1. Home
  2. ยป
  3. Ragam
27 Maret 2024 19:25

10 Contoh peduli lingkungan di sekolah, tanamkan budaya cinta alam dalam diri siswa

Contoh paling sederhananya adalah kegiatan bersih-bersih di sekolah. Cara ini dapat meningkatkan kepedulian siswa terhadap lingkungan. Brilio.net
Contoh peduli lingkungan di sekolah

Contoh peduli lingkungan di sekolah, menumbuhkan kesadaran siswa sejak dini

Contoh peduli lingkungan di sekolah
freepik.com

BACA JUGA :
25 Contoh integrasi sosial di sekolah, usaha peningkatan mutu kehidupan bangsa


1. Mengadakan program daur ulang sampah

Contoh peduli lingkungan di sekolah bisa dilakukan dengan mengadakan program daur ulang sampah. Sekolah dapat memfasilitasi keberlangsungan program ini, adapun caranya dengan menyediakan tempat sampah sesuai jenisnya, yaitu tempat sampah organik dan non-organik.

Selanjutnya para siswa diarahkan untuk membuang setiap sampah sesuai dengan jenisnya, sampah organik dapat dimanfaatkan sebagai kompos alami yang dibutuhkan tanaman. Sedangkan sampah non-organik, seperti kertas, plastik, dan sebagainya dapat dikumpulkan dan diolah kembali menjadi berbagai barang daur ulang. Apabila program ini bisa terlaksana dengan baik, warga sekolah akan menyadari manfaat peduli terhadap lingkungan

BACA JUGA :
10 Contoh bazar di sekolah, bisa jadi wadah kreativitas dan kemandirian siswa

2. Membuat taman sekolah berkelanjutan

Contoh peduli lingkungan di sekolah selanjutnya yakni dengan membuat taman sekolah berkelanjutan. Pihak sekolah, didukung oleh para guru dan perwakilan siswa dapat memanfaatkan lahan terbuka hijau sebagai taman sekolah. Selain faktor estetika, pembangunan taman ini dapat menjadi sarana pembelajaran yang menarik.

Keanekaragaman hayati seperti tanaman yang memiliki khasiat sebagai obat dapat ditanam di lahan tersebut. Selain itu, bisa juga sekaligus membuat area ternak dalam lingkup kecil, seperti kolam ikan atau kandang kelinci. Taman sekolah adalah salah satu sarana pembelajaran peduli lingkungan yang paling baik.

3. Mengadakan program penanaman bibit pohon

Mengadakan program penanaman bibit pohon di lahan terbuka hijau adalah salah satu contoh peduli lingkungan di sekolah yang konkrit. Penanaman tersebut dimaksudkan agar area di sekitar sekolah asri dan juga sebagai tempat bernaungnya keanekaragaman hayati lainnya. Pohon-pohon tersebut dapat berguna sebagai penyumbang oksigen bersih di lingkungan sekolah. Selain itu, penanaman bibit pohon juga bisa meningkatkan keindahan sekolah.

Pepohonan yang rindang dapat dimanfaatkan guru sebagai area pembelajaran di luar ruang kelas, sebagai pembelajaran explore lingkungan yang lebih menarik. Program ini dapat menumbuhkan kepedulian siswa terhadap lingkungan, baik di lingkup sekolah maupun di lingkungan tempat tinggalnya.

4. Mengadakan agenda kegiatan bersih lingkungan

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, contoh peduli lingkungan di sekolah yang paling mudah diterapkan yakni dengan mengadakan agenda kegiatan bersih lingkungan. Kegiatan bersih lingkungan dapat melibatkan seluruh warga sekolah tanpa terkecuali. Adapun area yang dibersihkan yakni, ruang kelas, ruang guru, kantin, lapangan, lahan terbuka hijau, dan berbagai sarana prasarana sekolah lainnya.

Kegiatan ini selain memupuk kebersamaan dan melatih siswa agar tidak takut kotor, juga sangat berguna dalam menumbuhkan jiwa cinta alam terhadap lingkungan dalam diri mereka. Guru dan staff sekolah lain juga dapat mengemas kegiatan ini menjadi lebih menarik dan menyenangkan agar para siswa lebih gembira mengikuti agenda bersih lingkungan sekolah.

5. Melakukan penghematan energi

Contoh peduli lingkungan di sekolah yang sangat mudah diterapkan selanjutnya yakni dengan melakukan penghematan energi. Penghematan energi berfungsi sebagai aksi pembelajaran terhadap siswa, energi yang selama ini selalu terpakai tanpa adanya penghematan mengakibatkan eksploitasi energi berlebihan.

Akibatnya kondisi alam semakin memburuk dan mampu menimbulkan ancaman bencana alam di masa yang akan datang. Penghematan energi dapat dilakukan dengan cara mematikan seluruh perangkat elektronik dalam jangka waktu tertentu, selain itu dapat diadakan dengan cara mengajak seluruh warga sekolah tidak menggunakan kendaraan pribadi saat hendak berangkat atau pulang dari sekolah. Harapannya para siswa semakin menyadari pentingnya pemanfaatan energi secukupnya demi keberlangsungan kehidupan alam yang lebih baik.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags