1. Home
  2. ยป
  3. Ragam
27 Maret 2024 19:25

10 Contoh peduli lingkungan di sekolah, tanamkan budaya cinta alam dalam diri siswa

Contoh paling sederhananya adalah kegiatan bersih-bersih di sekolah. Cara ini dapat meningkatkan kepedulian siswa terhadap lingkungan. Brilio.net
Contoh peduli lingkungan di sekolah

Contoh peduli lingkungan di sekolah, cocok sebagai wadah pendidikan cinta alam

Contoh peduli lingkungan di sekolah
freepik.com

BACA JUGA :
25 Contoh integrasi sosial di sekolah, usaha peningkatan mutu kehidupan bangsa


6. Mengadakan penyuluhan kesadaran lingkungan

Contoh peduli lingkungan di sekolah selanjutnya, yaitu dengan mengadakan penyuluhan kesadaran lingkungan. Sekolah dapat mengadakan agenda semacam ini untuk menanamkan kepedulian terhadap lingkungan dalam diri siswa. Penyuluhan ini dapat berupa pemaparan dampak atau akibat jika lingkungan tidak dijaga dengan baik, dan juga bagaimana langkah-langkah konkrit menjaga lingkungan agar tetap terjaga. Sekolah juga bisa bekerjasama dengan komunitas pemerhati lingkungan setempat dalam mensukseskan kegiatan ini.

7. Menjaga keanekaragaman hayati

BACA JUGA :
10 Contoh bazar di sekolah, bisa jadi wadah kreativitas dan kemandirian siswa

Keanekaragaman hayati di lingkungan sekolah dapat terjaga dengan baik, bilamana warga sekolah memiliki kesadaran akan lingkungan yang tinggi. Tersedianya lahan terbuka hijau di lingkungan sekolah, dapat menjadi area pengembangan hayati yang berkelanjutan. Beragam varietas tanaman obat-obatan, buah-buahan, ataupun tempat berkembang biak hewan liar juga menjadi faktor penting dalam menjaga keanekaragaman hayati. Hal ini dapat menumbuhkan kepedulian akan lingkungan jauh lebih tinggi dalam diri siswa.

8. Mengajarkan pendidikan lingkungan

Contoh peduli lingkungan sekolah yang perlu ditingkatkan yang dengan mengajarkan pendidikan lingkungan. Materi pelajaran seputar lingkungan perlu diintegrasikan lebih jauh ke dalam kegiatan belajar mengajar. Para siswa lebih diajak untuk mengenal, memahami, serta menyayangi kehidupan alam sekitar. Siswa perlu dikenalkan dengan berbagai dampak kerusakan alam yang saat ini terjadi, seperti masalah pemanasan global, banjir, kelangkaan sumber daya, dan lain sebagainya.

9. Mengurangi penggunaan barang sekali pakai

Langkah konkrit untuk menumbuhkan budaya cinta alam dan lingkungan yakni dengan mengadakan program mengurangi penggunaan barang sekali pakai. Barang sekali pakai yang dimaksud adalah barang-barang yang tidak bisa didaur ulang kembali, alhasil menjadi sampah non organik yang membahayakan alam. Contohnya saja seperti botol plastik minuman, styrofoam, dan lain-lain.

10. Berkolaborasi dengan komunitas atau pemerintah

Contoh peduli lingkungan di sekolah yang terakhir yakni dengan berkolaborasi dengan komunitas atau pemerintah setempat dalam mengadakan berbagai agenda peduli lingkungan. Sekolah dapat mengajukan proposal acara kepada berbagai pihak pemerhati lingkungan, nanti seluruh warga sekolah diajak bekerjasama dalam melakukan aksi cinta lingkungan. Seperti halnya penanaman 1 ribu bibit pohon baru di sekitar sekolah, dan lain sebagainya. Kegiatan ini dapat merangsang kepedulian lingkungan dalam diri siswa.

Itulah 10 contoh peduli lingkungan di sekolah, tanamkan budaya cinta alam dalam diri siswa. Harapannya, setelah kamu mengetahui berbagai ide mengadakan agenda seputar peduli lingkungan, kamu dapat mempraktikannya di lingkungan sekolah. Kamu bisa mengajak teman ataupun guru dalam mengadakan kegiatan tersebut. Sayangilah lingkunganmu, niscaya alam akan memberikanmu kebaikannya. Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Magang/Zidan Fajri

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags