1. Home
  2. ยป
  3. Kuliner
1 Juni 2016 22:32

10 Makanan khas Lampung yang wajib kamu coba, siap menggoyang lidahmu!

Kuliner Lampung tidak dapat terpisahkan dari campuran rempah-rempah yang kental dan sangat beraroma. Andi Rosita Dewi

Brilio.net - Kekayaan kuliner di Indonesia memang tidak terbantahkan lagi. Setiap daerah tentu memiliki kuliner menggoyang lidah yang lezat dan sehat. Kali ini kuliner lezat itu akan berasal dari Lampung. Sebagai salah satu provinsi dengan penduduk Melayu yang cukup besar di Indonesia maka kuliner Lampung tidak dapat terpisahkan dari campuran rempah-rempah yang kental dan sangat beraroma.
 
Kamu pecinta kuliner dan berencana untuk liburan ke Lampung? Maka 10 kuliner yang dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (1/6), ini nggak boleh kamu lewatkan.

1. Engkak.

foto: instagram

BACA JUGA :
Sayur asem Jakarta memang enak dan bikin rindu, yuk intip resepnya!


Engkak yang terbuat dari ketan putih, gula pasir, telur, santan, mentega dan susu kental ini dikenal sebagai jajanan khas daerah Lampung dan Palembang. Rasanya kayak bolu gitu tapi dengan sedikit legit. Kamu wajib coba deh!

2. Kue Segumpal.

foto: istimewa

Kue segumpal sangat mudah ditemui saat bulan Ramadan. Makanan asli Lampung ini terbuat dari beras ketan dan santan. Biasanya akan disajikan saat berbuka puasa atau pun perayaan adat.

3. Sambal Tempoyak Udang.

BACA JUGA :
Kamu suka gorengan? Cari tahu dulu bedanya mendoan dan tempe tepung

foto: dapurcomelku.blogspot.com

Nah sambal asli Lampung ini nggak boleh kamu lewatkan deh. Jika sambal biasanya hanya terdiri dari cabai dan tomat maka sambal ini memiliki cita rasa berbeda dengan tambahan kunyit, pete dan udang. Maknyus pokoknya!

BACA JUGA: 7 Tempat makan enak ini antreannya lama banget, ada yang 3 jam!

4. Gulai Taboh.

foto: istimewa

Makanan khas Lampung yang tak kalah enaknya adlaah Gulai Taboh. Sejenis sup yang terbuat dari umbi-umbian dan kacang-kacang ini akan nendang banget di lidah sebab menggunakan kuah gulai ditambah rempah-rempah seperti terasi dan daun sirih.

5. Geguduh.

foto: istimewa

Pecinta manis pun akan dimanjakan dengan jajanan Geguduh yang hanya bisa dijumpai di Lampung. Geguduh ini menggunakan pisang dan terigu sebagai bahan dasarnya sedangkan selai atau keju bisa ditambahkan sesuai selera. Lezat dan sehat? Itu Geguduh banget.

Yuk KLIK NEXT, kuliner Lampung memang maknyus...

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags