7 Aksi penyelamatan hebat di Piala Dunia, Buffon dijuluki Superman

Oliver Kahn vs Amerika Serikat | Piala Dunia 2002

1. Oliver Kahn vs Amerika Serikat | Piala Dunia 2002.

foto: Twitter/@FIFAWorldCup

Saat pertandingan perempat final Piala Dunia 2002 di Ulsan, Korea Selatan, di awal babak pertama, Stars and Stripes punya peluang emas lewat aksi Landon Donovan. Sempat mengelabuhi dua pemain bertahan Jerman termasuk Dietmar Hamann yang di-nutmeg, Donovan mengirim satu tembakan plesing yang indah.

Tendangan itu sudah tepat sasaran untuk bersarang tepat di dalam tiang kanan. Namun sayangnya gawang tersebut dijaga oleh Oliver Kahn. Penjaga gawang dan kapten Jerman itu berhasil 'terbang' dan menghalau bola menjadi melebar tipis ke sisi kanan. Aksi ini dinobatkan sebagai penyelamatan terbaik di Piala Dunia edisi tersebut.

 

 

7. Dino Zoff vs Brasil | 1982.

foto: Twitter/@thecentretunnel

Saat Italia menghadapi Brasil di putaran kedua babak grup Piala Dunia 1982, pertandingan berjalan seru dengan aksi saling berbalas gol. Striker Azzurri saat itu Paolo Rossi berhasil mencetak hattrick yang membuat kedudukan jadi 3-2 untuk keunggulan Italia.

Brasil hanya butuh gol penyama agar bisa lolos dari fase grup. Namun dalam satu peluang, ketika pemain Brasil mengayunkan sebuah umpan dari luar kotak penalti, bola itu disundul dengan keras ke gawang Italia. Namun Dino Zoff melompat dengan sigap untuk menahan bola itu dan jatuh tepat di depan garis gawang. Bola itu segera diamankan oleh Zoff dan dirinya bangkit untuk melempar bola keluar ke tengah lapangan.

 


(brl/tin)