1. Home
  2. ยป
  3. Jalan-Jalan
5 Oktober 2019 06:09

7 Festival tahunan di Yogyakarta ini sayang untuk dilewatkan

Festival-festival ini bisa dibilang memang 'Jogja banget' dan selalu bisa menarik wisatawan untuk datang Annisa Amalia Hapsari

Brilio.net - Salah satu kota di Indonesia yang kerap jadi tujuan wisatawan adalah Yogyakarta. Ketika liburan ke Yogyakarta, biasanya banyak yang lebih memilih untuk mengunjungi wisata budaya atau sejarah, wisata kuliner, hingga menikmati pesona alam Jogja.

Namun selain beberapa tujuan wisata mainstream itu, kota pelajar ini juga menyuguhkan berbagai atraksi menarik lainnya. Salah satunya adalah acara atau festival-festival menarik di Jogja yang biasanya digelar setiap tahun.

Ya, kamu bisa menikmati Jogja dengan cara berbeda dengan menyaksikan beragam jenis festival tahunan. Mulai dari festival musik, makanan, hingga budaya dan kesenian Yogyakarta.

Penasaran apa saja festival-festival menarik di Jogja? Berikut ini tujuh festival tahunan di Yogyakarta yang sayang banget jika dilewatkan, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Sabtu (5/10).


1. Festival Kebudayaan Yogyakarta (FKY).

Ingin mengetahui lebih dalam tentang seni musik gamelan atau karawitan? Maka kamu wajib datang ke Yogyakarta Gamelan Festival (YGF) yang biasanya digelar pada Agustus dan berlangsung selama tiga hari.

Festival tahunan ini menampilkan aksi musisi dari berbagai daerah di Indonesia hingga mancanegara. Tak hanya pertunjukan musik, ada juga pameran dan workshop yang bisa dinikmati para pengunjung. Acara yang muncul dari inisiatif almarhum Sapto Raharjo dan komunitas Gayam 16 ini biasanya bertempat di Taman Budaya Yogyakarta.


6. Pekan Budaya Tionghoa.

foto: Instagram/@pekanbudayationghoayogya



Acara ini diselenggarakan di awal tahun untuk memperingati Tahun Baru Imlek. Bertempat di Kampung Ketandan yang berada di kawasan Malioboro, Pekan Budaya Tionghoa selalu digelar seru dan meriah.

Di acara tahunan ini kamu bisa menyaksikan berbagai atraksi budaya Tionghoa seperti barongsai dan wayang Po Tay Hee. Ada juga bazar kuliner dan beragam pernak-pernik khas Tionghoa.


7. Kustomfest.

foto: Instagram/@kustomfest



Kustomfest ini juga termasuk salah satu festival besar yang sudah rutin berjalan sejak 2012. Pada tahun 2019 ini, Kustomfest mengangkat tema Back To The Roots sebagai upaya mengikis segala perbedaan sambil terus memacu mengetengahkan karya-karya terbaik anak bangsa.

Pada Kustomfest yang identik berisi dengan motor dan mobil kustom ini akan diisi penampil yang sedang fenomenal, yakni Didi Kempot. Selain itu juga ada Seringai, Jogja Hip Hop Foundation dll. Kustomfest Back To The Roots ini digelar pada 5-6 Oktober 2019.





SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags