1. Home
  2. ยป
  3. News
9 Maret 2016 05:30

Gerhana matahari menginspirasi lahirnya 8 novel populer ini

Fenomena langit ini terbilang cukup langka dan bahkan hanya bisa disaksikan sekali seumur hidup. Tony Febryanto

Brilio.net - Fenomena astronomi gerhana matahari terjadi hari ini (9/3). Sejumlah wilayah di Indonesia akan dilalui peristiwa gerhana matahari total (GMT) di antaranya Bengkulu, Bangka-Belitung, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara.

Karena fenomena langit ini terbilang cukup langka dan bahkan hanya bisa disaksikan sekali seumur hidup, tak heran jika masyarakat Indonesia tampak antusias menunggu detik-detik GMT. Peristiwa ini juga mencuatkan berbagai jenis mitos, cerita rakyat, dan desas-desus seputar gerhana matahari.

BACA JUGA: 15 Tips yang bikin liburanmu bareng keluarga penuh warna & nggak capek

Saking menariknya fenomena GMT, maka muncullah karya seni, seperti novel dan film yang kisahnya terinspirasi gerhana matahari. Penasaran? Dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (8/3), berikut deretan novel populer yang mengisahkan fenomena gerhana matahari.

1. Illegal Alien (1997), karya Robert J Sawyer

BACA JUGA :
8 Tips hasilkan foto keren gerhana matahari dengan kamera smartphone



foto: upload.wikimedia.org

Dikisahkan alien mengunjungi bumi dan mengamati gerhana matahari total. Mereka mengira bumi satu-satunya planet di seluruh alam semesta yang mengalami GMT. Meskipun tidak secara eksplisit dinyatakan dalam novel, diprediksi waktu gerhana matahari itu terjadi pada 11 Agustus 1999.

2. King Solomon's Mines (1885), karya Sir H Rider Haggard


foto: upload.wikimedia.org

BACA JUGA :
16 Meme gerhana matahari total ini bakal bikin perut kamu pegal-pegal

Novel populer ini ditulis era Victoria yang bercerita tentang pencarian dari wilayah yang belum dijelajahi di Afrika oleh sekelompok petualang yang dipimpin oleh Allan Quatermain. Ini adalah novel berbahasa Inggris pertama yang mengambil setting di Afrika dan kemudian diangkat ke layar lebar sebanyak tiga kali.

3. Gerald's Game dan Dolores Claiborne (1992), karya Stephen King


foto: upload.wikimedia.org

Kamu yang menyukai novel tentu pernah mendengar nama Stephen King dong? Nah, novel Gerald's Game dan Dolores Claiborne merupakan karya King yang mengisahkan tentang fenomena gerhana matahari.

4. Pitch Black: Fight Evil with Evil (2000), karya Frank Lauria dan David Twohy


foto: upload.wikimedia.org

Pernah nonton film The Chronicles of Riddick: Pitch Black yang dibintangi Vin Diesel? Film tersebut kabarnya diangkat dari novel Pitch Black: Fight Evil with Evil.

5. Eclipse (2000) dan Shroud (2002), karya John Banville


foto: upload.wikimedia.org

Kedua novel tersebut menceritakan sebuah kisah yang dilatarbelakangi kejadian gerhana matahari. Menurut review dari The New York Times, "Seperti Nabokov, Banville menangkap kenikmatan estetika jelas tentang realitas yg terjadi setiap hari dengan cara yang paling memuaskan.."

6. The Strain (2009), karya Guillermo del Toro dan Chuck Hogan


foto: upload.wikimedia.org

The Strain merupakan novel bergenre horor. Ini adalah trilogi pertama dari The Strain Trilogy, dan kemudian diikuti oleh The Fall (2010) dan The Night Eternal (2011).

7. Every Soul A Star (2008), karya Wendy Mass


foto: upload.wikimedia.org

Novel ini bisa dibaca oleh anak-anak maupun orang dewasa. Every Soul A Star mengisahkan karakter Jack (13) yang memiliki kelebihan berat badan; Ally (13), seorang gadis rumahan yang ingin menjadi seorang astronom; dan Bree, yang bercita-cita menjadi coverboy majalah Seventeen sebelum ia berusia 17 tahun. Mereka bertemu dan melihat gerhana matahari bersama-sama sambil belajar tentang arti kehidupan dan menjadi orang yang lebih baik.

8. A Memory of Light (2013), karya Robert Jordan dan Brandon Sanderson


foto: upload.wikimedia.org

A Memory of Light adalah buku ke-14 dan terakhir dari seri fantasi The Wheel of Time. Awalnya novel ini diperkirakan bisa terbit sekitar bulan Maret 2012. Namun sempat tertunda beberapa kali, dan edisi hardcover akhirnya dirilis pada 8 Januari 2013. Novel ini menjadi salah satu karya best seller.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags