1. Home
  2. »
  3. Personal Finance
7 Juli 2021 22:15

5 Cara nge-gym finansial agar kondisi keuangan kamu tetap fit

Program ini untuk menjaga dan melatih kebiasaan finansial yang sehat  Yani Andriansyah
Foto-foto : OCBC NISP

Brilio.net - Di masa pandemi seperti sekarang, menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh menjadi perhatian masyarakat. Rajin berolahraga untuk menjaga tubuh tetap fit menjadi aktivitas yang jamak dilakukan, khususnya oleh anak muda.

Namun di masa yang penuh ketidakpastian ini, selain masalah daya tahan tubuh, kesehatan keuangan juga penting untuk diperhatikan. Terlebih untuk anak muda. Sekarang saatnya kamu juga mesti memerhatikan kondisi keuangan agar tetap fit.

BACA JUGA :
Sering diabaikan, ini 5 tanda kamu punya pengelolaan uang yang buruk


Nah jika selama ini kamu menjaga kebugaran dengan nge-gym, ternyata untuk mempertahankan kesehatan keuangan juga bisa dilakukan dengan cara yang hampir serupa, nge-gym finansial. Inilah program kesehatan keuangan melalui kelas financial fitness ala OCBC NISP yang akan dimulai 8 Juli 2021.

Nah supaya keuangan kamu tetap fit, yuk ikutan cara program kelas financial fitness.

1. Jadi generasi financially fit

BACA JUGA :
5 Tantangan mengatur keuangan saat Ramadan dan cara mengatasinya

Program ini digelar untuk membangun kesadaran masyarakat, khususnya anak muda agar menjadi generasi financially fit. Melalui program ini diharapkan anak muda bisa mendapatkan pemahaman dasar finansial, memperbaiki kebiasaan manajemen keuangan yang salah dan meluruskan mindset terkait finansial yang keliru agar generasi muda dapat mengambil keputusan keuangan yang tepat.

Saya berharap ajakan nge-gym finansial dari Nyala OCBC NISP bisa merangkul masyarakat, khususnya generasi muda untuk meraih kondisi yang financially fit, ujar Ka Jit, Direktur Bank OCBC NISP.

2. Dapetin ilmu dari para ahli

Program ini bakal membahas beragam solusi dan isu permasalahan finansial yang sering dialami sesuai kondisi saat ini. Bukan cuma itu, kelas ini juga akan memberikan solusi program pendampingan yang komprehensif.

Melalui platform edukasi ruangmenyala.com, OCBC NISP hadirkan lebih dari 80 rangkaian kelas financial fitness dengan berbagai narasumber sebagai coach dari Komunitas me-Nyala, seperti Felicia Putri Tjiasaka, Dennis, Natasya Herlind, Jonathan End, Ario Pratomo, dan William Sudhana.

3. Atasi problem masalah keuangankamu

Kelas ini akan mengangkat topik yang relevan dihadapi generasi muda, seperti bagaimana mengatur keuangan keluarga, membayar cicilan KPR, mengatur penggunaan kartu kredit, menyiapkan dana darurat, dan berbagai isu lainnya secara interaktif.

Sebelum mengikuti kelas financial fitness, peserta dapat melakukan financial fitness quick check-up. Tujuannya untuk mendapatkan pemahaman seberapa fit pengelolaan keuangan mereka saat ini. Nah check-up ini akan mengali kebiasaan-kebiasaaan peserta terkait keuangan.

Misalnya saja apakah mereka suka mengedukasi diri tentang perencanaan keuangan, apakah alokasi anggaran bulanan sudah tepat, apakah rajin melakukan pencatatan keuangan, dan berbagai habit finansial yang sehat lain.

4. Serap deh pengetahuan dasar sampai advance

Yang membedakan kelas financial fitness ini dengan kelas edukasi lain adalah topik yang dihadirkan mulai dari pengetahuan dasar sampai yang advance untuk memenuhi kebutuhan yang beragam sesuai kondisi peserta.

Selain itu ada juga kesempatan bagi peserta untuk share pengalaman pribadi. Ada sesi praktek langsung bersama para coach dan juga bimbingan setelah kelas berlangsung.

Dengan rangkaian kelas financial fitness yang didukung Nyala Financial Fitness Coaches, kami berharap bisa mengedukasi, mengarahkan, mendukung dan membentuk kebiasaan keuangan yang baik, jelas Amir Widjaja, Marketing Comunication Division Head OCBC NISP.

5. Sama seperti kebugaran fisik koq

Financial Fitness Director Nyala OCBC NISP, Deddy Corbuzier menyampaikan bahwa kelas financial fitness ini sama seperti program kebugaran fisik. Bugar secara finansial juga membutuhkan disiplin, komitmen dan persistensi dalam berjuang mengubah cara kita mengelola keuangan yang didukung dengan latihan, general check-up, serta bimbingan dari coach atau trainer.

Kelas-kelas financial fitness menjadi penting untuk dihadiri, sama seperti kita menghadiri kelas-kelas kebugaran di gym. Kelas kebugaran menjadi menarik karena ada coaches yang membantu kita, serta akses untuk bertanya langsung, dan ada teman-teman sekelas untuk berbagi semangat sehat. Saya mengajak semua generasi muda untuk mulai #FinanciallyFit, tegas Deddy.

Nah untuk bisa ikutan nge-gym financial ala NyalaOCBC NISP, kamu bisa langsung mengunjungi laman ini. Yuk ikutan financial fitness quick check-up supaya kamu dapat tentukan kelas financial fitness yang cocok dan sesuai kondisi kesehatan keuangan kamu.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags