9 Skor adu penalti terbanyak di Piala Dunia, kejutan Korsel vs Spanyol

Kekayaan Italia

6. Piala Dunia 2006; Italia vs Prancis (5-3)

foto:Twitter/@shemsifcb

Final Piala Dunia 2006 akan selalu dikenang oleh kamu fans bola 2000an. Pasalnya, ini adalah tahun terakhir di mana kamu bisa melihat Italia berjaya di turnamen 4 tahunan ini. Berhasil menembus ke final, Italia menantang Prancis untuk berebut juara. Pertandingan sangat seru, skor sama kuat, permainan penuh taktik dan intrik. Dan kedua tim harus menyelesaikan pertandingan sampai titik penghabisan di babak adu penalti. Italia berhasil menang setelah semua algojonya sukses menaklukkan kiper Fabien Barthez.

7. Piala Dunia 2010; Paraguay vs Jepang (5-3)

foto:Twitter/@FIFAWorldCup

Asa Jepang untuk lolos pertama kalinya di babak perempat final harus pupus ketika berhadapan dengan Paraguay di 16 besar Piala Dunia 2010. Melawan wakil Amerika LAtin, Jepang harus puas dengan skor kacamata sampai akhir laga. Adu penalti yang diadakan di akhir laga justru jadi malapetaka bagi pasukan samurai biru. Mereka gagal mengungguli kesuksesan para algojo Paraguay yang sukses mengeksekusi penalti 5 kali sementara Jepang hanya 3 kali.

8. Piala Dunia 2014; Kosta Rika vs Yunani (5-3)

foto:Twitter/@gpd2001gr

Duel tim Kuda Hitam pada babak 16 besar Piala Dunia 2014 tersaji mempertemukan Kosta Rika dan Yunani. Pertandingan kedua tim sangat sengit. Skor akhir pertandingan 1-1. Hingga babak adu penalti diadakan, Kosta Rika begitu tangguh lewat kiper mereka yang kelak bersinar, Keylor Navas.

9. Piala Dunia 1990; Argentina vs Italia (4-3)

foto:Twitter/@RealEnoc37

Argentina seperti tampil di kandang sendiri ketika menghadapi Italia di semifinal Piala Dunia 1990. Bertanding di kota Naples, publik kota Italia Selatan itu lebih tertarik mendukung Maradona yang merupakan pahlawan klub Napoli dibanding timnas mereka yang merupakan orang-orang Italia Utara.

Namun Italia sebagai tuan rumah tak mau menyerah begitu saja. Sampai akhir lagai skor mereka sama kuat 1-1. Pada baba kadu penalti, Italia gagal melaksanakan 2 penalti dari 5 kali percobaan. Sementara para penendang Argentina, termasuk Maradona, sukses mengemban tugas mereka.


(brl/pep)