1. Home
  2. ยป
  3. Ragam
30 September 2022 22:26

25 Contoh fi'il mudhori dan penjelasannya, mudah dipahami

Fiil mudhari adalah kata kerja yang digunakan untuk menunjuk peristiwa sekarang dan masa depan. Brilio.net
foto: pixabay.com

Brilio.net - Kata kerja bukan hanya di bahasa Inggris saja, namun kata kerja juga terdapat di dalam bahasa Arab. Di dalam ilmu nahwu terdapat tiga kalimat fi'il, yang keduanya adalah fiil mudhori. Apa sih yang dimaksud fi'il mudhori itu?

Fiil mudhari adalah kata kerja yang digunakan untuk menunjuk peristiwa sekarang dan masa depan. Fiil mudhari dapat dibedakan menjadi dua jenis yakni murab dan mabni.

BACA JUGA :
51 Contoh kalimat bahasa Bali, belajar mudah mulai dari sini


Pengertian fi'il mudhori

Fiil mudhori adalah kata kerja yang menunjukkan kejadian sesuatu pada saat berlangsungnya pekerjaan atau setelahnya. Jadi suatu pekerjaan yang pantas digunakan untuk kejadian saat sedang berlangsung atau akan berlangsung. Tanda fiil mudhori yaitu diawali dengan huruf mudhoroah yaitu hamzah, ya, nun dan ta dan disingkat anaitu.

Menurut Ghalayaini dalam kitab Jami Al-Durus Al-Arabiyah, fiil mudhari juga bisa diartikan sebagai kata yang menunjukkan arti pada dirinya sendiri, disertai dengan waktu atau zaman yang 'sedang' dan 'akan' terjadi. Misalnya, yajiu-yajtahidu-yataallamu.

Fiil mudhori harus dibaca rofa (diberi tanda dhommah), selama tidak kemasukan amil nashob dan amil jazem. Contoh yaktubu, yajlisu, yadzhabu.

BACA JUGA :
75 Contoh kalimat opini, lengkap dengan pengertiannya

Adapun fi'il mudhori bisa dibaca nashob (diberi tanda fathah di akhir kata) karena terdapat amil yang menashobkan fi'il mudhori, Tertulis dalam nadhoman syair di bawah ini tentang amil yang menashobkan fiil mudhori.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags