1. BRILIO.NET
  2. »
  3. Jalan-Jalan
22 Februari 2016 06:04

15 Tips yang bikin liburanmu bareng keluarga penuh warna & nggak capek

Tujuan liburan untuk menikmati waktu bersama keluarga jangan sampai berantakan hanya gara-gara persiapan yang buruk.
foto: inqlusions.org

Brilio.net - Liburan bersama keluarga menjadi salah satu momen pas untuk lebih mempererat tali silaturahmi, keakraban, dan keharmonisan dalam keluarga. Ini tentunya juga cara yang baik untuk menikmati waktu berkualitas bersama orang-orang tersayang.

Liburan bersama keluarga tentu sangat berbeda dengan liburan lainnya, seperti sendirian atau bersama teman. Banyak pertimbangan dan persiapan yang harus matang agar saat di perjalanan tak timbul permasalahan dan keruwetan.

Tak ayal, liburan keluarga menjadi agenda yang musti dibahas jauh-jauh hari. Selain mencari kesepakatan lokasi liburan yang pas, tentu juga turut dibahas persiapan dan berbagai macam perlengkapan yang harus dibawa. Terutama, apabila liburan kali ini diikuti oleh keluarga besar dengan berbagai macam karakter usia dan kebutuhan yang berbeda-beda.

Nah, tujuan liburan untuk menikmati waktu bersama keluarga jangan sampai berantakan hanya gara-gara persiapan yang buruk. Karenanya, brilio.net akan memberikan tips yang bisa menjadi referensi kamu bila suatu saat akan liburan bersama keluarga, Senin (22/2).

1. Bawa alas buat santai bareng.


foto: aliexpress

Liburan keluarga serasa piknik bersama, dengan membawa alas yang bisa berupa tikar, karpet dan sebagainya untuk tempat berkumpul. Terutama jika kamu dan keluargamu membawa bekal makan siang yang bisa dinikmati bersama, sembari bercengkerama dan melihat pemandangan indah di tempat wisata.

2. Pilih penginapan yang sesuai dengan budget dan kenyamanan berinterkasi.


foto: diamondcoast.ie

Banyak tipe penginapan yang bisa kamu dan keluargamu pilih. Tapi saat liburan keluarga, usahakan penginapan tersebut bisa mengakomodasi satu keluarga penuh atau ruang untuk sekadar berkumpul. Kamu bisa memilih seperti halnya villa, homestay maupun hotel dengan fasilitas kamar yang bisa digunakan untuk keluarga.

3. Pesan tiket wisata jauh-jauh hari agar nggak kehabisan atau waktu habis untuk mengantre.


foto: aqualand.ie

Tanpa kamu sadari, mengantre tiket menjadi salah satu hal yang menyita waktu kamu dan keluargamu di tempat wisata yang dituju saat liburan. Risiko yang lebih buruk adalah kamu kehabisan tiket jika membelinya mendadak. Saat ini, banyak agen tiket online yang bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan tiket tempat wisata. Namun, jika kamu tak menemukannya via online, kamu bisa membeli tiket on the spot pada jam awal buka agar nggak kehabisan dan antrean belum banyak.

4. Tak perlu banyak lokasi wisata yang didatangi, sediakan waktu lama di salah satu lokasi untuk menikmati kebersamaan.


foto: inqlusions.org

Tak musti banyak mengunjungi lokasi wisata saat liburan keluarga. Kamu dan keluargamu bisa mencari salah satu spot yang cocok untuk wisata bersama meliputi area yang nyaman, sarana dan prasarana yang mendukung sehingga liburanmu lebih maksimal.

5. Cari rumah makan berdaya tampung besar dan tempatnya nyaman buat bersantai.


foto: littleeats.com.au

Selama liburan, tentu kamu dan keluargamu akan mampir ke rumah makan. Banyak rekomendasi rumah makan yang cocok buat keluarga, tak hanya makanannya namun juga tempatnya yang dinilai cocok untuk bersantai. Seperti tersedianya kolam ikan, gazebo dan tempat bermain anak akan memberi nilai lebih saat liburan.

6. Bawa perlengkapan yang efisien, hanya barang dibutuhkan saja.


foto: huffingtonpost.co.uk

Tak perlu barang bawaan yang banyak, kadang hal ini yang lupa kamu perhatikan. Terkadang keluargamu membawa barang-barang yang nantinya juga tak terlalu banyak digunakan sehingga dan hanya akan memenuhi bagasi kendaraan kamu. Pilihlah barang-barang yang efisien dan cukup mengakomodasi selama liburan.

7. Pilih lokasi wisata yang mudah dijangkau transportasi.


foto: sunshinecoastlifestyle.com.au

Spot liburan yang mudah dijangkau transportasi bisa kamu prioritaskan, apalagi rombongan keluargamu terdapat anak-anak yang masih kecil. Selain memudahkan, kamu bisa menjangkaunya dengan kendaraan pribadi tanpa harus berganti kendaraan lain.

8. Perhatikan cuaca atau musim.


foto: standart.co.uk

Cuaca yang tak menentu bisa menjadi pertimbangan kamu memilih spot wisata. Tergantung cuaca, kamu bisa lebih memilih prioritas spot liburan bisa indoor maupun outdoor dengan mempertimbangkan cuaca. Hal tersebut dilakukan demi liburan yang maksimal.

9. Jeli mencari promo tiket agar pengeluaranmu tidak membengkak.


foto: airasia.com

Rencana liburan yang mengharuskan kamu dan keluargamu menggunakan transportasi umum baik udara, darat hingga laut patut dipertimbangkan cara mendapatkan tiketnya. Kamu tentu tak mau rencana liburanmu dan keluargamu gagal karena tak mendapatkan tiket pesawat, misalnya. Padahal, banyak maskapai seperti AirAsia yang rutin memberikan promo jauh hari dengan nominal yang nggak bikin kantong jebol. Cocok untuk liburan keluargamu.

10. Hindari lokasi wisata ekstrem.


foto: wildfrontierstravel.com

Kondisi spot wisata harus kamu pertimbangkan jika memutuskan liburan bersama keluarga. Hindari memilih lokasi wisata ekstrem karena belum tentu semua anggota keluargamu sanggup menghadapinya. Keselamatan dan kenyamanan saat liburan menjadi prioritas utama.

11. Cari waktu yang pas untuk berangkat biar efektif di jalan.


foto: seenice.com

Kamu pasti sudah umum dengan kemacetan jalan raya yang bikin liburanmu dan keluarga terganggu. Nah, tipsnya kamu bisa berangkat satu hari sebelum atau pada malam hari saat belum banyak wisatawan lain yang berangkat. Paling tidak kamu bisa menghemat waktu daripada harus terjebak dalam kemacetan.

12. Sediakan bagasi kosong untuk menampung oleh-oleh saat pulang liburan.


foto: keepingupwiththeshaffers.blogspot.com

Area khusus oleh-oleh tak boleh terlewatkan. Meskipun berangkatnya kosong melompong, area di bagasi yang sudah kamu persiapkan itu bakalan penuh dengan oleh-oleh. Daripada kamu kebingungan saat akan pulang karena bawaan kamu jadi banyak, mending sediakan sejak sebelum berangkat.

13. Bawa uang saku lebih untuk antisipasi biaya tak terduga.


foto: saga.co.uk

Perhitungan pengeluaran sangat penting. Jangan sampai uang saku yang kamu bawa untuk akomodasi liburan bersama keluarga pas banget atau malah kurang. Kamu bakal kerepotan dan ruwet sendiri. Ada baiknya kamu persiapkan uang saku lebih untuk mengantisipasi pengeluaran tak terduga.

14. Objek yang kamu datangi bersama keluarga masih terjangkau jaringan telekomunikasi.


foto: theverge.com

Di era teknologi ini, perangkat seluler sudah menjadi barang pribadi yang sangat penting. Tak ayal, spot wisata yang terjangkau sinyal telekomunikasi menjadi tempat yang lebih pas untuk wisata keluargamu. Belum lagi, bakal banyak komunikasi pribadi anggota keluarga seperti bisnis, kepentingan pribadi dan sebagainya yang masih tetap dilakukan saat liburan. Akses komunikasi ini juga penting jika terjadi kondisi darurat. Akan lebih baik kalau kamu juga mempunyai nomor telepon rumah sakit maupun kantor kepolisian terdekat.

15. Pastikan semua anggota keluarga dalam kondisi badan yang fit.


foto: huffingtonpost.co.uk

Nah, kesehatan badan patut diperhatikan. Terutama buat anggota keluargamu agar bisa maksimal saat liburan, dan juga tidak mengganggu agenda liburan bila ada yang sakit di perjalanan. Sebelum berangkat, dipastikan terlebih dahulu kira-kira apakah ada anggota keluarga yang kurang fit. Kamu juga perlu membawa perlengkapan kesehatan untuk pertolongan pertama.

(brl/pep)

Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

Share This Article

To:

Cc:

Subject:

15 Tips yang bikin liburanmu bareng keluarga penuh warna & nggak capek.
Tujuan liburan untuk menikmati waktu bersama keluarga jangan sampai berantakan hanya gara-gara persiapan yang buruk.
https://www.brilio.net/jalan-jalan/15-tips-yang-bikin-liburanmu-bareng-keluarga-penuh-warna-nggak-capek-160220o.html
SEND

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES


Show More Stories


Jangan cuma disimpen sendiri,
Posting karyamu dan menangin uang tunai
di platform baru, Brilio Creator!

Ikutan Di Sini
TOP

Would you like to switch to the English Version?