5 Rekor pertemuan Argentina vs Kroasia di Piala Dunia jelang semifinal Qatar 2022

Argentina pernah kalah telak

1. Argentina 0-0 Kroasia: Pertandingan persahabatan 1994

foto: Twitter/@AnthonyZoric

Pertandingan ini digelar pada 4 Juni 1994. Pertandingan ini adalah uji coba kedua tim dalam persiapan Piala Dunia 1994 di Amerika Serikat. Karena masih uji coba, kedua tim bermain imbang dengan skor kacamata.

2. Argentina 1-0 Kroasia: Pertandingan babak grup Piala Dunia 1998

foto: Twitter/@ZachLowy

Argentina dan Kroasia bertemu untuk pertama kalinya di babak grup H Piala Dunia 1998 Prancis. Di grup ini kedua tim sama-sama menjadi unggulan setelah berhasil mengalahkan dua tim lainnya yakni Jepang dan Jamaika.

Argentina vs Kroasia kemudian bertanding di laga ketiga babak grup. Keduanya sudah sama-sama mengemas enam poin dari dua kemenangan. Namun di pertandingan ini Argentina tetap digdaya dengan menang dengan skor tipis 1-0 atas Kroasia.

3. Argentina 2-3 Kroasia: Pertandingan persahabatan 2006

foto: Twitter/@VarskySports

Laga Argentina vs Kroasia kembali tersaji delapan tahun kemudian. Sama seperti kala mereka bertemu di 1994, pertandingan ini juga merupakan uji coba menjelang Piala Dunia 2006. Kedua tim saling balas gol yang kemudian di akhir laga Kroasia berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 3-2.

4. Argentina 2-1 Kroasia: Pertandingan persahabatan 2014

foto: Twitter/@oltsport_

Dule kedua negara kembali tersaji lagi pada 2014. Kali ini juga laga uji coba persahabatan menjelang Piala Dunia 2014 di Brasil. Argentina kala itu sudah diperkuat Lionel Messi dan Kroasia dengan Luka Modricnya. Kali ini Argentina berhasil menang dengan skor 2-1.

5. Argentina 0-3 Kroasia: Pertandingan babak grup Piala Dunia 2018

foto: Twitter/@bwin_uk

Salah satu "luka" Argentina dari Kroasia adalah ketika mereka dibantai tiga gol tanpa balas di babak grup Piala Dunia 2018 Rusia. Luka Modric dkk tampil begitu dominan. Sementara Lionel Messi dan rekan-rekannya dibuat tidak berkutik.

Kekalahan ini membuat Argentina hampir saja tidak lolos ke babak 16 besar. Namun mereka berhasil lolos setelah kemenangan di pertandingan ketiga melawan Nigeria di babak grup. Argentina lolos sebagai runner up, dan Kroasia sebagai juara grup.

Momen semifinal Piala Dunia 2022 bisa jadi digunakan para punggawa Argentina untuk membalas kekalahan memalukan mereka empat tahun silam.


(brl/pep)