas personifikasi.

BACA JUGA :
55 Contoh kata metafora, ketahui ciri-ciri dan jenisnya


Majas personifikasi adalah salah satu jenis majas atau gaya bahasa yang sering digunakan dalam puisi, prosa, dan teks sastra lainnya. Istilah personifikasi berasal dari bahasa Latin, yaitu "persona" yang berarti "masker" atau "karakter". Majas personifikasi digunakan untuk memberikan sifat manusia atau karakteristik pada benda mati, hewan, atau fenomena alam.

Dalam majas personifikasi, benda mati atau hewan dianggap memiliki sifat-sifat manusia, seperti kemampuan berpikir, merasakan, dan berbicara. Contohnya, dalam puisi "Pohon Tua" karya Chairil Anwar, pohon tua di personifikasikan dengan memberikan sifat-sifat manusia, seperti meratap dan menangis.

Selain itu, masih banyak contoh yang bisa kamu pelajari tentang kata personifikasi, seperti 45 contoh kata personifikasi berikut, yang dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (2/3).

BACA JUGA :
35 Contoh kata bujukan, lengkap dengan penjelasan, ciri dan jenisnya yang mudah dipahami

Ciri-ciri majas personifikasi.

foto: pixabay.com

1. Memberikan sifat manusia pada benda mati atau hewan: majas personifikasi digunakan untuk memberikan sifat manusia pada benda mati atau hewan, seperti memberikan kemampuan berbicara atau berpikir pada objek tersebut.

2. Membuat objek yang dipersonifikasikan hidup: dengan memberikan sifat manusia pada benda mati atau hewan, majas personifikasi membuat objek yang dipersonifikasikan hidup dan memiliki karakteristik yang unik.

3. Membuat teks lebih menarik: majas personifikasi digunakan untuk membuat teks lebih menarik dan memikat pembaca dengan memberikan pengalaman atau pandangan baru tentang objek yang dipersonifikasikan.

4. Memperdalam makna atau pesan dalam teks: dalam beberapa kasus, majas personifikasi digunakan untuk memperdalam makna atau pesan dalam teks dengan memberikan karakteristik lebih mendalam pada objek yang dipersonifikasikan.

5. Sering digunakan dalam puisi dan teks sastra: majas personifikasi sering digunakan dalam puisi dan teks sastra, karena memberikan efek yang kuat pada pembaca dan menambah dimensi baru dalam pemahaman terhadap objek atau tokoh dalam cerita.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags